Pemanfaatan Google Classroom dalam Mengoptimalkan Perkuliahan Perencanaan dan Evaluasi AUD di Masa Covid-19
Abstract
ABSTRAK. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang meliputi analisis data menggunakan persentase dengan metode survey yang dilaksanakan secara online. Pengumpulan data primer yang digunakan dalam penelitian, dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner secara online kepada satu kelas perkuliahan mahasiwa perencanaan dan evaluasi AUD yang terdiri dari dua angkatan yaitu semester 2 (4) dan mahasiswa semester 4 (42) dengan jumlah total mahasiswa sebanya 46 orang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui pengisian berbagai pertanyaan yang telah dibagian kepada seluruh responden dalam bentuk google form, dan selanjutnya data yang telah terkumpul akan di analisis untuk dideskripsikan. komponen yang terdapat dalam koesioner tersebut terdiri adari 15 pertanyaan dengan menggunakan opsi jawaban sangat tidak setuju, tidak setuju, kurang setuju, setuju, dan sangat setuju. Adapun indikator dari koesioner tersebut memiliki 4 indikator yaitu sebagai berikut: 1)Respons mahasiswa dalam kemudahan mengakses aplikasi google classroom, 2)Pemahaman materi perkuliahan perencanaan dan evaluasi AUD dengan menggunakan google classroom, 3)Keefektifan penggunaan google classroom dalam perkuliahan daring, 4)Kemudahan google classroom dalam pengumpulan tugas matakuliah perencanaan dan evaluasi AUD. Dengan hasil analisis yang diperoleh mahasiswa memberikan tanggapan yang rata-rata dikategorikan dalam persentase kriteria sangat positifterhadap pemanfaatan google classroom dalam mengotimalkan proses belajar mengajar pada mata kuliah perencanaan dan evaluasi AUD dimasa Covid-19.
Kata Kunci: Pemanfatan, google classroom, perencanaandan evaluasi AUD
ABSTRACT. This research is a quantitative research that includes data analysis using percentages with a survey method conducted online. The primary data collection used in this study was carried out by distributing online questionnaires to a class of AUD planning and evaluation student lectures consisting of two batches, namely semester 2 (4) and semester 4 (42) students with a total number of 46 students. . The data that has been obtained in this study through filling out various questions that have been distributed to all respondents in the form of a google form, and then the data that has been collected will be analyzed for description. The components contained in the questionnaire consist of 15 questions using the answer options strongly disagree, disagree, disagree, agree, and strongly agree. The indicators of the questionnaire have 4 indicators, namely as follows: 1) Student responses in the ease of accessing the Google classroom application, 2) Understanding of AUD planning and evaluation lecture materials using Google classroom, 3) Effective use of Google classroom in online lectures, 4) Ease google classroom in collecting AUD planning and evaluation course assignments. With the results of the analysis obtained, students gave responses that were, on average, categorized in the percentage of very positive criteria for the use of google classroom in optimizing the teaching and learning process in AUD planning and evaluation courses during the Covid-19 period.
Keyword: Utilization, google classroom, planning and evaluation AUD
Full Text:
PDFReferences
Alfina, O. 2020. PENERAPAN LMS-GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19. MAJALAH ILMIAH METHODA, 10(1), 38–46. https://doi.org/10.46880/methoda.v10i1.537
Ali, L. U., & Zaini, M. 2020. PEMANFAATAN PROGRAM APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PADA PERKULIAHAN DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN. SOCIETY, 11(1), 27–34. https://doi.org/10.20414/society.v11i1.2297
Anhusadar, L. 2020. Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44–58. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609
Ardhana, I. A. 2020. Penggunaan Aplikasi Google classroom untuk Meningkatkan Persepsi Pembelajaran Digital Mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan Kimia (JRPK), 10(2), 88–93. https://doi.org/10.21009/JRPK.102.04
Ariani, Y., & Helsa, Y. 2019. Desain Kelas Digital Menggunakan Edmodo Dan Schoology. Deepublish.
Arifin, S. R., & Merdekawati, E. G. 2020. Tanggapan Mahasiswa terhadap Pemanfaatan Google classroom sebagai Media Pembelajaran Online. JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 8(3), 278–281. https://doi.org/10.26418/justin.v8i3.40007
Armiani, S., Fajri, S. R., Sukri, A., & Pidiawati, B. Y. 2020. Pelatihan Pembuatan Masker Sebagai Upaya Antisipasi Penyebaran Covid-19 di Desa Anyar Kabupaten Lombok Utara. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1). https://doi.org/10.33394/jpu.v1i1.2550
Aslamiyah, T. A., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. 2019. BLENDED LEARNING DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p109
Astini, N. K. S. 2020. Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.452
Bashiroh, R. N., Munastiwi, E., Ardiyanti, S., & Masruroh, L. 2021. The Application of Character Education in the Family Environment during the COVID-19 Pandemic. JURNAL PENDIDIKAN DAN KELUARGA, 12(02), 50–58. https://doi.org/10.24036/jpk/vol12-iss02/783
Christin, M., Hidayat, D., & Rachmiatie, A. (n.d.). Construction of Social Reality for Physical Distancing During the COVID-19 Pandemic. Jurnal Komunikasi, 19.
DARYONO, D., FUAT, F., SUCHAINA, FIRMANSYAH, M. B., AHSANA, A., ROKHMAWAN, T., NURAISAH, R., & HADI, S. 2020. PANDUAN PEMBELAJARAN VIA SIMULASI DIGITAL (SIMDIG). Lembaga Academic & Research Institute.
Dewi, W. A. F. 2020. Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Eliyarti, E., Rahayu, C., & Zakirman, Z. 2020. TINJAUAN KONTRIBUSI GOOGLE CLASSROOM DALAM MENDUKUNG PERKULIAHAN KIMIA DASAR. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1). https://doi.org/10.23887/jpk.v4i1.24299
Fahiza, Z., & Zalikha, S. N. (n.d.). Kebijakan Pemerintah dalam Kegiatan Shalat Berjamaah di Masa Pandemi Covid-19. 8.
Farida, L. D., & Sismoro, H. 2020. PERBANDINGAN TINGKAT USABILITY GOOGLE CLASSROOM BERDASARKAN PERSPEKTIF TEACHERS PADA PERGURUAN TINGGI. Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 63–72. https://doi.org/10.32520/stmsi.v9i1.575
Frindo, M. M., Oktavia, P., Nugroho, F. A., Agustian, B., & Arafat, M. Y. 2021. IMPLEMENTASI DAN SOSIALISASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOMUNTUK MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DIMASA PANDEMI PADA SMK NUFA CITRA MANDIRI. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 86–92.
Gultom, C. R., & Sitanggang, S. G. 2020. PERSEPSI MAHASISWA UNIKA TERHADAP KULIAH ONLINE DI MASA PANDEMI COVID 19. 3, 10.
Gunadi, F., & Nurafifah, L. 2020. PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR TRIGONOMETRI PADA PENGGUNAAN ANDROID DENGAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM. Jurnal Pendidikan Matematika, 03, 10.
Gunawan, F. I., & Sunarman, S. G. (n.d.). PENGEMBANGAN KELAS VIRTUAL DENGAN GOOGLE CLASSROOM DALAM KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) TOPIK VEKTOR PADA SISWA SMK UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN. 9.
Hapsari, S. A., & Pamungkas, H. 2019. PEMANFAATAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE DI UNIVERSITAS DIAN NUSWANTORO. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.924
Imaduddin, M. 2018a. Membuat Kelas Online Berbasis Android Dengan Google classroom: Terobosan Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Garudhawaca.
Imaduddin, M. 2018b. Membuat Kelas Online Berbasis Android Dengan Google classroom: Terobosan Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Garudhawaca.
Iskandar, A., Possumah, B. T., & Aqbar, K. 2020. Peran Ekonomi dan Keuangan Sosial Islam saat Pandemi Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(7). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15544
Islami, W. N., & Ayubi, S. A. 2020. Konsep Perkuliahan Daring Google classroom dalam Meningkatkan Interaksi Akademik Di Tengah Pandemi Korona. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 13(2), 97–121. https://doi.org/10.37812/fikroh.v13i2.96
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. 2020. Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: Hambatan, solusi dan proyeksi. LP2M. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/
Jatmiko, T. A. (n.d.). PROGRAM STUDI D III PERPUSTAKAAN FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA. 103.
Marzuki, I., Bachtiar, E., Zuhriyatun, F., Purba, A. M. V., Kurniasih, H., Purba, D. H., Chamidah, D., Jamaludin, J., Purba, B., Puspita, R., Chaerul, M., Basmar, E., Sianturi, E., Suleman, A. R., Nasrullah, N., Hastuti, P., Mastutie, F., Purba, S., Rahmadana, M. F., & Airlangga, E. 2021. COVID-19: Seribu Satu Wajah. Yayasan Kita Menulis.
Maulani, A., Yanti, F., & Sagantha, F. 2020. PENERAPAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PELATIHAN MAPLE DAN MATHEMATICA DI SMP IT BINA ADZKIA. JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(3), 47–55.
Mubarakah, W. W., & Munastiwi, E. 2020. Pelaksanaan Program Tahfidzul Qur’an Berbasis Online Masa Pandemi Covid-19. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 184–194. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i2.3725
Mulyana, M., Rainanto, B. H., Astrini, D., & Puspitasari, R. 2020. Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid-19. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 4(1), 47–56. https://doi.org/10.36339/jaspt.v4i1.301
Mulyono, M., Mujtahid, M., & Baharuddin, B. 2014. Manajemen Pengembangan Kurikulum Universitas Islam Negeri Berbasis Integrasi Sains Dan Islam (Studi Multisitus Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung) [Research]. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. http://repository.uin-malang.ac.id/8094/
Mu’minah, I. H., & Gaffar, A. A. 2020. OPTIMALISASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI ALTERNATIF DIGITALISASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ). BIO EDUCATIO : (The Journal of Science and Biology Education), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31949/be.v5i2.2610
Musfah, J. (n.d.). ~ Mulyana ~ Jejen Musfah ~ Nursalamah Siagian ~ Abdul Basid ~ Saimroh ~ Rilla Sovitriana ~ Neneng Habibah ~ Juju Saepudin ~ Margaret Aliyatul Maimunah ~ Muaripin ~ Catur Nurrochman Oktavian. 168.
NINGRUM, A. 2020. ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM ERA PANDEMIC COVID-19 MATERI TATA SURYA PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2019/2020 [PeerReviewed]. IAIN SALATIGA. http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/8565/
Novanda, G. D. 2020. Advocacy and Legal Aid During Covid-19 Pandemic: How Indonesia Survives? The Indonesian Journal of International Clinical Legal Education, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.15294/ijicle.v2i2.38331
Novian, D. R. 2019. OPTIMALISASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA E-LEARNING BAGI MAHASISWA KEDOKTERAN HEWAN UNIVERSITAS NUSA CENDANA. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat MEMBANGUN NEGERI, 3(2), 7–12. https://doi.org/10.35326/pkm.v4i2.414
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. 2020. ANALISA PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA COVID-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36.
Permata, A., & Bhakti, Y. B. 2020. Keefektifan Virtual Class dengan Google classroom dalam Pembelajaran Fisika di masa Pandemi Covid-19. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 4(1), 27–33. https://doi.org/10.30599/jipfri.v4i1.669
Pratiwi, A. E., & Trisnawati, N. 2021. Respon Siswa terhadap Penggunaan Google classroom pada Mata Pelajaran OTK Humas dan Keprotokolan. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(1), 28–41.
Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. 2020. PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMBELAJARAN BERBASIS DARING. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(6), 703–712. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.p%p
Puspitasari, N. 2021. Implementasi Penggunaan Google classroom Dalam Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa PGSD UNDARIS. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 9–15. https://doi.org/10.25008/jitp.v1i1.8
Putra, P. B. A. A. 2021. SISTEM PENDAFTARAN RAPID TEST COVID-19 PADA KLINIK MEDIKA PALANGKA RAYA. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 15(1), 44–52. https://doi.org/10.47111/jti.v15i1.1959
Putri, N. W., & Rahmah, S. P. 2020. Edukasi Kesehatan untuk Isolasi Mandiri dalam Upaya Penanganan COVID-19 di Kanagarian Koto Baru, Kabupaten Solok. 1(6), 7.
Rahmanto, M. A., & Bunyamin, B. 2020. Efektivitas Media Pembelajaran Daring melalui Google classroom. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 119–135. https://doi.org/10.22236/jpi.v11i2.5974
Rosdiana, L. A., Sukawati, S., & Firmansyah, D. 2020. MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MELALUI GOOGLE CLASSROOM DALAM MATA KULIAH BAHASA INDONESIA. Semantik, 9(1), 35–40. https://doi.org/10.22460/semantik.v9i1.p%p
Rozak, A., & Albantani, A. M. 2018. DESAIN PERKULIAHAN BAHASA ARAB MELALUI GOOGLE CLASSROOM. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, 5(1), 83–102. https://doi.org/10.15408/a.v5i1.7481
Saman, S. 2021. Persepsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palopo terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19. MANAZHIM, 3(1), 70–82. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i1.1069
Sihotang, D. O. 2019. OPTIMALISASI PENGGUNAAN GOOGLE CLASS ROOM DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (Studi Kasus di SMK Swasta Arina Sidikalang). JURNAL TEKNOLOGI KESEHATAN DAN ILMU SOSIAL (TEKESNOS), 1(1), 77–81.
Siti Qomariah, N. 2019. Implementasi Pemanfaatan Google classroom untuk pembelajaran di Era Revolusi 4.0. SINDIMAS, 1(1), 227–231. https://doi.org/10.30700/sm.v1i1.573
Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., & Listiawati, M. 2020. Pembelajaran daring berbasis Google classroom mahasiswa pendidikan biologi pada masa wabah Covid-19. Digital Library UIN Sunan Gunung Djati, 1–10.
Sukawati, S. 2021. PEMANFAATAN ZOOM MEETING DAN GOOGLE CLASSROOM DALAM MATA KULIAH INOVASI PEMBELAJARAN BERBASIS LESSON STUDY. Semantik, 10(1), 45–54. https://doi.org/10.22460/semantik.v10i1.p45-54
Sulaeman, S., & Supriadi, S. 2020. Peningkatan Pengetahuan Masyarakat Desa Jelantik Dalam Menghadapi Pandemi Corona Virus Diseases–19 (Covid-19). Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 1(1). https://doi.org/10.33394/jpu.v1i1.2548
Supriatna, E. 2020. WABAH CORONA VIRUS DISEASE (COVID 19) DALAM PANDANGAN ISLAM. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(6). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15247
Sutrisna, D. 2018. MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MAHASISWA MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(2). https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v13i2.1544
Sutrisno, S. 2020. INCREASED LEARNING ACTIVITIES AND OUTCOMES THROUGH ONLINE LEARNING WITH GOOGLE CLASSROOM IN THE COVID-19 PANDEMIC PERIOD. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 95-106-95–106. https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.151
Syakur, A., Faradisy, R., & Surahman, F. 2020. Peningkatan Minat Belajar Bahasa Inggris di Akademi Kebidanan Graha Husada melalui Aplikasi Google Class Room pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Nusantara (JPPNu), 2(1), 88–95.
Telaumbanua, D. 2020. Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama, 12(01), 59–70. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.290
Utami, R. 2019a. Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. 2, 5.
Utami, R. 2019b. Analisis Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Google classroom pada Mata Kuliah Psikologi Pembelajaran Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 498–502.
Walid, M. (n.d.). MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI AGAMA ISLAM. 42.
Wardhi, R. Y. 2020. RESPON MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI GOOGLE CLASSROOM. Jurnal Biogenerasi, 5(2), 38–49.
Wati, N. N. K. 2020. Implementasi Metode Demonstrasi Berbantuan Google classroom Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Kelas A Prodi PGSD. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 29–37.
Wicaksono, M. D., Hairunisya, N., & Hadi, N. U. 2021. Pembelajaran Daring Dengan Metode Resitasi Dan Pemanfaatan Google classroom Pada Pembelajaran IPS. EQUILIBRIUM : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, 9(2), 95–109. https://doi.org/10.25273/equilibrium.v9i2.10005
Widiyono, A. 2020. Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169–177. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v8i2.458
Wijoyo, H. 2021. Dampak pandemi terhadap kehidupan manusia: (Ditinjau dari berbagai aspek). Insan Cendekia Mandiri.
Wisman, W., & Kurniawan, R. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Keterampilan Menyimak Berbasis Online Menggunakan Google Form dan Google classroom. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing, 3(2), 289–309. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v3i2.1066
Yulianingsih, W., Suhanadji, S., Nugroho, R., & Mustakim, M. 2020. Keterlibatan Orangtua dalam Pendampingan Belajar Anak selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1138–1150. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.740
Yunus, N. R., & Rezki, A. 2020. Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12911
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education
Diterbitkan oleh:
Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.