Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Boneka Tangan terhadap Perkembangan Bahasa Anak TK-IT Ibu Harapan Bengkalis

Nurazila Sari, Arbi Arbi

Abstract


Penelitian Quasi Eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan (hand puppet) untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Ibu Harapan Bengkalis. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK-IT Ibu Harapan Bengkalis yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan data pretest dan posttest control group design dengan test-t atau uji t memiliki rumus thitung > ttabel. Jika thitung lebih besar dari ttabel, makaH0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data pada kelas eksperimen diperoleh thitung = 33,031 dan ttabel untuk N=15= 1,76131, maka thitung > ttabel (33,031 > 1,76131).  Data tersebut menunjukkan H0 ditolak dan Ha diterima. Pada kelas kontrol diperoleh thitung = 13,115 dan ttabel untuk N=15=1,76131, maka thitung > ttabel (13,115 > 1,76131). Data tersebut menunjukkan H0 ditolak dah Ha diterima. Dan dapat dilihat dari perolehan thitung antara kelas eksperimen dan kelas kontrol 33,031 = 13,115. Kelas eksperimen memiliki thitung yang lebih besar dari kelas kontrol. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bercerita dengan menggunakan boneka tangan (hand puppet) berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak kelompok B TK-IT Ibu Harapan Bengkalis.

Full Text:

PDF

References


Dhieni, Nurbiana, dkk. 2012. Metode Pengembangan Bahasa. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka

Dinasari, E. S. 2018. Peningkatan Kemampuan Berbicara melalui Storytelling dengan Media Boneka (Penelitian Tindakan Pada kelompok A Paud SABRINA 2016/2017). PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 102-114, https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i2.1168

Farnham, Emily Farnham. 2013. Hand Puppets in the School, Design, Volume 38, Nomor 1

Hamidi, UU. dan Edi Yusrianto. 2010. Metodologi. Pekanbaru: Bilik Kreatif Press

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2015. Mushaf Terjemah Tajwid Warna Ash-Shafa. Jakarta: Penerbit Shafa Media Surakarta

Kurnia, Rita. 2009. Metodologi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Pekanbaru: Cendekia Insani

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group

Marputri, Rizki, Fakhria, dan Dewi Fitriani. 2016. Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak melalui Kegiatan Bercerita di PAUD Nurul Hidayah Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini. I (1): 86-92, https://www.neliti.com/id/publications/187252/meningkatkan-kemampuan-bahasa-anak-melalui-kegiatan-bercerita-di-paud-nurul-hida

Masitoh dkk. 2008. Strategi Pembelaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Mulyasa, E. 2017. Strategi Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mulyasa, H.E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Musbikim, Imam. 2010. Buku Pintar PAUD. Jogjakarta: Laksana

Ningsih, Tsalaatsa Qomariyah dan Rachma Hasibuan. 2016. Pengaruh Metode Bercerita dengan Menggunakan Boneka Tangan Terhadap Pengembangan Bicara Anak Kelompok B. Jurnal: Pengaruh Metode Bercerita dengan Menggunakan Boneka Tangan Terhadap Pengembangan Bicara Anak. Volume 01 Nomor) 1, 0-5. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/viewFile/14468/4940

R., Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Riduan. 2011. Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Jakarta: Alfabeta

Saya’diah, Fatimatus. 2015. Peningkatan Keterampilan Bicara Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Metode Berceita (Wayang Boneka Tematik) Di Kelompok Bermain Al-Jauhariyyah Muslimat NU Kajen Margoyoso Pati. Skripsi Semarang: Perpustakaan Universitas Negeri Semarang

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian “Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Suyadi & Maulidya Ulfah. 2016. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Syam, Suardi. 2015. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Pekanbaru: Zanafa

Wikipedia. Boneka. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Boneka. diakses pada tanggal 19 Mei 2019. pukul 10:41 WIB

Wikipedia. Tangan. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Tangan. diakses pada tanggal 19 Mei 2019. pukul 10:43 WIB

Wiyani, Novan Ardy & Barnawi. 2014. Format PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Yunita, Ika. 2014. Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Dengan Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok A Di TK Kartika III-38 Kentungan, Depok, Sleman. Laporan Penelitian Yogyakarta: Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta

Zaman, Badru dkk. 2011. Media Dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka

Zein, Mas’ud dan Darto. 2012. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Pusaka Riau




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjiece.v4i1.11388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education

Diterbitkan oleh:

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Suska Riau
Jalan HR. Soebrantas KM 15,5, Simpang Baru, Tampan, Pekanbaru - Riau
email: jcie.piaud@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.