KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR'AN SURAH AL-FATIHAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER KURIKULUM 2013
Abstract
Al-Qur’ân merupakan kitab suci yang menjadi pedoman hidup dan sumber dari segala sumber bagi ummat Islam. Di dalamnya terdapat penjelasan tentang berbagai aspek pengetahuan termasuk pendidikan karakter. setiap ayat yang ada dalam al-Qur’ân merupakan wujud nilai. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya merupakan bentuk nilai karakter yang dapat ditanamkan kepada peserta didik.Penelitian ini difokuskan untuk menggali konsep, metode pendidikan karakter yang terdapat dalam surah al-Fâtihah dan relevansinya dengan penguatan pendidikan karakter kurikulum 2013.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif grounded theory dengan jenis penelitian kepustakaan. Sumber penelitian ini adalah surah al-Fâtihah yang digali untuk menemukan konsep, metode pendidikan karakter dan relevansinya dengan penguatan pendidikan karakter. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir mawdhu’i yaitu mengkaji surah al-Fatihah dan mengumpulkan ayat-ayat yang berkenaan pendidikan karakter. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan adanya dua konsep pendidikan karakter dalam surah al-Fâtihah, yaitu uluhiyah dan rububiyah. Sedangkan metode yang ditemukan dalam surah al-Fâtihah, yaitu metode pembiasaan, keteladanan, kasih sayang, pemberian hadiah dan hukuman, dan bercerita/kisah. Dari penelitian ini, ditemukan adanya relevansi antara konsep dan metode pendidikan karakter dalam surah al-Fatihah dengan penguatan pendidikan karakter bahwa keduanya memiliki konsep menanamkan nilai-nilai keyakinan dan ketuhanan dalam pendidikan karakter dengan metode pembiasaan, keteladanan, kasih sayang, pemberian hadiah dan hukuman, serta bercerita/kisah.
Kata kunci: Konsep, Surah al-Fatihah, dan Karakter
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’ân al-Karîm. 2001. Surabaya: CV Karya Abadi Tama
Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’ân dan Terjemahannya. Al-Hikmah. Bandung: CV Penerbit Diponegoro
Abdullah Idi. 2016. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres
Abdullah Haidir. 1424 H. Pelajaran dan Hikmah yang Terdapat Dalam Tafsîr Surah al-Fâtihah. Riyadh: Kantor Kerjasama Da’wah, Bimbingan dan Penyuluhan bagi Pendatang, Al-Sulay
Abdul Majid Khon. 2012. Hadis Tarbawi: Hadis-hadis Pendidikan. Jakarta: Kencana
Abi Jakfar Muhammad Bin Jaarir At-Thobari. 1999 M/ 1420 H. Tafsîr at-Thabarîy. Beirut-Lebanon: Dar al-Kotob al-Ilmiyah
Abu Anwar. 2005. Ulumul Qur’ân Sebuah Pengantar. Amzah
Abuddin Nata. 2014. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana
Adibah Binti Abdul Rahîm “Understanding Islamic Ethics and Its Significance on the Character Building”. International Journal of Social Science and Humanity Vol. 3, No. 6, November 2013
A. Susanto. 2010. Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah
Dharma Kesuma, Cepi Triatna dan Johar Permana. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya
Doni Koesoema A. 2015. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius
E.Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Roskarya
E. Mulyasa. 2018. Imlementasi Kurikulum 2013 Revisi, Jakarta: Bumi Akasara
Engkos Kosasih dkk. 2016. Mudah Tafsîr Ibnu Katsir, Jakarta: Maghfirah Pustaka
Ibn Ajibah al-Hasani. 2006. Tafsîr al-Fâtihah al-Kabîr. Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah
Imam Abil Fidai Al-Hafidz Ibnu Al-Katsir Ad-Damasyqi. 2011. Tafsîr al-Qur’ân Ibn al-Katsîr. Lebanon: Dar Al-Fikr
Imas Kurniasih, Berlin Sani. 2017. Pendidikan Karakter: Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Kata Pena
Jassin Tuloli, Dian Ekawaty Ismail. 2016. Pendidikan Karakter Menjadikan Manusia Berkarakter Unggul. Yogyakarta: UII Press
Kadar M. Yusuf. 2016. Studi al-Qur’ân. Jakarta: Amzah
Kadar M. Yusuf. 2015. Tafsîr Ayat Ahkâm. Jakarta: Amzah
Mohamad Mustari. 2014. Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Moeloeng Lexy J. 2004. Metodologi Pendidikan Kualitatif. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya
Muhammad Abdul Qadir Ahmad. 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Renika Cipta
M. Quraish Shihab. 2007. Tafsîr al-Misbâh. Jakarta: Lentera Hati
Nasin Elkabumaini, Rahmat Ruhyana. 2016. Panduan Implementasi Pendidikan Budi Pekerti untuk SD, SMP, dan SMA. Bandung: Yrama Widya
Nurdin. 2012. Pengembangan Metodologi Penafsiran al-Qur’ân. Banda Aceh: PeNa
Nursapia Harahap “Penelitian Kepustakaan” Jurnal Iqra’ vol. 08 No. 01, Mei 2014
Novan Ardy Wiyani. 2016. Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran PAI SMA Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Oemar Hamalik. 2014. Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter
Poerwadarminta, W.J.S. 2010. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Ramayulis, Samsul Nizar. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia
Retno Listyarti. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif & Kreatif. Jakarta: Esensi
Ridwan Abdullah Sani, Muhammad Kadri. 2016. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara
Sayyid Quthb. 2008. Tafsîr Fî Zîlalil al-Qur’ân. Rabbani Press
Siti Musdah Mulia. 2013. Karakter Manusia Indonesia. Bandung: Nuansa Cendekia
Sri Minarti. 2013. Ilmu Pendidikan Islam Fakta Teoretis-Filosofis dan Aplikatif-Normatif. Jakarta: Amzah
Sutarjo Adisusilo. 2013. Pembelajaran Nilai – Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers
Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara
Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandug: Alfabeta
Syaiful Sagala. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Syaikh Manna’ Al-Qaththan. 2006. Mabâhis fî ‘Ulûmil al-Qur’an, yang diterjemahkan oleh Aunur Rafiq El-Mazni, Pengantar Studi Ilmu al-Qr’ân. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar
Thomas Lickona. 2012. Character Matters (Persoalan Karakter) Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya diterjemahkan dari terjemahan Inggris oleh Juma Abdu Wamaungo dan Jean Antunes Rudolf Zein. Jakarta: Bumi Aksara
Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Zainal Aqib, Ahmad Amrullah. 2017. Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Gava Media
Zakiah Daradjat. 2014. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara
Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana
Zubaedi. 2017. Strategi Taktis Pendidikan Karakter untuk PAUD dan Sekolah. Depok: Rajawali Pers
http://educationforalls.blogspot.co.id/2013/05/pendidikan- karakter- dalam - perspektif. html, diunduh pada tanggal 21/06/2017. Eduaction, Vol. 4, No.2, hlm. 56, 2015
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i1.8169
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.