MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA KONSEP DEMOKRASI

Hery Sugiarto

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu ’untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dan motivasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui model pembelajaran kooperatif jigsaw pada kelas VIII B SMPN 4 Tapung Hilir. Jenis peneliian ini yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Ada empat tahapan dalam penelitian tindakan ,yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi, sedangkan penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian dalam penelitian tindakan  kelas ini adalah siswa kelas VIII B SMP N 4 Tapung Hilir dengan jumlah siswa yang diteliti sebanyak 32 siswa yang terdiri dari 18 siswa dan 14 siswi. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Terjadi peningkatan proses pembelajaran  siswa dari siklus I dan siklus II. Hasil evaluasi sikus I dari 32 siswa yang berhasil mencapai KKM yaitu sebanyak 8 siswa (24%), dan hasil evaluasi nilai siklus II dari 32 siswa yang berhasil mencapai KKM yaitu sebanyak 13 siswa (40,75%).


Keywords


Prestasi Belajar; Model Pembelajaran; Kooperatif Jigsaw; Pendidikan Kewarganegaraan; Konsep Demokrasi

Full Text:

Download PDF

References


Depdiknas. (2005). Pendidikan Kewarganegaraan, Strategi dan Metode Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta: Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v1i1.9202

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.