Penggunaan Pasir Warna dalam Mempengaruhi Perkembangan Nilai Agama dan Moral, Kognitif, Bahasa, Fisik-Motorik, dan Sosial-Emosional Usia 4-5 Tahun

Khadijah Khadijah, Yusnaili Budianti, Titis Agung Dwi Anjani, Maisarah Maisarah

Abstract


ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan kontribusi terhadap khazanah ilmu pengetahuan mengenai penggunaan pasir warna di Raudhatul Athfal, menganalisis pengaruh penggunaan pasir warna terhadap perkembangan nilai agama dan moral, kognitif, bahasa, fisik-motorik, dan sosial-emosinoal anak usia 4-5 tahun. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimen tipe one group pretest-postest. Karena tipe penelitian yang digunakan hanya membutuhkan satu kelompok sampel maka diambil satu rombongan belajar yaitu kelas A1 yang terdiri atas 15 orang anak usia 4-5 tahun di RA Peduli Kasih Laut Dendang. Penelitian dilakukan selama satu minggu dengan cara menerapkan treatment berupa penggunaan pasir warna. Instrumen pada penelitian ini yaitu lembar observasi, teknik analisis data yang digunakan yaitu uji-t. Temuan pada penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan pasir warna dapat mempengaruhi semua aspek perkembangan anak usia 4-5 tahun di RA Peduli Kasih. Aspek perkembangan yang diukur pada penelitiani, yaitu: nilai agama dan moral, kognitif, bahasa, fisik-motorik, dan sosial-emosional pada anak usia 4-5 tahun.

 

Kata Kunci: aspek perkembangan; pasir warna; pendidikan anak usia dini; raudhatul athfal

ABSTRACT. This study aims to contribute to the scientific knowledge regarding the use of colored sand in Raudhatul Athfal, and to prove the influence of the use of colored sand on the developmental aspects of children aged 4-5 years in Raudhatul Athfal. The research design used was pre-experimental type one group pretest-postest. Because the type of research used only required one sample group, a study group was taken, namely class A1 consisting of 15 children aged 4-5 years at RA Peduli Kasih Laut Dendang. The research instrument used was the observation sheet, and the data analysis technique used was the t-test hypothesis test. The findings in this study prove that the use of colored sand can affect the developmental aspects of children aged 4-5 years in Raudhatul Athfal, especially in RA Peduli Kasih. Developmental aspects measured in this study, namely: religious and moral values, cognitive, language, physical-motor, and social-emotional in children aged 4-5 years.

Keyword: developmental aspects; color sand; early childhood education programs; raudhatul athfal


Full Text:

PDF

References


Amiran, S. 2016. Efektifitas Penggunaan Metode Bermain di PAUD Nazareth Oesapa. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 710–716. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12367

Asmah, A., & Mustaji. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Lingkungan Alam Pasir Sebagai Sumber Belajar Terhadap Kemampuan Sains dan Motorik Halus Anak Usia Dini. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(1), 13–36. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v2n1.p13--36

Dimyati. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasi pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fauziddin, M., & Mufarizuddin. 2018. Useful of Clap Hand Games for Optimalize Cogtivite Aspects in Early Childhood Education. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 162–169. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.76

Hakim, A. L. (2011). Pengaruh Pendidikan Anak Usia Dini terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas I Sekolah Dasar di Kabupaten dan Kota Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 17(1), 109–122. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i1.11

Hasanah, U. 2019. Penggunaan Alat permainan Edukatif (APE) Pada Taman Kanak-Kanak Di Kota Metro Lampung. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 20–40. https://doi.org/10.24235/awlady.v5i1.3831

Indrianawati, Fi., & Hasibuan, R. 2015. Pengaruh Aktivitas Bermain Pasir Terhadap Kemampuan Sosio-Emosional Anak Kelompok B di TK Annisa Bangah, Gedangan-Sidoarjo. Jurnal PAUD TERATAI, 4(1), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/10827

Karwati, E. 2014. Pengembangan Pembelajaran dengan Menekankan Budaya Lokal Pada Pendidikan Anak Usia Dini. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 53–60. https://doi.org/10.17509/eh.v6i1.2861

Kosim, A. 2019. Internalisasi Pendidikan Karakter Berbasis School Culture. Jurnal Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(1), 240–251. https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1765

Mardiati, & Hartati, S. 2020. Pengaruh Penggunaan Pasir Kinetik Terhadap Perkembangan Motorik Halu Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 514–519. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i1.492

Muthiah, Sumardi, & Rahman, T. 2020. Desain Media Pasir Kinetik untuk Memfasilitasi Kemampuan Menulis Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal PAUD Agapedia, 4(2), 207–218. https://doi.org/10.17509/jpa.v4i2.30440

Pratiwi, W. 2017. Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 107–117. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi/article/view/395

Raihana. (2018). Urgensi Sekolah PAUD untuk Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. GENERASI EMAS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 17–28. https://doi.org/10.25299/ge.2018.vol1(1).2251

Rakhmawati, Is. 2015. Mengembangkan Kecerdasan Anak Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal ThufuLA, 3(1), 40–57. https://doi.org/10.21043/thufula.v3i1.4729

Rozalena, R., & Kristiawan, M. 2017. Pengelolaan Pembelajaran PAUD Dalam Mengembangkan Potensi Anak Usia Dini. JMKSP: Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 2(1), 76–86. https://doi.org/10.31851/jmksp.v2i1.1155

Safitri, L. N., & ’Aziz, H. 2019. Pengembangan Nilai Agama dan Moral Melalui Metode Bercerita pada Anak. GOLDEN AGE: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1), 85–96. https://doi.org/10.14421/jga.2019.41-08

Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana. 2019. Tingkat Pencapaian Aspek Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52–65. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385

Suyadi, & Maulidya, U. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tanfidiyah, N. (2021). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Eksplorasi di TK ABA Keringan Sleman Yogyakarta. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 99–109. https://doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.12575

Wahyuni, S., Rahelly, Y., & Syafa, S. 2017. Pengaruh Bermain Media Pasir Terhadap Kreativitas Pada Anak Di Kelompok B TK Negeri Pembina 2 Palembang. Jurnal Tumbuh Kembang: Kajian Teori dan Pembelajaran PAUD, 4(2), 66–74. https://doi.org/10.36706/jtk.v4i2.8176

Watini, S. 2020. Implementasi Model Pembelajaran Sentra pada TK Labschool STAI Bani Saleh Bekasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 110–123. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.190

Yuniarni, D. 2016. Peran PAUD dalam Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini Demi Membangun Masa Depan Bangsa. Jurnal VISI Ilmu Pendidikan, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.26418/jvip.v8i1.27370

Zaini, H., & Dewi, K. 2017. Pentingnya Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.