Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Kesalehan tentang Menuntut Ilmu Pengetahuan dan Norma Sosial Bagi Anak Usia Dini dalam Syair Ibarat dan Khabar Qiyamat Karya Syeikh Abdurrahman Shiddiq Al-Banjari (SUATU KAJIAN MEMOTIVASI)

ARBI YASIN, M. Arrafie Abduh, Abu Anwar, Djeprin E. Hulawa

Abstract


Persoalan kesalehan merupakan persoalan besar, mendasar dan esensial, karena memperbincangkan mutu amalan, kualitas perilaku manusia beragama, sifat dan nilai-nilai agung keberagamaan, apalagi bila disampaikan oleh seorang ulama besar, mufti kerajaan, tokoh sufi tersohor, Tuan Guru yang kharismatik, yang dituangkannya dalam bentuk untaian kata-kata indah lewat media syair Melayu  berkelas, berisikan nasehat keberagamaan yang khas, nilai-nilai pendidikan kesalehan yang utama, petuah-petuah menuntut ilmu pengetahuan, pesan-pesan norma sosial yang ditujukan buat kalangan anak-anak usia belia,  maka bertambah-tambah lagi urgensi faedahnya. Olehkarena itu, tujuan utama penelitian ini difokuskan untuk mengetahui keberadaan ketokohan dan peran Tuan Guru Sapat dalam bidang Pendidikan kesalehan, serta mengkaji nilai-nilai pendidikan kesalehan tentang menuntut ilmu pengetahuan dan norma sosial di kalangan anak-anak usia dini yang terkandung dalam kitab syairnya. Kajian nilai-nilai pendidikan kesalehan yang sengaja dilakukan pada kitab syair tersebut merupakan penelitian kepustakaan, dimana data dikumpulkan dengan menggunakan strategi studi teks. Sedangkan untuk menganalisis data penulis memanfaatkan teknik analisis isi (content analysis). Dari hasil kajian dapat diketahui bahwa Syeikh Abdurrahman Shiddiq al-Banjari (SASA) bila ditinjau dari segi khazanah keintelektualitasnya, ketokohan dan perannya di dunia Pendidikan Islam memang diakui sebagai salah seorang ulama besar dan tangguh nusantara serta berpredikat sebagai ulama-penyair Asia Tenggara. Bila ditelaah pula dari segi nilai-nilai pendidikan kesalehan tentang menuntut ilmu pengetahuan, SASA menuqilkan bait-bait syair tentang pentingnya menuntut ilmu dunia-akhirat, akan tetapi menuntut ilmu ukhrawi dengan landasan akhirat lebih utama. Namun tatkala membicarakan kesalehan tentang norma sosial bagi anak-anak belia, beliau menuqilkan untaian bait-bait syair yang  menggambarkan nilai dan norma sosial harus berorientasi akhirat.  Ini sekaligus mengisyaratkan kesalehan ideal menurut SASA adalah kesalehan terpadu atau timbalbalik, akan tetapi berbasis ukhrawi atau keakhiratan.

Kata Kunci: Nilai,  Pendidikan, Kesalehan, Ilmu Pengetahuan, Norma Sosial, Syair, Motivasi.


Full Text:

PDF

References


Abduh, M. Arrafie, 2008. Corak Tasawuf Abdurrahman Shiddiq dalam Syair-Syairnya. (Pekanbaru: SUSKA Press).

Abdullah, M. Syafie. 1982. Riwayat Hidup dan Perjuangan Ulama Syeikh Abdurrahman Shiddiq Mufti Kerajaan Indragiri. (Pekanbaru: tp).

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati, 2001, Ilmu Pendidikan, (Jakarta : PT Rineka Cipta)

Al-Aththani, Said bin Ali bin Wahf. 2003. Bahaya Lidah, Penyakit Lisan dan Terapinya. Terjemah oleh Eko Haryono. (Yogyakarta: Media Hidayah, cet. III).

Al-Banjari, Syeikh Abdurrahman Shiddiq. 1915, Syair Ibarat dan Khabar Qiyamat – Djalan Untuk Keinsafan. (Singapura: Mathba’ah Ahmadiyah).

Al-Jazairi, Abu Bakr Jabir, 2007. Ensiklopedi Muslim (Minhajul Muslim), (Jakarta: PT. Darul Falah, cet. ke-1).

Al Rasyidin. 2008. Falsafah Pendidikan Islami, Membangun Kerangka Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Praktik Pendidikan, (Bandung. Citapustaka Media Perintis).

Al-Utsaimin, Shalih Bin Muhammad Syaikh Muhammad, 2008. Fatwa-Fatwa Zakat, (Jakarta: Darus Sunnah Press).

Anwar, Roshidin. 2008. Aqidah Akhlak. (Bandung: CV Pustaka Setia).

Budianta, Melani., dkk. 2011. Membaca Sastra (Pengantar Memahami Sastra untuk Perguruan Tinggi. (Jakarta: Trans Media Pustaka).

Darmawi, Ade, 2003, Ibrah Keagamaan Dalam Syair Ibarat dan Khabar Kiamat Karya Syeikh Abdurrahman Shiddiq al-Banjari, (Pekanbaru: Alaf Riau, cet. I).

Effendy Hs, Imran, 2003, Pemikiran Akhlak Syekh Abdurrahman Shiddiq al-Banjari, (Pekanbaru : Tirta Kencana, cet.2)

Effendy, Tenas, 2004. Tunjuk Ajar Melayu, Butir-Butir Budaya Melayu Riau. (Yogyakarta : Adicita).

Fajar, Malik, 2007, Kembalii ke Jiwa Pendidikan dalam Imam Tolhah dan A. Barizi “membuka jendela pendidikan … hlm v). file:///C:/Users/sony/Downloads/243-13-731-1-10-20170608.pdf

Fuad Ihsan, 2005, Dasar-Dasar Pendidikan, (Jakarta : PT.Rineka Cipta)

Hadiwijaya, Sarwit Sarwono dan Didi Yulistio.2019, Telaah Makna Gramatis dan Psikologis dalam Syair Abdul Muluk Karya Raja Ali Haji. Jurnal DIKSA. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 5 No. 1, 2019 ISSN (print): 2460-8734; ISSN (online): 2460-9145 Available online athttps://ejournal.unib.ac.id/index.php/jurnaldiksa doi: https://doi.org/10.33369/diksa.v5i1.8771,

Hamalik,Oemar, 2009, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta : PT. Bumi Aksara)

Hamidy, UU. 1998, Naskah Kuno Daerah Riau. (Pekanbaru: Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Departemen P dan K Riau).

Hamidy, UU, 2005, Abdurrahman Shiddiq Penyair dari Kerajaan Indreagiri. (Pekanbaru: Majalah Budaya SAGANG, no. 2, Vol I, November).

Helmiati, 2015. Kesalehan Individual dan Kesalehan Sosial. Artikel Dosen. https://uin-suska.ac.id/2015/08/19/meyakini-shalat-sebagai-obat-muhammad-syafei-hasan/., 19 Agustus.

Hidayat, Arif. 2012. Aplikasi Teori Hermeneutika dan Wacana Kritis. (Purwokerto: Penerbit STAIN Press bekerjasama dengan Buku Litera Yogyakarta).

Hidayatullah, Agus, dkk, Alwasin : al-Qur’an, Tajwid, Kode Transliterasi Per Kata, Terjemahan Per Kata, (Bekasi : Yayasan Penyelenggaraan/Penafsir al-Qur’an Revisi Terjemahan oleh Lajnah Pentashihan Mushaf Penterjemahan al-Qur’an Kementerian Agama RI, Cipta Bangun Segara)

Hikmah, Laylatul. 2018. Nilai dan Norma Sosial Tentang Peristiwa al-Ifk dalam Q.S al-Nūr, (Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah).

Idawati, 2013. Irama Syair Melayu: Kajian Estetika pada Cengkok Melayu, (Pekanbaru. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Provinsi Riau).

Isnorman, 2001, Membaca Syair Perahu Hamzah Fansuri, in #realityhubs https://steemit.com/realityhubs/@isnorman/membaca-syair-perahu-hamzah-fansuri.

Istiqamah. 2019. Validasi Konstruk Alat Ukur Kesalehan Sosial. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang. pISSN: 2301-8267 | eISSN: 2540-8291 Vol. 07, No.01 Januari.

Kaelan, 2010, Pendidikan Pancasil, (Yogyakarta : Paradigma)

Karim, Muhammad Nazir, 2000. Dialektika Teologi Islam: Analisis Pemikiran Kalam Syeikh Abdurrahman Shiddiq Al-Banjari. (Pekanbaru: SUSKA Press).

Karim, Muhammad Nazir 2004, Dialektika Teologi Islam: Analisis Pemikiran Kalam Syeikh Abdurrahman Shiddiq Al-Banjar, (Pekanbaru: SUSKA Press).

Karim, Muhammad Nazir, 2004, Membangun Ilmu dengan Paradigma Islam, (Pekanbaru : Suska Press, Cet 2)

Kosasih. 2012. Dasar-Dasar Keterampilan Bersastra. (Bandung: Yrama Widya).

Mahfudh, KH. MA. Sahal. 2004, Wajah Baru Fiqh Pesantren, penyunting: Aziz Hakim Saerozi, (Jakarta: Citra Grafika).

Natsir, M. 2004, Kapita Selecta, (Jakarta: Bulang Bintang).

Naskur. 2003. Hukum Idlam dan Pranata Sosial (Sebuah Kajian Makna Teks Nash). Jurnal Al-Syir’ah Vol. 1 No. 2 Juli-Desember.

Nawawi, Rif’at Syauqi, 2014. Kepribadian Qur’ani, (Jakarta: Amzah).

Noer, M. Fadholi. 2014 Menuntut Ilmu sebagai Transformasi Perubahan Paradigma (Studi Matan Hadis Nabi SAW. dalam Sunan al-Tarmidzi, Kitab al ilm an Rasulullah,Bab Fadhl Thallab al-Ilm. No. Hadis 2572). Jurnal Qathruna. Vol. 1 No.1 Periode Januari-Juni.

Nugroho, Singgih. 2005. Pendidikan Pemerdekaan Sistem. (Yogyakarta: Pondok Edukasi).

Nuh, Muhammad. 2008. Mencegah dan Mengatasi Bahaya Lisan. (Jakarta: Mitra Press).

Pradobo Rachmat, Djoko, dkk. 2003. Metodologi Penelitian Sastra. (Yogyakarta: Kerjasama Masyarakat Poetika Indonesia dan Hanindita Graha Widya).

Rahmadi. 2010. Jaringan Intelektual Ulama Banjar Abad XIX dan XX Studi Tentang Proses Pola dan Ekspansi Jaringan. (Banjarmasin: Antasari Press).

Ramly, Nadjamudin. 2005. Membangun Pendidikan yang Memberdayakan dan Mencerdaskan, (Jakarta: Grafindo).

Riolan. 2018, Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contoh Syair secara lengkap. https://www.bospedia.com/2018/05/pengertian-jenis-manfaat-contoh-syair.html#

Rohmah, Nurur. 2017. Memahami Fiqih Sosial K.H. M.A Sahal Mahfudh; Fiqih sebagai Etika dan Gerakan Sosial. (Jurnal Islam Nusantara, Vol. 1 No. 72)

Roqib, Mohammad. 2011. Prophetic Education :Kontekstualisasi Filsafat dan Budaya Profetik dalam Pendidikan. (Purwokerto: STAIN Press, Purwokerto bekerjasama dengan Buku Litera).

Roza, Ellya, 2015, Kandungan Pendidikan Islam dalam Syair Ibarat Kabar kiamat : Renungan Bagi Pendidik, (Pekanbaru : Preparing Future Teachers Islam, Knowledge and character Proceeding of the 1 st International Seminar on Teacher Education : Faculty of Education and Teacher Training Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)

Salehuddin, Ahmad. 2020, Syair Nasehat Kepada Anak. 18 September 2020. Suluh Kalbu Melayu Raja Ali Haji. http://www.rajaalihaji.com/id/works.php?a=ZUovUHMvVw%3D%3D=

Santosa, Puji. 2015. Metodologi Penelitian Sastra: Paradigma, Proposal, Pelaporan dan Penerapan. (Yogyakarta: Azza Grafika, Oktober).

Setyowati,Novi., dkk. 2017, Kajian Eskatologi Islam Dalam Syair Ibarat dan Khabar Qiyamat. Jurnal SMART (Studi Masyarakat Religi dan Tradisi), Vol. 03. No. 02.

Syahri, Aswandi, 2017, Syair Nasihat Karya Raja Ali Haji. Yayasan Jembia Emas. Jantung Melayu.com, 6 Mei 2017. https://jantungmelayu.com/2017/05/raadgeving-syair-nasihat-karya-raja-ali-haji/.

Tim Sahabat. 2010, 27 Ulama Berpengaruh Kalimantan Selatan. (Kandangan: Sahabat).

Tholkhah, Imam dan Ahmad Barizi, 2004, Membuka Jendela Pendidikan. (Jakarta: Raja Grafindo Persada).

Zainuddin, M. Diah., dkk. 2007, Syair Sebagai Wahana Penyampaian Pesan-Pesan Agama dan Adat. (Pekanbar : UNRI Press).

Zaitun, 2012, Sosiologi Pendidikan, (Pekanbaru : Mahkota Riau)

Zuhdi, Darmiyati. 2013. Panduan Penelitian Analisis Konten. (Yogyakarta: Lembaga Penelitian Universitas Negeri Yogyakarta).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.12247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.