Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Benda Cair Melalui Eksperimen Air Berjalan di SD 035 Tarai Bangun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep sifat benda cair pada siswa kelas IV SDN 035 Tarai Bangun. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pendekatan eksperimen sederhana Air Berjalan untuk memperkuat konsep ilmiah seperti aliran, bentuk, dan volume benda cair. Data dilakukan melalui pre-test, post-test, observasi, dan dokumentasi. Model penerapan PBL memberikan pengalaman belajar aktif, kolaboratif, dan kontekstual yang mendorong keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, model PBL merupakan pendekatan yang tepat dalam mengajarkan konsep IPA yang bersifat abstrak, khususnya pada materi sifat benda cair di tingkat sekolah dasar.
Kata Kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah , sifat benda cair, eksperimen udara berjalan, pemahaman konsep, IPA sekolah dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Chan, F. (2017). Implementasi Guru Menggunakan Metode Permainan Pada Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(1), 106–123. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i1.6821
Fiantika, T. (2023). engembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Eksperimen pada Pembelajaran Ipa Siswa Kelas V SD Negeri 060971 Medan Tuntungan.
Habibah, I. M. (2024). IMPLEMENTASI METODE INKUIRI PADA MATERI PEMAHAMAN KONSEP SIFAT-SIFAT BENDA DI KELAS IV MIS NU AL-UTSMANI GEJLIG KABUPATEN PEKALONGAN.
Hawa, S., Ramadhan, A., & Ratman Mahasiswa Program Guru Dalam Jabatan, dan. (2017). Meningkatkan Pemahaman Konsep Sifat-Sifat Benda Cair Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Sains Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Sienjo. In Jurnal Kreatif Tadulako Online (Vol. 5, Issue 2).
Hotimah, H. (2020). Penerapan metode pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan kemampuan bercerita pada siswa sekolah dasar. Jurnal Edukasi, 7(2), 5.
Kristianto, A. (2022). Workshop Penguatan Kompetensi Guru 2022 SHEs: Conference Series 5 (6) (2022) 631-634 Improving Efforts Learning Achievement In Science Subjects Through Demonstration Method Concerning The Properties Of Solid, Liquid And Gas Objects In Class IV. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Panas, M. A., Maluluang, S., Alam, K., Duo, P., Solok, K., Tania, S., Putri, D., Putra, A., Fisika Bumi, L., & Fisika, J. (2017). Analisis Pengaruh Temperatur Pemanasan Terhadap Sifat Fisis Sinter Silika dan Tipe Fluida (Air) pada. Jurnal Fisika Unand, 6(1).
Pratama, I. P. A., Tegeh, I. M., & Sukma, G. A. P. (2022). Animapoin (Animasi Powerpoint) Media Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPA Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 5(2), 218–228. https://doi.org/10.23887/jippg.v5i2.49917
Sakila, R., faridah Lubis, N., Asriani, D., Pendidikan Kimia, P., Pendidikan Tapanuli Selatan, I., & Pendidikan Fisika, P. (2023). PENTINGNYA PERANAN IPA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/adam
Suhandi, A., & Patonah, P. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Observasi dan Metode Diskusi pada Sifat-Sifat Benda Cair Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(2), 201–214. https://doi.org/10.22437/gentala.v1i2.7113
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v4i1.37219
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.