Nilai Keislaman pada Buku Ajar IPA SMP/MTs untuk Pembentukan Karater Religius Siswa
Abstract
ABSTRACT
This study aims to analyze the Islamic values contained in the science textbooks for SMP/MTs for the formation of students' religious character. The research method used is library research using documentation in data collection and analyzed using content analysis (analyzing science learning materials scientifically and marking every Islamic values in the SMP/MTs science textbooks). Primary data sources are Science Textbooks for SMP/MTs, Al-Qur'an and Hadith of the Prophet SAW. The results of the study analyzed Islamic values which were grouped into the values of aqidah, shari'ah, and morals. The material in the science textbooks for SMP/MTs raises the value of aqidah, namely after studying the science material, the more they believe in the existence of Allah swt. studying the natural sciences allows students to behave as God has commanded them to be guardians on earth. So that by instilling Islamic values in science learning can form students with religious character in accordance with the mandate of national education goals.
Keywords: Islamic values, science teaching materials, religious character.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai keislaman yang terdapat dalam materi buku Ajar IPA SMP/MTs untuk pembentukan karakter religius siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan dokumentasi dalam pengumpulan data serta dianalisis menggunakan content analysis (menganalisis secara ilmiah materi pembelajaran IPA dan menandai setiap nilai-nilai keislaman yang ada dalam Buku Ajar IPA SMP/MTs). Sumber data primer adalah buku ajar IPA SMP/MTs, Al-Qur’an dan Hadits Nabi SAW. Hasil penelitian menganalisis nilai keislaman yang dikelompokkan dalam nilai aqidah, syari’ah, dan akhlak. Materi dalam buku ajar IPA SMP/MTs memunculkan nilai aqidah yaitu setelah mempelajari materi IPA makin menyakini akan keberadaan Allah swt., nilai syari’ah yaitu setelah mempelajari materi IPA menjadikan siswa semakin yakin akan ketentuan yanng dibuat oleh Allah swt, dan nilai akhlak yaitu setelah mempelajari metari IPA menjadikan siswa dapat berperilaku sebagaimana yang Allah perintahkan untuk menjadi penjaga di muka bumi. Sehingga dengan menanamkan nilai-nilai keislaman dalam pembelajaran IPA dapat membentuk siswa yang berkarakter religius sesuai dengan amanah tujuan pendidikan nasional.
Kata Kunci: nilai keislaman, materi ajar IPA, karakter religius.
Full Text:
PDFReferences
Abudin Nata, M. 2003. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Al-Baijuri, Syekh Ibrahim. n.d. Kifayatul Awam. Semarang: Toha Putra.
Al-Munawar, Said Agil Hesin. 2005. Aktualisasi Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Sistem Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Ciputat Press.
Asysyifa, Diena Shulhu, Achmad Sopyan, and Masturi Masturi. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Komplementasi Ayat-Ayat Sains Quran Pada Pokok Bahasan Sistem Tata Surya.” Unnes Physics Education Journal 6(1):44–54.
Farihan, Umi, and Dimar Danar Septiadi. 2018. “Integrasi Nilai Keislaman Pada Bahan Ajar IPA Di MTs Yayasan Pondok Pesantren Darul Hidayah Dusun Pomo Desa Ampel Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.” FENOMENA 7(1):41–60.
Hukiyana, Hukiyana. 2021. “Pengembangan Modul IPA Berdasarkan Nilai-Nilai Keislaman Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung.” UIN Raden Intan Lampung.
Ilyas, Rahmat. 2016. “Manusia Sebagai Khalifah Dalam Perspektif Islam.” Mawa’izh 1(7):169–95.
Jannah, Ro’i Khatul, Muhammad Imaduddin, Muhammad Fathurriza, Muhammad Ali Sofyan, Helmi Auliya, Atmim Nurona, Izzatul Ulya, and Abu Choir. 2021. “Islamic Science Camp: Program Pembelajaran IPA Yang Menyenangkan Dengan Konsep Islami Dan Kecintaan Pada Alam.” Journal of Natural Science and Integration 4(1):62–67.
Kadar, M. Yusuf. 2014. “Indera Manusia Menurut Al-Quran Dan Psikologi Konvensional: Suatu Kajian Perbandingan.” Jurnal Hadhari 6(2):55–69.
Kadar, M. Yusuf. 2015. Kontruksi Ilmu Dan Pendidikan, Menelusuri, Ontologi, Epistimologi, Dan Aksiologi Qur’ani. Jakarta: Amzah.
Katsir, Ibnu. 2015a. Tafsir Ibn Katsir Jilid 1. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Katsir, Ibnu. 2015b. Tafsir Ibn Katsir Jilid 5. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.
Kemendikbud. 2003. “Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”
Kemendikbud. 2016. “Ilmu Pengetahuan Alam.” in Pusat Kurikulum dan perbukuan. Jakarta: Balitbang, Kemendikbud.
Kemendikbud. 2018. “Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.”
Kemendikbud. 2019. “Permendikbud No 21 Tahun 2019 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.”
Kemendikbud. 2020. “Permendikbud Nomor 21 Tahun 2020 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.”
Permana, Niki Dian, Firmanul Catur Wibowo, Susilawati, Z. Zarkasih, Nurhasanah Bakhtiar, Dina Rahmi Darman, and S. Siswanto. 2021. “Development of A Basic Physics Practicum Guide That Is Integrated with Qur’anic Verses for Prospective Natural Science Teacher.” Pp. 1–5 in AIP Conference Proceedings. AIP Publishing.
Rohman, Muhammad. 2012. Kurikulum Berkarakter. Jakarta: Pustaka Karya.
Suparlan. 2010. Menjadi Guru Efektif. Yogyakarta: Jurusan Administrasi Pendidikan.
Susilawati, Susilawati. 2012. “Karakter Religius Pembelajaran IPA.” Jurnal Pendidikan Islam UIN Sunan Gunung Djati 27(1):98–114.
Susilowati, Susilowati. 2017. “Pengembangan Bahan Ajar IPA Terintegrasi Nilai Islam Unutuk Meningkatkan Sikap Dan Prestasi Belajar IPA Siswa.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 3(1):78–88.
Syaltut, Mahmut. 1986. Aqidah Dan Syariah. Cetakan 1. Jakarta: Pustaka Amani.
Zarkasih. 2016. Pengembangan Model Integrasi Sains Dengan Islam Di UIN Sulthan Syarif Kasim Pekanbaru. Pekanbaru: UIN SUSKA RIAU.
Zuhaili, Wahbah. 2011. Al-Fiqh Al-Islami Wa Adillatuhu. Jakarta: Gema Insani.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.11278
Refbacks
- There are currently no refbacks.