Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Perspektif Hadis

Anita Oktaviana

Abstract


ABSTRAK. Gadget bukan hanya sekedar mempengaruhi kehidupan orang yang sudah dewasa akan tetapi juga berdampak pada kehidupan anak usia dini, baik dalam bertingkah laku maupun dalam pola pikir, hal tersebut dapat menyebabkan kurangnya interaksi anak terhadap teman-teman sebayanya. Sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Nabi Muhammad saw yang berbunyi: “Jika seseorang umat Islam berteman atau berinteraksi sosial dengan orang lain dan juga bersabar terhadap gangguan mereka maka lebih baik dibandingkan dengan seorang umat Islam yang sama sekali tidak pernah berinteraksi sosial dengan orang lain dan tidak pula memiliki rasa sabar atas gangguan dari mereka mereka”. Tujuan dalam penelitian untuk mendeskripsikan dampak dari gadget terhadap interaksi sosial pada anak usia dini. Jenis penelitian adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Peneliti menggunakan tiga tahapan dalam menganalisis data yakni meliputi reduksi, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwasanya gadget sangat berpengaruh terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini karena anak usia dini lebih sering menghabiskan waktunya untuk bermain gadget daripada harus bermain bersama dengan teman-teman  sebayanya.

Kata Kunci:  Gadget, interaksi sosial, anak usia dini, hadis

ABSTRACT. Gadgets not only affect the lives of adults but also have an impact on the lives of early childhood, both in behavior and in thought patterns, this can lead to a lack of interaction between children and their peers. A hadith narrated by the Prophet Muhammad which reads: "If a Muslim makes friends or interacts socially with others and is also patient with their disturbances then it is better than a Muslim who has never interacted socially with others and does not interact socially with others at all. have a sense of patience for the disturbance from them they are". The purpose of this study is to describe the impact of gadgets on social interaction in early childhood. This type of research is field research using qualitative methods. Research data obtained through observation, interviews, and documentation. Researchers used three stages in analyzing the data, which included reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of the study, it can be concluded that gadgets greatly affect the ability of social interaction in early childhood because early childhood spends more time playing gadgets than having to play together with their peers.                   Keywords: Gadgets, social interaction, early childhood, hadith

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, L.J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Anggraeni, Aisyah. “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa”. Jurnal Hukum, Vol. 13, No. 1, April 018.

Ariston, Yummi. “Dampak Penggunaan Gadget Bagi Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar”. Journal Of Educational Review And Research”. Vol. 1, No. 2, Desember 2018.

Chusna, Puji Asmaul. “Pengaruh Media Gadget Pada Perkembangan Karakter Anak”. Dinamika Penelitian Media Komunikasi Sosial Keagamaan, Vol. 17, No. 2. November 2017.

Husin, Nixaon. Hadis-Hadis Nabi saw Tentang Pembinaan Ahlak”. Jurnal An-Nur, Vol. 4, No. 1, 2015.

Khotimah, Nurul. “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun”. Jurnal PAUD Teratai, Vol. 05, No. 03 Tahun 2016.

Mamat, Muhammad Saifullah. “Interaksi Sosial terhadap Kanak-kanak”. Jurnal Rabbanica, Vol. 1, No. 1, November 2020.

Munawar. “ Pengaruh Gadget terhadap Interaksi dan Perubahan Perilaku Anak Usia Dini”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, Vol. 3, No. 3, Agustus 2018.

Mutmainah, Nurul. “Penggunaan Gadget terhadap Perilaku dan Intensitas Komunikasi Keluarga”. Jurnal Komunida, Vol. 09, No. 02, (2019).

Novitasari. "Fenomena Gadget dan Perkembangan Sosial bagi Anak Usia Dini". Journal of Islamic Early Childhood Education, Vol. 2, No. 2, December 2016.

Pebriana, Putri Hana. “Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini”. Jurnal Obsesi, Vol. 1 Issue 1 2017.

Saputri, Adek Diah. “Dampak Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini”. Jurnal Early Childhood Education, 2018.

Sodik, Muhammad Ali. “Gadget di Kalangan Remaja”. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 1, (2018).

Subarkah, Milana Abdillah. “Pengaruh Gadget terhadap Perkembangan Amak”. Jurnal Rausyan Fikr, Vol. 15, No. 1 Maret 2019.

Vindari, Kadek Dwinita. “Peran Pola Asuh Orangtua dan Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosia Anak Prasekolah”. Jurnal Psikologi Udayana, Vol. 6, No. 1, 2019.

Wiyani, N. A. 2015. Manajemen PAUD Bermutu, Konsep Dan Praktik MMT di KB, TK/RA. Yogyakarta: Gava Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i2.12544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.