Kepuasan Siswa Terhadap Pembelajaran Fisika di Era New Normal Covid-19

Ririn Novianti, Ahmad Syarkowi

Abstract


ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the level of student satisfaction with physics learning in the new normal era of Covid-19. This research is a quantitative research using survey method. The sample in this study was 518 students majoring in science class X, XI and XII taken from 9 high schools in Bengkulu and West Sumatra provinces. The sample used a convenience sampling determination technique. Convenience sampling is sampling based on the availability of respondents. The data collection technique is using a questionnaire or questionnaire developed by Palmer which is divided into the level of importance, level of satisfaction and agreement. Analysis of the data using descriptive analysis. Based on the results of the analysis of the questionnaire/questionnaire, it was found that the level of student satisfaction with learning physics in the new normal covid-19 period which was carried out completely online was 1% very dissatisfied, 7% dissatisfied, 15% doubtful, 36% satisfied and 41 % very satisfied. Thus it can be said that student satisfaction with physics learning has been achieved in other words students are satisfied with physics learning that is carried out boldly or distance learning in the new normal period of covid-19.

 

Keywords: satisfaction, physics learning, online learning, covid-19

 

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan siswa terhadap pembelajaran fisika di era new normal Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Sampel dalam penelitian ini adalah 518 siswa jurusan IPA kelas X, XI dan XII yang diambil dari 9 sekolah menengah atas di provinsi Bengkulu dan Sumatra Barat. Penentuan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Convenience sampling adalah pengambilan sampel berdasarkan pada ketersediaan responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket atau kuesioner yang dikembangkan oleh palmer yang terbagi atas tingkat kepentingan, tingkat kepuasan dan agremeent. Analisis datanya dengan menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan analisis hasil dari angket/kuesioner didapatkan hasil bahwa tingkat kepuasan siswa terhadap pembelajaran fisika di masa new normal covid-19 yang dilakukan sepenuhnya online sebesar 1% sangat tidak puas, 7% tidak puas, 15% ragu-ragu, 36% puas dan 41% sangat puas. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kepuasan siswa terhadap pembelajaan fisika telah tercapai dengan kata lain siswa merasakan puas terhadap pembelajaran fisika yang dilakukan daring atau pembelajaran jarak jauh di masa new normal covid-19.

Kata kunci: kepuasan, pembelajaran fisika, pembelajaran daring, covid-19

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1). https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Adiyanta, F. C. S. (2019). Hukum dan Studi Penelitian Empiris: Penggunaan Metode Survey sebagai Instrumen Penelitian Hukum Empiris. Administrative Law and Governance Journal, 2(4). https://doi.org/10.14710/alj.v2i4.697-709

Agung Mahardini, M. M. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2). https://doi.org/10.24127/jpf.v8i2.3102

Amalia, R. F., Badrujaman, A., & Tjalla, A. (2016). Kepuasan Siswa terhadap Layanan Konseling Individual (Survei pada siswa kelas VIII di SMP Negeri se-Kecamatan Matraman, Jakarta Timur). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 87. https://doi.org/10.21009/insight.051.13

Aminah, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar IPA ,melalui Model Pembelajaran Interaktif Dengan Metode Tanya Jawab. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 121–131. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5200

Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan Pemecahan Masalah Fisika pada Siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44. https://doi.org/10.26740/jpfa.v5n2.p44-50

Bostock, S. J., & Lizhi, W. (2005). Gender in student online discussions. Innovations in Education and Teaching International, 42(1), 73–85. https://doi.org/10.1080/14703290500048978

Creswell, john W. (2012). Educational Research (planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research). University Of Nebreska-Lincoln.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Firmanti, P. (2017). Penalaran Siswa Laki-laki dan Perempuan dalam Proses Pembelajaran Matematika. HUMANISMA: Journal of Gender Studies, 1(2), 73–85.

Hendri, S., & M, H. (2019). Identifikasi Literasi Sains Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa STISIP Amal Ilmiah Yapis Wamena). Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 95. https://doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7117

Herlambang. (2019). Pengaruh Sistem Pembelajaran Online terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta di Masa Pandemi Covid-19. Prima Ekonomika, 10(1).

Hernawati, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika melalui Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Audiovisual pada Siswa Kelas X MAN 4 Jakarta. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 6(2), 118–131. https://doi.org/10.36052/andragogi.v6i2.60

Ilmadi, Sastro, G., Saefullah, R., Sari, D. N., & Wijaya, D. (2020). Analisis Kepuasan Peserta Didik dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid–19 (Studi Kasus: SMP Mater Dei Kota Tangerang Selatan). Indonesian Journal of Science, 2(2), 41–51.

Nilayani, S. A. P. (2020). Survei Kepuasan Siswa terhadap Proses Belajar Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3).

Nugraha, T. H., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berdasarkan Perbedaan Gender. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.22437/edumatica.v9i1.5880

Palmer, S. R., & Holt, D. M. (2009). Examining student satisfaction with wholly online learning. Journal of Computer Assisted Learning, 25(2), 101–113. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2008.00294.x

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Parimba, D., & Azis, A. (2015). Komparasi Pemberian Tugas Terstruktur dengan Umpan Balik Terkoreksi dan Tanpa Terkoreksi Pada Pembelajaran Fisika Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA SMP Negeri 1 Rantepao. Jurnal Sains Dan Peendidikan Fisika (JSPF), 2015(April), 1–13.

Putra, R. A., Nurdiansyah, N., Futra, D., & Primahardani, I. (2021). Analisis Pembelajaran Jarak Jauh (online) Mahasiswa Calon Guru IPA di Kota Pekanbaru pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Natural Science and Integration, 4(1), 94. https://doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.12744

Rachmat Rizaldi, & Syahlan. (2020). Analisis Materi dan Tujuan Pembelajaran pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2). https://doi.org/10.37630/jpm.v10i2.340

Ramadhan, S., & Zuve, farel olva. (2020). Buku Ajar Metodologi Penelitian Pembelajaran Bahasa Indonesia. SUKABINA Press Jl. Prof. Dr. Hamka No. 29 Tabing – Padang. https://doi.org/10.31227/osf.io/j62me

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto, S. (2018). Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 3(1), 17. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i1.591

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). ALFABETA.

Suharta, T. (2017). Pengembangan Instrumen Pengukur Tingkat Kepuasan Siswa terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan di Sekolah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.21009/jep.082.07

Surijah, E. A., Ratih, S. K. A., & Anggara, I. M. F. (2017). Merasa Dicintai Saat Dibantu: Penelitian Survey Deskriptif “Five Love Languages.” PSIKODIMENSIA, 16(1). https://doi.org/10.24167/psiko.v16i1.946

Susanti, D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Round Club untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 011 Desa Pulau Rambai Kecamatan Kampar Timur Kabupaten Kampar. Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5195

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Yogihati, C. I. (2010). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Fisika Umum Melalui Pembelajaran Bermakna dengan Menggunakan Peta Konsep. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2), 104–107. https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i2.1121

Yulia, I. B., & Putra, A. (2020). Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring. Refleksi Pembelajaran Inovatif, Vol. 2, No. 2, 2020, 2(2), 327–335.

Yulisa, Y., Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Video Pembelajaran Fisika terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(1). https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3445




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.14127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.