Analisis Penerapan Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Sipayung, Riana Kristiani, and Dara Fitrah Dwi. "Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Tema 4 Kelas IV SD." ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin 2.3 (2024): 239-247
Riyadi, Riyadi, et al. "Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas IV SDICT Al Abidin Surakarta." Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series. Vol. 7. No. 4.
Irawan, Rizka Sofia, Mukhtar Haris, and Ermia Hidayanti. "Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Media Komik Terhadap Keterampilan Proses Sains Kimia Materi Laju Reaksi pada Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Lembar." Chemistry Education Practice 7.2 (2024): 388-394.
Bariyah, Iip Lutpi Nurul, and Muhamad Kurnia Sugandi. "Project based learning untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada konsep ekosistem." Prosiding Seminar Nasional Pendidikan. Vol. 4. 2022.
Baho, Aloysius Gonzaga, Desi Maria El Puang, and Frederiksen Novenrius Sini Timba. "Pengaruh Penerapan Model Project Bassed Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Iv Sdk Wairpelit." Journal Nagalalang Primary Education 3.1 (2021).
Rahayu, Rina, and Riva Ismawati. "Efektifitas online project based learning berbasis ethnosains pada pembelajaran IPA terhadap keterampilan proses sains mahasiswa selama pandemi." Jurnal Pendidikan MIPA 12.4 (2022): 1065-1071.
Elisa, Devi, and Novianti Sisilia. "Analisis Pembelajaran Online Project Based Learning Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa." E-Jurnal Pendidikan Mutiara 6.2 (2021): 24-31.
Restiana, Resna, Yunus Abidin, and Isah Cahyani. "Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbasis Stem Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Pada Pembelajaran IPA." Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 9.1 (2024): 3451-3465.
Sipayung, Riana Kristiani, and Dara Fitrah Dwi. "Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Proses Sains Tema 4 Kelas IV SD." ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin 2.3 (2024): 239-247.
Maulindah, Laila. Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Muatan Ipa Di Kelas V Sdn 182/I Hutan Lindung. Diss. Universitas Jambi, 2024.
CHAERUNNISA, TIARA PUTRI. Pengaruh Model Project Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Pada Materi Perubahan Lingkungan. Diss. Universitas Negeri Jakarta, 2024.
Muhapilah, Selpi, Abdur Rasyid, and M. Kurnia Sugandi. "Implementasi Model Project Based Learning Berbasis Kunjungan Industri pada Konsep Bioteknologi untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa." Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia 3.2 (2024): 36-44.
Halimah Junari dan Andi. 2023. “Pengembangan Kurikulum Melalui Analisis Budaya Sekolah dalam Mendukung Penguatan Karakter Religius dan Nasionalis di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Hardani. Dkk. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.” Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.
Hayah Gusti Maya Viranti Nur. 2008. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Madrasah.” Skripsi S1. UIN Sunan Kalijaga.
Jabbar Abdul. 2009. “Peran Budaya Organisasi Dalam Peningkatan Kinerja Organisasi di Sekolah Menengah Pertama Ulul Albab Sepanjang Sidoarjo.” Jurnal Pendidikan. Surabaya: Perpustakaan IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Karimullah. 2011. “Hadits Sebagai Landasan Pembentukan Tradisi Islam.” Jurnal Alihkam.
Kementrian Agama RI. 2012. “Al-Qur’an dan Terjemah New Cordova.” Bandung: PT. Sygma Examedia Arkanleema
Khoiriyah Istiqomatul. 2022. “Implementasi Nilai-Nilai Budaya Sekolah Islami Di Madrasah Aliyah (MAN) MA’RIF 06 PASIR Sakti Lampung Timur.” Skripsi S1. UIN Raden Intan Lampung.
Koentjaraningrat. 2009. “Pengantar Ilmu Antropologi.” Jakarta: Rineka Cipta.
Komariah Aan dan Tim Dosen Adpen UPI. 2008. “Manajemen Pendidikan.” Bandung: Alfabeta.
Kriyantono Rahmat. 2006. Riset Komunikasi Jakarta: kencana
Luthan Fred. 1995. “Organizational Behavior.” Singapore: McGraw-Hill.
Mirnawati. 2020. “Strategi Pengembangan Budaya Sekolah Islami Di SMP Islam Al- Syukro.” Skripsi S1. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Muhaimin. 2009. “Rekonstruksi Pendidikan Islam.” Jakarta: Raja Grafindo.
Muspiroh Novianti. 2018. Peran Kepala Sekolah dalam Menciptakan Budaya Religius Siswa Studi Kasus di Sekolah Dasar Negeri Grenjeng Kota Cirebon. Novianti Muspiroh Vol. 2 No. 2 ISSN 2549-0877
Nizamuddin. 2020. Penelitian Berbasis Tesis dan Skripsi. Pantera Publishing
Nur Hayah Gusti Maya Viranti. 2008. Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Budaya Madrasah. Skripsi S1 UIN Sunan Kalijaga.
Nurbuko Cholid dan Achmadi Abu. 2007. “Metodologi Penelitian”. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Nurjanah Siti. 2021. Pengaruh Budaya Religius terhadap Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Kelas Atas MI Nurul Huda Margorejo. Jurnal pendidikan Vol 6 (2). UIN Sunan Kalijaga.
Pamungkas Muhammad Imam. 2017. Penanaman Nilai-nilai Islam Dalam Kegiatan Sebelum Belajar di SMP PGII 1 Bandung.. Ta’dib Jurnal Pendidikan Islam. Vol 6. No 1. Unisba.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 55 Tahun 2007 tentang Pendidikan Berbasis Agama.
Rr. Nanik Setyowati dan Pipit Uliana. 2013. “Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kultur Sekolah pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Gedangan Sidoarjo”. Kajian Moral dan Kewarganegaraan. No 1 Vol. 1
Sadiah Dewi. 2015. “Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.” Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sahir Syarida Hafni. 2021. Metodelogi Penelitian.. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia.
Salam Azwir. 2023. “Pengembangan Model Pendidikan Karakter Bangsa Berparadigma Islami di Sekolah Menengah Atas Muhammadiyah Bangkinang.” Journal on Education. UIN Sultan Syarif Kasim.
Siti Sarah dan Maryono. 2014. “Pengembangan Perangkat Pembelajaraan Berbasis Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Living Values Peserta Didik SMA Di Kabupaten Wonosobo”. Jurnal Teknologi. Techiscienta. 6 (2)
Subagyo P. Joko. 2004. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Supriyanto. 2018. Strategi Menciptakan Budaya Religius di Sekolah. Jurnal Tawadhu. Vol. 2. No. 1.
Suryabrata Sumandi. 2010. Metodologi Penelitian (Jakarta:PT.Raja Grafindo Persada
Surya Moh. 1995. “Nilai-Nilai Kehidupan.” Kuningan: PGRI PD II Kuningan.
Tim Penyusun Kamus Besar Bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Undang-Undang SISDIKNAS (UU RI No. 20 Th. 2003). 2011. Jakarta: Sinar Grafika. Cet. Ke IV.
Wahab Abdul. 2008. “Anatomi Organisasi & Kepemimpinan Pendidikan (Telaah Terhadap Organisasi & Pengelolaan Organisasi Pendidikan).” Bandung: Alfabeta.
Zubaedi. 2009.”Pendidikan Berbasis Masyarakat” (Cet. Ke-5). Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v6i1.37914
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:

Journal Of Education and Teaching is Published by Faculty of Tarbiyah and Teaching Sultan Syarif Kasim Riau State Islamic University
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: jete@uin-suska.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.