Analisis Buku Cerita Bergambar “Banjir Di Desaku” Media Pengetahuan Personal Safety Bencana Banjir pada Anak Usia Dini
Abstract
ABSTRAK
Faktor yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini ialah lingkungan yang bersih dan sehat menjadi hak yang wajib dinikmati anak di masa pertumbuhan dan perkembangannya, salah satunya adalah lingkungan yang terbebas dari banjir. Terbebasnya dari bencana banjir, anak akan terhindar dari berbagai macam penyakit dan dapat menikmati waktu bermain di alam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis buku cerita bergambar “Banjir di Desaku” terhadap pengetahuan personal safety bencana banjir pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif qualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan analisis dokumen dari buku paket siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pengetahuan personal safety bencana banjir pada buku cerita bergambar terkait bagaimana anak-anak melindungi diri dari bahaya bencana yang mengancam, mengetahui tentang bencana banjir dan dampaknya, mengetahui orang-orang yang dapat menolongnya ketika terjadi bencana banjir, dan mengetahui tindakan yang harus dilakukan saat terjadi bencana banjir untuk membuat diri tetap aman dari ancaman bahaya yang datang.
Kata Kunci: Buku cerita bergambar, pengetahuan personal safety
ABSTRACT
Factors that support the growth and development of early childhood are a clean and healthy environment which is a right that must be enjoyed by children during their growth and development period, one of which is an environment free from flooding. Free from flood disasters, children will be protected from various diseases and can enjoy playing time in nature. This study aims to analyze the picture story book "Flood in my Village" on personal knowledge of flood disaster safety in early childhood. This research uses qualitative research with qualitative descriptive approach. Data collection techniques were carried out by analyzing documents from student textbooks. Based on the results of research conducted by personal knowledge of flood disaster safety in picture story books related to how children protect themselves from the dangers of threatening disasters, knowing about flood disasters and their impacts, knowing people who can help them when a flood occurs, and knowing what actions to take. must be done during a flood disaster to keep yourself safe from the threat of danger that comes.
Keyword: Picture story, personal safety knowledge
Full Text:
PDFReferences
Adityawan Sigit, dkk. 2018. Buku Pintar Mengenal Bencana Alam. De-publish. Yogyakarta.
Arief Kristianto. 2010. Seri Tanggap Bencana. Angkasa. Bandung.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana. 2017. Buku Saku Tanggap Tangkas Tangguh Menghadapi Bencana. Graha BNPB. Jakarta.
Dellya Halim dan Ashiong Parhehean Munthe. 2019. Dampak Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pascasarjana FIP. Jakarta: Universitas Pelita Harapan.
Dr. I. Khambali. S.T., MPPM. 2017. Manajemen Penanggulangan Bencana. CV. Andi Offset. Yogyakarta.
Ella Yulaelawati dan Usman Syihab. 2008. Mencerdasi Bencana. Grasindo. Jakarta.
Eka Mei Ratnasari dan Enny Zubaidah. 2019. “Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan 9(3): 270. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ferad Futuruhu. 2015. Mitigasi Bencana dan Penginderaan Jauh. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Istiqomah Aprilaz. 2016. Perbandingan Efektivitas antara Metode Video dan Cerita Boneka dalam Pendidikan Seksual Terhadap Pengetahuan Anak Prasekolah tentang Personal Safety. Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Nova Triana Tarigan. 2018. Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Curere 2(2):143. Medan: Universitas Quality Berastagi.
Riri Amril dan Rismareni Pransiska. 2021. Analisis Buku Cerita Bergambar “Bee Series” Sebagai Media Dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter Pada Anak. Jurnal Golden Age Universitas Hamzanwadi 5(2): 178-179. Padang: Universitas Negeri Padang.
Rita Kurnia, Hukmi, dan Defni Satria. 2018. The Effectiveness Of Using Pictures Of The Malay’ Folklores For Early Childhood Reading Readiness. Atlantis Press 372. Pekanbaru: Prodi PG-PAUD FKIP Universitas Riau.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta. 2020. Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir Bagi Masyarakat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta. Jakarta.
Primus Supriyono. 2014. Seri Pendidikan Pengurangan Risiko Bencana Banjir. Andi Offset. Yogyakarta.
Pusat Krisis Kesehatan. 2016. Buku Penanggulangan Krisis Kesehatan untuk Anak Sekolah. Pusat Krisis Kesehatan. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.14266
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.