Pengaruh Lingkungan Negatif terhadap Kedisiplinan Siswa SD Negeri 134 Pekanbaru

Yuliastuti Yuliastuti, Rian Vebrianto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui  seberapa besarnya Pengaruh lingkungan n negatif pada  Pelaksanaan Tata Tertib Sekolah terhadap Kedisiplinan belajar Siswa. Tujauannya untuk meningkatkan kedisiplinan siswa – siswa serta melaksanakan tatatertib sekolah dengan baik.SD Negeri 134 Pekanbaru .Metode yang digunakan adalah Mix Methode Penelitian dilaksanakan   di Sekolah Dasar Negeri 134 Pekanbaru , dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling dan wawancara didapat sampel sebanyak 20 orang siswa dari kelas 4,5 dan 6. Instrumen tata tertib dan kedisiplinan belajar siswa berupa lembar pertanyaan (angket) yang disebarkan kepada responden.Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh lingkungan negative terhadap tata tertib sekolah yang signifikan terhadap kedisiplinan belajar siswa.Analisis data  variable terikat dan variable terbuka  .Hasil analisis penelitian deskritif menunjukan bahwa 1) pengaruh lingkungan keluarga sangat berperan penting dalam menanamkan kedisipilan anak , 2) pengaruh lingkungan masyarakat yaitu lingkungan negatif  di sekitar rumah menjadi kendala dalam penerapan kedisiplinan di sekolah,  3) pengaruh pelaksanaan tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa di SD Negerin 134 Pekanbaru .artinya  jika baik  pengaruh lingkungan  keluarga dan masyarakat  maka  penerapan kedisiplinan  dan tata tertib yang ada di sekolah akan mudah di terapakan, kediisiplinan berpengaruh kepada pelaksanaan tata tertib sekolahserta  terhadap kedisiplinan belajar siswa.

Full Text:

PDF

References


Ihsan, Fuad.1997. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ahmadi, Abu. 1991. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo Yusuf, Muri. 1986.

Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sanjaya 2006, empat faktor yang merupakan dasar kepatuhan seseorang

Barnett, E., & Casper, M. (2001). A definition of social environment. American Journal of Public Health. Diakses pada tanggal

Gonzales, N. A. et al. (1996). Family, peer, and neighborhood influences on academic achievement among African-American adolescents: one year prospective effects. American Journal of Community Psychology, Jun 1996; 24, 3;Proquest (versi elektronik). 10 Oktober 2013 dari http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/article s/PMC1446600/pdf/11249033.pdf.

Berns, R. M. (2010). Child, family, school, community. Wadsworth: Cengage Learning.

Bowen, G.L et al. (2008). Changes in the social environment and the school succes of middle school: A longitudinal Analysis. Diambil pada tanggal 28 Juni 2013dari www.proquest.com.

Hadiyanti, Yosefin Rianita. (2012). Pengaruh pola asuh orangtua, motivasi belajar, dan sikap siswa pada pelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Tesis Magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v1i2.6590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.