Efektivitas Meronce Daur Ulang Sampah Dalam Optimalisasi Kecerdasan Kinestetik dan Matematik Anak di TK Mawar Bantengan

Muhammad Zainal Abidin, Maemonah Maemonah

Abstract


Penelitian dilakukan untuk meningkatkan kemampuan kinestetik dan matematik melalui kegiatan meronce daur ulang sampah yang ada disekolah. Penelitian ini dilakukan pada anak Kelompok B di TK Mawar Bantengan, Boyolali. Peneliti mengunakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menerapkan dua siklur setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Maka hasil penelitian menunjukan pada pelaksanaan pra siklus yang mendapatkan nilai baik ada 7 anak atau mencapai 35%, nilai cukup ada 8 anak atau mencapai 40% dan yang kurang 5 anak atau mencapai 25%. Pada siklus I yang mendapatkan, nilai baik ada 11 anak atau mencapai 55%, nilai cukup ada 6 anak atau mencapai 30% dan yang kurang 3 anak mencapai 15%. Pada siklus II yang mendapatkan nilai baik ada 16 anak atau mencapai 80%, nilai cukup ada 4 anak atau mencapai 20%. Dapat disimpulkan kegiatan meronce menggunakan media plastik bekas dapat meningkatkan kemampuan kinestetik dan matematik.


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. (Jakarta: Rineka Cipta,2006)

Arikunto, Suharsimi. Suhardjono. Supardi, Penelitian Tindakan Kelas. (Jakarta: PT Bumi Aksara,2010)

Delphie Bandi, Psikologi Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus,( sleman:ktsp.2009).

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

E. Mulyasa, Praktik Penelitian Tindakan Kelas, (Bandung, PT Remaja Rosdakarya,2011)

Hamzah, Masri, Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran, (jakarta, PT Bumi Aksara, 2014)

Musfiroh Takdirotun, Pengembangan Kecerdasan Majemuk, (Jakarta,Universitas terbuka,2008)

Robert M.Malina & Claude Bouchard Growth, Maturation, and Physical Activity. (Human Kinestetik, McMaster University, 1991)

Paul, Suparno. Teory Intelligensi Ganda Dan Aplikasinya Di Sekolah. (Yogyakarta: Kanisius.2009)

Said Alamsyah dan Andi Budimanjaya, 95 Strategi Mengajar Multiple Intelligences Mengajar Sesuai Kerja Otak dan Gaya Belajar Siswa.2015 (Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri).

Santrock, J. W. Perkembangan Anak. (Erlangga jakarta 2007).

Sukayati. Penelitian Tindakan Kelas.: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika,(Rineka Cipta: Yogyakarta 2008)

Syaodih Nana Sukmadinata, Metode Penelitian Pendekatan, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya 2007)

Yaumi Muhammad, Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences, (Jakarta: Dian Rakyat, 2012),

Yoki, Mirantiyo.. Seni Rupa 2 Dimensi dan 3 Dimensi, (Jakarta : Transmedia)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.12237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.