Pengembangan Modul Berbasis Virtual Laboratory Terintegrasi Teknologi Tepat Guna pada Mata Kuliah Kimia Dasar

Laily Yunita Susanti, Andi Suhardi, Rafiatul Hasanah

Abstract


ABSTRACT

The aims of this research were to describe the validity and to describe the university students respons’ on appropriate technology integrated virtual laboratory based learning module on Acidic and Basic Solution Topic in Tadris IPA, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN KHAS Jember. Research method was R&D research by using ADDIE model which consisted of  4 steps: (1) Analyzing curricula and students’ university characteristic, (2) Designing content and lay out of learning module, (3) Developing appropriate technology integrated virtual laboratory based learning module, (4) Validating learning module by expert judging then implementating it to students’ university. The Evaluation steps was not already done by researcher because of time and fee limitation. Result of research showed that learning module got score 3.79 based on material eligibility, 3.88 based on design eigibility and  3,85 based on languange eligibility (for scale 1-4 ). Furthermore, the result of students’ university respon on learning module were 77.8% based on material eligibility, 86.7% based on design egibility, dan 91.1% based on languange eligibility.

Keywords: virtual laboratory, appropriate technology, general chemistry

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan validitas dan mendeskripsikan hasil uji respon mahasiswa terhadap modul pembelajaran berbasis virtual laboratory terintegrasi Teknologi Tepat Guna pada materi Larutan Asam Basa pada program studi Tadris IPA, Tarbiyah and Teacher Training Faculty, UIN KHAS Jember. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan yang dimodifikasi dari model ADDIE yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu: (1) Analisis Kurikulum dan Karakteristik Mahasiswa, (2) Perencanaan Konten dan Tata Letak Tampilan Modul, (3) Pembuatan Modul Teknologi Tepat Guna yang diintegrasikan dengan Laboratorium Maya (virtual laboratory) based learning module, (4) Validasi/ Uji Ahli Modul Pembelajaran yang dilanjutkan dengan Uji Coba pada Mahasiswa. Tahap kelima, Evaluasi, tidak dilakukan karena keterbatasan waktu dan biaya penelitian. Hasil validasi menunjukkan bahwa Modul Kimia Dasar berbasis Teknologi Tepat Guna terintegrasi Virtual Laboratory memperoleh skor 3.79 berdasarkan komponen kelayakan materi, 3.88 berdasarkan kelayakan desain modul dan 3.85 berdasarkan kelayakan komponen kebahasaan (skala 1-4 ). Selanjutnya, hasil uji respon menunjukkan bahwa modul memperoleh prosentase 77.8% untuk komponen kelayakan materi, 86.7% untuk komponen kelayakan desain modul, dan 91.1% untuk aspek kebahasaan.

Kata kunci: virtual laboratory, teknologi tepat guna, kimia dasar


Full Text:

PDF

References


Adi, W. C., & Iqbal, M. (2015). Pengembangan Virtual Laboratory pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bondowoso. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 8, 1-8.

Agustiana, W. (2018). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Lingkungan Tema Fotosintesis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 9 Bandar Lampung. Skripsi, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Anderson, R. G. W. (2013). Chemistry Laboratories, and How They Might be Studied. Studies in History and Philosophy of Science, 44, 669-675.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Billah, A. & Widiyatmoko, A. (2018). The Development of Virtual Laboratory Learning Media for The Physical Optics Subject. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 7 (2), 153-160.

Bisowarno, B.H., Novianti, J., dan Martina, A. (2017). Penerapan Teknologi Tepat Guna dalam Penyediaan Air Bersih di Sekolah dan Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Desa Cukanggenteng. Proposal Pengabdian Pembangunan Masyarakat, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Universitas Katolik Parahyangan.

Jaya, H. (2012). Pengembangan Laboratorium Virtual untuk Kegiatan Praktikum dan Memfasilitasi Pendidikan Karakter di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 81-90.

Jeenthong, T., Ruenwongsa, P., dan Sriwattanarothai, N. (2015). Promoting Integrated Science Process Skills Through Betta-live Science Laboratory. Procedia-Social and Behavioral Sciences, (116), 3292-3296.

Kristian, I. (2016). Perencanaan Virtual Lab untuk Layanan E-learning di Daerah Pedesaan. Bandung: ITB

Liu, D., Valvidiviezo-Diaz, P., Riofrio, G., Sun, Y., Barba, R. (2015). Integration of Virtual Labs into Science E-learning. Procedia Computer Science, (75), 95-102.

Petrucci, R. H., Harwood, W. S., Herring, F. G., dan Madura, J. D. (2011). Prinsip-prinsip dan Aplikasi Modern Edisi Kesembilan Jilid 1 (Terjemahan). Jakarta: Erlangga.

Riduwan dan Sunarto. (2017). Pengantar Statistika untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Rosdiana, D., Suherman, A., & Darman, D. R. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Physics Laboratory (ViPhyLab) dalam Praktikum Hukum Kirchhoff. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 132–142.

Saidah, N dan Yulistianti, H. D. (2018). Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Analisis Data pada Mata Kuliah Statistik dalam Meningkatkan Belajar Mandiri Mahasiswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2). 198-203.

Serafín, Č. dkk. (2016). Inquiry-Based Instruction in The Context of Constructivism. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 592 – 599.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v4i2.10459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


slot

Journal of Natural Science and Integration

E-ISSN: 2620-5092  | P-ISSN: 2620-4967

Published By:

Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.