KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AL-QUR'AN SURAH AL-FATIHAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER KURIKULUM 2013

M Syarifuddin

Abstract


 Al-Qur’ân merupakan kitab suci yang menjadi pedoman hidup dan sumber dari segala sumber bagi ummat Islam. Di dalamnya terdapat penjelasan tentang berbagai aspek pengetahuan termasuk pendidikan karakter. setiap ayat yang ada dalam al-Qur’ân merupakan wujud nilai. Nilai-nilai yang terkandung di dalamnya merupakan bentuk nilai karakter yang dapat ditanamkan kepada peserta didik.Penelitian ini difokuskan untuk menggali konsep, metode pendidikan karakter yang terdapat dalam surah al-Fâtihah dan relevansinya dengan penguatan pendidikan karakter kurikulum 2013.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif grounded theory dengan jenis penelitian kepustakaan. Sumber penelitian ini adalah surah al-Fâtihah yang digali untuk menemukan konsep, metode pendidikan karakter dan relevansinya dengan penguatan pendidikan karakter. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir mawdhu’i yaitu mengkaji surah al-Fatihah dan mengumpulkan ayat-ayat yang berkenaan pendidikan karakter. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan adanya dua konsep pendidikan karakter dalam surah al-Fâtihah, yaitu uluhiyah dan rububiyah. Sedangkan metode yang ditemukan dalam surah al-Fâtihah, yaitu metode pembiasaan, keteladanan, kasih sayang, pemberian hadiah dan hukuman, dan bercerita/kisah. Dari penelitian ini, ditemukan adanya relevansi antara konsep dan metode pendidikan karakter dalam surah al-Fatihah dengan penguatan pendidikan karakter bahwa keduanya memiliki konsep menanamkan nilai-nilai keyakinan dan ketuhanan dalam pendidikan karakter dengan metode pembiasaan, keteladanan, kasih sayang, pemberian hadiah dan hukuman, serta bercerita/kisah.

Kata kunci: Konsep, Surah al-Fatihah, dan Karakter


Full Text:

PDF

References


Al-Qur’ân al-Karîm. 2001. Surabaya: CV Karya Abadi Tama

Departemen Agama RI. 2005. Al-Qur’ân dan Terjemahannya. Al-Hikmah. Bandung: CV Penerbit Diponegoro

Abdullah Idi. 2016. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres

Abdullah Haidir. 1424 H. Pelajaran dan Hikmah yang Terdapat Dalam Tafsîr Surah al-Fâtihah. Riyadh: Kantor Kerjasama Da’wah, Bimbingan dan Penyuluhan bagi Pendatang, Al-Sulay

Abdul Majid Khon. 2012. Hadis Tarbawi: Hadis-hadis Pendidikan. Jakarta: Kencana

Abi Jakfar Muhammad Bin Jaarir At-Thobari. 1999 M/ 1420 H. Tafsîr at-Thabarîy. Beirut-Lebanon: Dar al-Kotob al-Ilmiyah

Abu Anwar. 2005. Ulumul Qur’ân Sebuah Pengantar. Amzah

Abuddin Nata. 2014. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana

Adibah Binti Abdul Rahîm “Understanding Islamic Ethics and Its Significance on the Character Building”. International Journal of Social Science and Humanity Vol. 3, No. 6, November 2013

A. Susanto. 2010. Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah

Dharma Kesuma, Cepi Triatna dan Johar Permana. 2012. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya

Doni Koesoema A. 2015. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius

E.Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Roskarya

E. Mulyasa. 2018. Imlementasi Kurikulum 2013 Revisi, Jakarta: Bumi Akasara

Engkos Kosasih dkk. 2016. Mudah Tafsîr Ibnu Katsir, Jakarta: Maghfirah Pustaka

Ibn Ajibah al-Hasani. 2006. Tafsîr al-Fâtihah al-Kabîr. Lebanon: Dar Al-Kotob Al-Ilmiyah

Imam Abil Fidai Al-Hafidz Ibnu Al-Katsir Ad-Damasyqi. 2011. Tafsîr al-Qur’ân Ibn al-Katsîr. Lebanon: Dar Al-Fikr

Imas Kurniasih, Berlin Sani. 2017. Pendidikan Karakter: Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Kata Pena

Jassin Tuloli, Dian Ekawaty Ismail. 2016. Pendidikan Karakter Menjadikan Manusia Berkarakter Unggul. Yogyakarta: UII Press

Kadar M. Yusuf. 2016. Studi al-Qur’ân. Jakarta: Amzah

Kadar M. Yusuf. 2015. Tafsîr Ayat Ahkâm. Jakarta: Amzah

Mohamad Mustari. 2014. Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Moeloeng Lexy J. 2004. Metodologi Pendidikan Kualitatif. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya

Muhammad Abdul Qadir Ahmad. 2008. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Renika Cipta

M. Quraish Shihab. 2007. Tafsîr al-Misbâh. Jakarta: Lentera Hati

Nasin Elkabumaini, Rahmat Ruhyana. 2016. Panduan Implementasi Pendidikan Budi Pekerti untuk SD, SMP, dan SMA. Bandung: Yrama Widya

Nurdin. 2012. Pengembangan Metodologi Penafsiran al-Qur’ân. Banda Aceh: PeNa

Nursapia Harahap “Penelitian Kepustakaan” Jurnal Iqra’ vol. 08 No. 01, Mei 2014

Novan Ardy Wiyani. 2016. Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran PAI SMA Berbasis Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Oemar Hamalik. 2014. Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter

Poerwadarminta, W.J.S. 2010. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Ramayulis, Samsul Nizar. 2009. Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia

Retno Listyarti. 2012. Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif & Kreatif. Jakarta: Esensi

Ridwan Abdullah Sani, Muhammad Kadri. 2016. Pendidikan Karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami. Jakarta: Bumi Aksara

Sayyid Quthb. 2008. Tafsîr Fî Zîlalil al-Qur’ân. Rabbani Press

Siti Musdah Mulia. 2013. Karakter Manusia Indonesia. Bandung: Nuansa Cendekia

Sri Minarti. 2013. Ilmu Pendidikan Islam Fakta Teoretis-Filosofis dan Aplikatif-Normatif. Jakarta: Amzah

Sutarjo Adisusilo. 2013. Pembelajaran Nilai – Karakter Konstruktivisme dan VCT sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajawali Pers

Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Jakarta: Bumi Aksara

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandug: Alfabeta

Syaiful Sagala. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Syaikh Manna’ Al-Qaththan. 2006. Mabâhis fî ‘Ulûmil al-Qur’an, yang diterjemahkan oleh Aunur Rafiq El-Mazni, Pengantar Studi Ilmu al-Qr’ân. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar

Thomas Lickona. 2012. Character Matters (Persoalan Karakter) Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian yang Baik, Integritas, dan Kebajikan Penting Lainnya diterjemahkan dari terjemahan Inggris oleh Juma Abdu Wamaungo dan Jean Antunes Rudolf Zein. Jakarta: Bumi Aksara

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Zainal Aqib, Ahmad Amrullah. 2017. Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Gava Media

Zakiah Daradjat. 2014. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara

Zubaedi. 2013. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana

Zubaedi. 2017. Strategi Taktis Pendidikan Karakter untuk PAUD dan Sekolah. Depok: Rajawali Pers

http://educationforalls.blogspot.co.id/2013/05/pendidikan- karakter- dalam - perspektif. html, diunduh pada tanggal 21/06/2017. Eduaction, Vol. 4, No.2, hlm. 56, 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i1.8169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.