Kemampuan (Kinerja) Guru Fisika SMA Negeri dalam Pembelajaran Berdasarkan Teaching Experience di Kabupaten Kampar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi kemampuan guru fisika SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar dalam perencanaan, pelaksanaan, penilaian pembelajaran, dan penguasaan terhadap kompetensi serta mengetahui hubungan pengalaman mengajar, dengan kemampuan guru fisika SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar. Penelitian ini termasuk penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMA Negeri di Kabupaten Kampar dengan subjek penelitian guru fisika yang mengajar di SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar yang berjumlah 21 orang guru. Teknik pengumpulan data berupa angket, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru fisika SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar pada perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran termasuk dalam katergori sangat baik, sedangkan pada penilaian pembelajaran termasuk dalam kategori baik. (2) kompetensi kemampuan guru fisika SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar pada keempat kompetensi berdasarkan penilaian diri dan penilaian kepala sekolah termasuk dalam katergori sangat baik. (3) pengalaman mengajar memiliki hubungan korelasi kuat (searah) dan signifikan dengan kemampuan guru fisika SMA Negeri terakreditasi A di Kabupaten Kampar.
Full Text:
PDFReferences
Akhyak, Idrus, I. & Bakar, Y.A. (2013). Implementation of Teachers Pedagogy Competence to Optimizing Learners Development in Public Primary School in Indonesia. International Journal of Education and Research, 1, 2201-6740.
Alsrhid, A.M.M., (2012). Analytical Study Of The Professional Qualifications Of The Teacher In The Arab World. Journal of Education and Practice, 3, 2222-1733.
Burden, P.R. & Byrd, D.M. (1998). Method for Effective Teaching Second Edition. Needham Heights: A Viacom Company.
Darling-Hammond. (2010). Evaluating Teacher Effectiveness How Teacher
Performance Assessments Can Measure and Improve Teaching. Center for
American Progress.
Darling-Hammond, Amrein-Beardsley, Haertel, E. & Rothstein, J. (2012).
Evaluating Teacher Evaluation Popular Modes of Evaluating Teachers are
Fraught With Inaccuracies and Inconsistencies, But The Field Has Identified Better Approaches. Kappanmagazine.org.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2005 tentang Guru
_______(2008). Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.
Hakim, A. (2015). Contribution of Competence Teacher (Pedagogical, Personality, Professional Competence and Social) on the Performance of Learning. The International Journal Of Engineering And Science (IJES), 4, 2319 – 1813.
Janawi. (2011). Kompetensi Guru (Citra Guru Profesional). Bandung. Alfabeta
Kemdikbud. (2012). Pedoman Pelaksanaan Kinerja Guru (PKG). Jakarta:
Kemdikbud.
Khatoon, H., Azeem, F. & Akhtar, S.H. (2011). The Impact of Different Factors on Teaching Competencies at Secondary Level in Pakistan. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, Vol 3, No 5.
Kunandar. (2010). Guru Profesionalisme Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT
Rajagrafindo Persada.
Mulyasa (2013). Uji kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
_______. (2013). Uji kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung:
PT Remaja Rosdakarya.
_______. (2013). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mundilarto. (2010). Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Instruksional Sains (P2IS).
Muslich, M. (2007). Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme Pendidik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nadeem, M. (2011. Teacher’s Competencies and Factors Affecting The
Performance of Female Teachers in Bahawalpur (Southern Punjab)
Pakistan. International Journal of Business and Social Science, 2, 218.
Nolan, J. F., Hoover, L. A. (2011). Teacher Supervision and Evaluation Theory Into Practice, 3rd Edition. Wiley/ Jossey-Bass Education.
Panigrahi, M.R. (2010). An Evaluation of Quality of Self–Financing Pre-Service Teacher Training Institutions in Haryana. Journal of Education and
Practice, 1, 2222-1735.
Poerwati, L. E., & Amri, S. (2013). Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Priansa, D. J. (2014). Kinerja dan Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.
Priatna, H.N., Sukamto, T. (2013). Pengembangan Profesi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Rahman, M.I. (2014). Professional Competence, Pedagogical Competence and the Performance of Junior High School of Science Teachers. Journal of
Education and Practice, 5, 2222-17.
Rice, J.K. (2010). The Impact of Teacher Experience Examining the Evidence and Policy Implications. Washington, DC: National Center for Analysis of Longitudinal Data in Education Research.
Selamat, N., Samsu, N.Z, & Kamalu, N.S.M. (2013). The Impact Of Organizational Climate on Teachers’ Job Performance. Educational Research eJournal, vol 2, 2254-0385.
Shah, J., Ali A. & Khan, I. (2012). A Critical Appraisal of the Social Status of Teachers in Peshawar, Capital of Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 2, 2222-6990.
Sudrajad, A. (2008). Konsep Penilaian Kinerja Guru. Online artikel (http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/11/21/konsep-penilaian-kinerjaguru/diakses tanggal 2 Mei 2015).
Supardi. (2013). Kinerja Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Suparno, P. (2013). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Tabot, B.A. (2014). University Supervisors’ and Student Teachers’ Assessment of the Value of Teaching Practice and School Context Challenges in Kenya. Journal of Education and Practice, 5, 2222-1735.
Thornes, N. (2007). Essential Teaching Skils. United Kingdom: Delta Place
Udiyono. (2011). Pengaruh Kompetensi Profesional dan Keikutsertaan Dalam Forum Ilmiah Serta Karya Pengembangan Profesi terhadap Kinerja Guru. Magistra, No 76, 0215-9511.
Ufonabasi, E.R. & Friday, B.R. (2014). Teacher Qualification and Experience as Determinants of Quality Chemistry Education in Nigeria. Journal of Education and Practice, Vol 5, 2222-1735.
Uno, H.B. (2012). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5199
Refbacks
- There are currently no refbacks.