Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo pada Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan IPA

Defrizal Hamka, Noverta Effendi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelanjaran blended learing berbasis edmodo pada pada mata kuliah fisika dasar di program studi pendidikan IPA, mengetahui kelayakan media pembelajaran blended learning berbasis edmodo, dan mengetahui respon mahasiswa dan dosen dalam menggunakan media pembelajaran blended learning berbasis edmodo. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dengan pendekatan kuntitatatif dan kualitatif yang dilaksanakan di program studi pendidikan IPA. Berdasarkan pengujian kelayakan media dan materi yang dilakukan oleh 2 validator ahli materi dan 2 validator ahli media, diperoleh hasil penelitian bahwa media pembelajaran blended learning berbasis edmodo menurut para ahli dinyatakan layak. Hasil validasi oleh ahli materi mendapat presentase rata-rata 86%, dan ahli media mendapat presentase rata-rata 85%, Media Pembelajaran Blended learning berbasis edmodo hasil uji telaah pakar memperoleh presentase skor rata-rata 79%, hasil uji coba kelompok kecil diperoleh hasil presentase skor rata-rata 82%, dan hasil uji coba lapangan diperoleh presentase skor rata-rata sebesar 81%. Sehingga media pembelajaran blended learning berbasis edmodo ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan materi fisika dasar.


Full Text:

PDF

References


Ardian Asyhari, Helda Silvia, (2016). Pengembngan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. 5 (1), 2016.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research. An introduction. New York: Longman.

Dewi S.P, Diana Ariani, Hilman Handoko,(2013). Mozaik Teknologi Pendidikan e-learning, Jakarta: Kencana.

Galang, Akbar, M, Wahyuni Suryaningtiyas, Febriana Kristanti, (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning terhadap asil Belajar Matematika Kelas VII SMP 38 Surabaya, e-.Jurnal FKIP UM Surabaya,3(2) Desember2015.http://journal.umsurabaya.ac.id/index.php/matematika/arti cle/download/97/233 (di akses 4 desember 2016)

Hamka, et.al, (2019). Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Pembelajaran IPA Program Studi Pendidikan IPA.http://ejurnal.umri.ac.id

Hourdequin, P. (2014). Edmodo: A Simple Tool for Blended Learning. The Language Teacher38.

Iful Amri, Syuhendri, Ketang Wiyono, (2015). Pengembanngan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis WEB Untuk Mata Kuliah Fisika Inti. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1)

Indah Ayu Ainina, (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal Of History Education, 3(1)

Indah Ayu Ainina, (2014). Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Indonesian Journal Of History Education, 3(1)

Irwandani, Siti Juariah, (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisik Al-BiRuNi, 5 (1).

J.Handika, (2012). Efektifitas Media Pembelajaran IM3 Ditinjau dari Motivasi Belajar. JPII (1)

Kurniawati Rita, Djuniadi, (2015). Pengembangan Media Blended Learning Berbasis EDMODO Di Sekolah Menengah Kejuruan, IJCETS, 3(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jktp/article/view/10924 (di akses 12 Desember 2016)

Mateo, Rey, P. d., & Hernández. (2010). Student motivation and cross-curricular development through e-learning applied to cooperation. The Future of Global Learning Engineering Education (EDUCON).

Miarso, Yusufhadi, (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta:Prenada media Group.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung ; Alfabeta

Sulihin B.Sjukur, (2012). Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Siswa Tingkat SMK.. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3)

Thomas, Partono, (2014). E-Learning Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 9(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.