Kajian Kualitatif Tes Hasil Belajar Buatan Guru Biologi MAN di Kota Kendari
Abstract
The purpose of this study aims is analyzing the content validation, construction validation, and the distribution of cognitive types of learning outcome tests made by the biology teacher of MAN Sekota Kendari in the odd semester of the 2017/2018. This research was conducted at MAN 1 Kendari and MAN Insan Cendekia Kendari. The ex post facto method was used in this research. The sample in this study was a test of biology learning outcomes at MAN Sekota Kendari grade X, XI, and XII in the odd semester of the 2017/2018. The data source in this study was the biology teacher. The instrument used in this research is the qualitative analysis sheet of the correlation test of learning. The data from this research were processed using descriptive analysis techniques. The results showed that in terms of content validation, the percentage of scores for grade X, XI, and XII in all basic competencies of biological material was categorized as very good. In terms of construct validation, the percentage of scores in class X and XII has a very good category and a good category, while class XI is categorized as very good. Furthermore, the comparison of the distribution of the cognitive type of learning result test was not good, namely 1.22: 1.82: 0.21, so it can be concluded that the learning result test made by the biology teacher of MAN Sekota Kendari was correct in terms of its manufacture (in terms of content and construct studies), but not yet. Precise in measuring the distribution of cognitive types of each question that is not yet ideal. Therefore, it is hoped that the biology teacher of MAN Sekota Kendari will also pay attention to the cognitive types on the tests that have been made in order to effectively and efficiently measure students' learning outcomes of biology.
Keywords: learning outcomes test, biology teacher.
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara kualitatif validasi isi, validasi konstruksi, dan penyebaran tipe kognitif tes hasil belajar buatan guru biologi MAN Sekota Kendari pada semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Kendari dan MAN Insan Cendekia Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode expost facto. Sampel dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar biologi MAN Sekota Kendari kelas X, XI, dan XII semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru biologi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar analisis kualitatif korelasi tes hasil belajar. Data hasil penelitian ini diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi validasi isi, persentase perolehan skor kelas X, XI, dan XII di semua komptensi dasar materi biologi terkategori sangat baik. Dari segi validasi konstruk, persentase perolehan skor di kelas X dan XII memiliki kategori sangat baik dan kategori baik, sedangkan kelas XI terkategori sangat baik. Selanjutnya, perbandingan penyebaran tipe kognitif tes hasil belajar belum baik (mengikuti ketentuan) yaitu 1.22 : 1.82 : 0.21, sehingga dapat disimpulkan tes hasil belajar buatan guru biologi MAN Sekota Kendari sudah tepat dari segi pembuatannya (ditinjau dari kajian isi dan konstruk), namun belum tepat dalam mengukur penyebaran tipe kognitif setiap soal yang belum ideal. Oleh karena itu, diharapkan guru biologi MAN Sekota Kendari juga memerhatikan tipe kognitif pada tes yang telah dibuat agar dapat mengukur secara efektif dan efisien hasil belajar biologi siswa.
Kata Kunci: tes hasil belajar, guru biologi
Full Text:
PDFReferences
Anonim. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional. http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional
Anonim. (2010). Juknis Panduan Penulisan Butir Soal. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan SMA.
Aziza, R. N., & Dzhalila, D. (2018). Metode Kuantitatif dengan Pendekatan Klasik pada Aplikasi Analisis Butir Soal sebagai Media Evaluasi Penentuan Soal yang Berkualitas. Kilat, 7(1), 15–23. https://doi.org/10.33322/kilat.v7i1.104
Cohen, R. J., & Swerdlik, M. E. (2018). Psychological Testing and Assessment, an Introduction to Tests and Measurement (Ninth). McGraw-Hill Education, 2 Penn Plaza. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-0222-1_8
Fitrianawati, M. (2015). Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 5(3), 282-295. ISBN 978-602-70471-2-9 Peran. http://hdl.handle.net/11617/9117
Hamid Darmadi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Hamka, D., & Suparwoto. (2018). Kemampuan (Kinerja) Guru Fisika SMA Negeri dalam Pembelajaran Berdasarkan Teaching Experience di Kabupaten Kampar. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 95–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5199
Haqiqi, A. K. (2019). Telaah Implementasi Kurikulum 2013: Tinjauan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 12–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7110
Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9 (2), 920–935.
Magdalena, I., Ningsih, Y. A., Berliana, N., Gunawan, A. N., & Tangerang, U. M. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDS Sari Putra. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(April), 15–22. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/bintang.v3i1.1134
Mahendra, E., Rahayu, W., & Bandung, P. N. (2020). Analisis Butir Soal. May, 1–8. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.26498.71360
Anonim. (2003). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Departemen Pendidikan Nasional. http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional
Anonim. (2010). Juknis Panduan Penulisan Butir Soal. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan SMA.
Aziza, R. N., & Dzhalila, D. (2018). Metode Kuantitatif dengan Pendekatan Klasik pada Aplikasi Analisis Butir Soal sebagai Media Evaluasi Penentuan Soal yang Berkualitas. Kilat, 7(1), 15–23. https://doi.org/10.33322/kilat.v7i1.104
Cohen, R. J., & Swerdlik, M. E. (2018). Psychological Testing and Assessment, an Introduction to Tests and Measurement (Ninth). McGraw-Hill Education, 2 Penn Plaza. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-0222-1_8
Fitrianawati, M. (2015). Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 5(3), 282-295. ISBN 978-602-70471-2-9 Peran. http://hdl.handle.net/11617/9117
Hamid Darmadi. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.
Hamka, D., & Suparwoto. (2018). Kemampuan (Kinerja) Guru Fisika SMA Negeri dalam Pembelajaran Berdasarkan Teaching Experience di Kabupaten Kampar. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 1(1), 95–120. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v1i1.5199
Haqiqi, A. K. (2019). Telaah Implementasi Kurikulum 2013: Tinjauan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 12–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v2i1.7110
Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9 (2), 920–935.
Magdalena, I., Ningsih, Y. A., Berliana, N., Gunawan, A. N., & Tangerang, U. M. (2021). Analisis Butir Soal Ulangan Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDS Sari Putra. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains, 3(April), 15–22. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/bintang.v3i1.1134
Mahendra, E., Rahayu, W., & Bandung, P. N. (2020). Analisis Butir Soal. May, 1–8. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.26498.71360
Mahmudah, U. (2020). Metode Statistika: Step by Step (Issue May). PT. Nasya Expanding Management.
Munadi, S. (2015). Analisis Validasi Kualitas Soal Tes Hasil Belajar pada Pelaksanaan Program Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 145–159. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4197
Nuriyah, N. (2014). Evaluasi Pembelajaran: Sebuah Kajian Teori. Edueksos, 3(1), 73–86. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/download/327/289
Safari. (2005). Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi. Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI).
Sulistyadi, D. C. (2017). Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda pada Ulangan Akhir Semester Mata Pelajaran Penjasorkes Kelas X SMKN 1 Ngasem Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2017/2018. 53(9), 1689–1699.
Sulistyani, N., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang di SMP dengan Pendekatan Problem-Based Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 197. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7334
Utomo, B. (2019). Analisis Validitas Isi Butir Soal sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Berbasis Nilai-Nilai Islam. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 1(2). https://doi.org/10.21043/jpm.v1i2.4883
Widyaningsih, N. W. N. (2013). Analisis Tes Sumatif Buatan Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI IPA SMA Laboratorium Undiksha Singaraja Tahun Ajaran 2012/2013. Pendidikan Bahasa dan Sastra Undiksha, 1(8), 1–14. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpbs.v1i8.1218
Wulan, Elis Ratna & Rusdiana, A. H. (2014). Evaluasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kurikulum 2013. Bandung: Pustaka Setia.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jnsi.v4i1.10410
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Journal of Natural Science and Integration
E-ISSN: 2620-5092 | P-ISSN: 2620-4967
Published By:
Department of Natural Sciences Educations, Faculty of Education and Teacher Training, State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia
Mailing Address:
Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia
email: jnsi.tadrisipa@uin-suska.ac.id
Indexed By:
Journal of Natural Science and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.