Desain Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Praktikum Pengenalan Alat Laboratorium Kimia Sekolah Menengah Atas

Windi Dwi Saputra, Yenni Kurniawati

Abstract


ABSTRACT

The development of technology that is termed ad Industrial Revolution 4.0 is an era of innovation developed rapidly that can help the creation of new technology. The research findings developed an Android based instructional media that was named as WINLAB (Wawasan didalam Pembelajaran Laboratorium), it consisted of the introduction of laboratory equipment, and it was expected to ease students in the learning process. It was Mixed Method Research. The research findings showed that this instructional media had the appropriateness with 85% percentage and very valid criterion by the validators of media experts, 96.92% percentage and very valid criterion by the validator of material experts, practicality test by Chemistry subject teachers showed 92% percentage with very practical criterion, the response test of the tenth-grade student of MIA 1 at State Sport Senior High School Riau Province stated that Android based instructional media was very good with 90% percentage. However, this research still consisted of some shortcomings, so it was expected in the future that the effectiveness test would be done to know the effectiveness of the media.

 

Keywords: WINLAB, android, chemistry instructional media

 

ABSTRAK

Perkembangan teknologi yang diistilahkan dengan revolusi industri 4.0 merupakan era inovasi yang berkembang sangat pesat sehingga mampu membantu terciptanya teknologi baru. Tujuan penelitian ini adalah mendesain dan uji coba media pembelajaran berbasis android pada materi praktikum pengenalan alat laboratorium kimia yang digunakan sebagai sumber belajar yang mudah di akses bagi peserta didik SMA. Hasil penelitian menghasilkan sebuah media pembelajaran berbasis android yang diberi nama “WINLAB” (Wawasan didalam Pembelajaran Laboratorium) yang berisikan tentang pengenalan alat-alat laboratorium yang diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Mixed Method. Research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran ini memiliki kelayakan oleh validator ahli media dengan persentase 85% dengan kriteria sangat valid, validator ahli materi dengan persentase 96.92% dengan kriteria sangat valid, uji praktikalitas oleh guru kimia dengan persentase 92% dengan kriteria sangat praktis, dan uji respon peserta didik kelas X MIA 1 SMAN Olahraga Provinsi Riau menyatakan bahwa media pembelajaran berbasis android sangat bagus dengan persentase 90%. Namun, penelitian ini masih memiliki beberapa kekurangan sehingga diharapkan kedepannya dilakukan uji efektifitas untuk mengetahui keefektifan media.

 

Kata kunci: WINLAB, android, media pembelajaran kimia


Full Text:

PDF

References


Andi. (2013). Android Programming With Eclipse. Semarang: Wahana Komputer.

Astra, I Made. 2012. Aplikasi Mobile Learning Fisika dengan Menggunakan Adobe Flash sebagai Media Pembelajaran Pendukung. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(2).

Creswell, John.(2009). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: Rajawali Press

Hadisaputra, S dkk. (2008). Praktikum Kimia Berbasis Kimia Komputasi untuk Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pijar Mipa, 12(1).

Hamdani, A.D.,& Kurniatanty,I. (2017). Manajemen dan Teknik Laboratorium. Yogyakarta: Bidang Akademik UIN Sunan Kalijaga.

Jeronen, E. & Pikkarainen. (1999). E. Overcoming The Gap Between Theory and Practice in Subject Teacher Education: The Role Of Subject Didactics, General Didactics and The Theory Of Pedagogical Action. TNTEE. 2(1), 237-247.

Josephsen, J & Kristensen, A.K.(2006). Simulation of Laboratory Assignments to Support Students Learning of Introductory Inorganic Chemistry. Chemistry Education Research and Practice, 7 (4),266-279.

KBBI, "Kamus Besar Bahasa Indonesia," Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia,(online) http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/kbbi/. [Accessed 20 02 2019]

Kurniawati, Y.(2017). Analisis Kesulitan Penguasaan Konsep Teoritis dan Praktikum Kimia Mahasiswa Calon Guru Kimia. Universitas UIN SUSKA Riau, (1), 4549-1679.

L. Benedict dan H.E. Pance. (2012). Teaching Chemistry Using Student-Created Videos and Photo Blogs Accessed with Smartphone and Two-Dimensional Barcodes. Journal of Chemical Education, 2, 492-496.

Limniou, M., Papadopoulos, N., Giannakoudakis, A., Roberts, A., & Otto, O.(2007). The Integration of A Viscosity Simulator in A Chemistry Laboratory. Chemistry Education Research and Practice. 8 (2), 220-231.

Nazaruddin, Safaat. (2012). Android. Pemograman Aplikasi Smarthphone dan Tablet PC Berbasis Android Edisi Revisi. Bandung: Informatika.

Narayanan, A.S.(2012). QR Code and Security Solution. International Journal of Computer Sciense and Telecommunications, 3(7), 69-71.

Reid, N. & Shah, I.(2006). The Role of Laboratory Work in University Chemistry. Chemistry Education Research and Practice, 8(2), 172- 85.

Sitepu,B.P.(2004). Pengembangan Sumber Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sitti Saenab dkk.(2017). Respon Mahasiswa terhadap Penggunaan Quick Respon Code (QR CODE) pada Matakuliah Botani Tumbuhan Tinggi. Jurnal Bionature. 17(1) 58-62.

Soendjojo Dirdjosoemarto dkk.(1985). Pengelolaan Laboratorium IPA. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sujaiz,& dkk.(1988). Pedoman Penggunaan Laboratorium IPA SMTP-SMTA. Jakarta:Bhatara.

Syukri, S.1999. Kimia Dasar 1. Bandung: ITB

Wirjosoemarto,K.dkk.(2000). Teknik Laboratorium. Bandung: Jurusan Biologi Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.12068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot

Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.