Hubungan Penggunaan Media Kartu Huruf Dengan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun

Ayu Widi Astuti, Rizky Drupadi, Ulwan Syafrudin

Abstract


Permasalahan yang ada yaitu guru tidak paham dan kreatif dalam memilih media pembelajaran yang akan digunakan untuk menstimulus kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Pembelajaran yang dilakukan masih dengan cara mengeja dan memberikan contoh menggunakan papan tulis. Solusi untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan media yang menarik untuk anak, salah satunya menggunakan media kartu huruf untuk mengenalkan membaca permulaan bagi anak usia dini. Dalam penelitian ini, membaca yang dimaksud yaitu kemampuan anak dalam mengenal huruf, mengucapkan bunyi huruf, dan melafalkan huruf dengan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penggunaan media kartu huruf dengan kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun.

Full Text:

PDF

References


Astuti, S.(2016).Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Ditkintan Komara Kelompok B. Dalam https://doi.org/10.17509/cd.v7i1.10546, diakses tanggal 26 Januari 2021.

Aulina, C. N.(2012).Pengaruh Permainan dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Pedagogia. Dalam http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/viewFile/36/42, diakses tanggal 26 Januari 2021.

Apriliana, Triska Luthfi.(2019).Pengembangan Media Pop-Up Hidden Chart Untuk Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1. No. 2. Tersedia (Online). Dalam http://journal2.um.ac.id/index.php/jpaud/article/view/7203. Universitas Negeri Malang. Diakses Pada Tanggal 27 April 2020.

Asmonah, Siti.(2019).Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Model Direct Instructional Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal Pendidikan Anak. Vol 8. No. 1. Tersedia (Online). Dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/26682/12459. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses Pada Tanggal 26 April 2020.

Depdiknas.(2007). Pedoman Pembelajaran Persiapan Membaca dan Menulis Melalui Permainan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta.

Firdaus, P. H.(2019).Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Kartu Huruf. Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal. Dalam http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/japra/article/download/5313/3073, diakses pada tanggal 26 Januari 2021.

Harjanty, R.(2019).Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Mem

baca Nyaring (Penelitian Tindakan di Kelompok B RA Perwanida Praya, Lombok Tengah 2016). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Dalam https://journal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/view/3353/1833, diakses pada tanggal 26 Januari 2021.

Herdianti, F.(2019).Alat Permainan Edukatif Scrabble Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok B. Jurnal Golden Age. Dalam http//e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/download/1354/818, diakses pada tanggal 26 Januari 2021.

Herlina, M. N., Fatimah, A., & Fahmi.(2018).Peningkatan Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Media Kartu Huruf (Penelitian Tindakan pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Assa’dah Serang-Banten). JPP PAUD UNTIRTA. Dalam http://dx.doi.org/10/30870/jpppaud.v5i1.4676, diakses pada tanggal 26 Januari 2021.

Lutfatulatifah. 2017. Persepsi Guru Tentang Membaca, Menulis, dan Berhitung pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age. Vol 1. No. 1. Tersedia (Online). https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/golden_age/article/download/2766/1957. Diakses Pada Tanggal 23 Mei 2020.

Sudarto & Albina.(2019).Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Permainan Kartu Huruf di Kelompok A TK Panca Setya. Dunia Anak: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Dalam https://doi.org/10.31932/jpaud.v1i1.609, diakses pada tanggal 26 Januari 2021

Sujiono, Y.N.(2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. PT Indeks.

Tanjung, R. J. (2018). Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Anak dalam Mengenal Huruf Abjad pada Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina I Kota Sabang. Jurnal Pendidikan Madrasah. Dalam http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPM/article/download/2144/1499/, diakses pada tanggal 26 Januari 2021.

Pangastuti, R., & Hanum, S. F.(2017).Pengenalan Abjad pada Anak Usia Dini Melalui Media Kartu Huruf. Al-Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education. Dalam http://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/ijecie/article/download/4/5, diakses pada tanggal 26 Januari 2021.

Puspitasari, B. M., Rusdiyani, I., & Kusumawardani, R.(2020). Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Media Membaca Cantol Roudhoh Usia 5-6 Tahun. JPP PAUD FKIP Untirta. Dalam https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jpppaud/article/view/8080/5430, diakses pada tanggal 26 Januari 2021.

Puspitorini, T. D.(2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Taman Kota Madiun. Jurnal CARE. Dalam http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3109/1796, diakses pada tanggal 26 Januari 2021.

Putri, N. E., & Hidayat, A.(2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Media Kartu Huruf. Jurnal Riset Golden Age PAUD UHO. Dalam http://dx.doi/org/10.36709/jrga.v1i3.9107, diakses pada tanggal 26 Januari 2021.

Rahmatika, P., Hartati, S,. & Yetti, E.(2019). Metode Pembelajaran MIND Map dan Bercerita dengan Gaya Kognitif, Pengaruhnya terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Dalam https://www.obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/260, diakses pada tanggal 26 Januari 2021.

Sulawati, J. B.(2020). Pengaruh Media Kartu Huruf Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. International Journal Of Elementary Education. Dalam http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/download/11433/7329, 26 Januari 2021.

Sumantri, M., Sudana. D. N., & P. I. B. Eka Yoni.(2017). Penerapan media Gambar dan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan. International Journal Of Elementary Education. Dalam https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=jurnal+kemampuan+membaca+permulaan+anak+usia+dini&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DrtWl4jKnk7sJ, diakses pada tanggal 26 Januari 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.11958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.