Problematika Pembelajaran Fiqih Materi Mawaris Pada Peserta Didik Kelas XII di MA Islamiyah Ciputat

Eriska Razilhija

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui triangulasi data dengan analisis data yang dilakukan pada penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Problematika yang terdapat dalam pembelajaran Fiqih materi Mawaris serta untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya problematika dalam pembelajaran Fiqih Mawaris pada peserta didik Kelas XII di MA Islamiyah Ciputat. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa problematika pembelajaran Fiqih Mawaris pada peserta didik Kelas XII di MA Islamiyah Ciputat memiliki macam-macam problematika yang terkait dengan peserta didik kelas XII, guru dengan metode mengajar, serta guru dengan materi pembelajaran baik berupa penguasaan, pengembangan, serta evaluasi . Selain itu, terdapat faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya problematika terkait guru dengan pengalaman mengajar, kemampuan mengalokasikan waktu, penerapan strategi pembelajaran dan media pembelajaran. Lalu, terkait peserta didik dengan kemampuan perhatian dan konsentrasi serta minat dan motivasi yang terdapat pada masing-masing peserta didik. Selanjutnya, pengaruh lingkungan belajar.

Full Text:

PDF

References


Damin, Sudarman. (2004). Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Hasanudin. (2020). Fiqh Mawaris: Problematika dan Solusi. Jakarta: Kencana.

Magdalena, Ina dkk. 2020. Evaluasi Belajar Peserta Didik. Pandawa: Jurnal Pendidikan dan Dakwah. 2 (1).

Rofiq, Ahmad. (2005). Fiqh Mawaris. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Tangge, Lilies & Alfira Ferlin. (2018). Pengaruh Pengalaman Mengajar dna Motivasi Kerja Terhadap Guru Biologi Tersertifikasi di SMA Negeri Se-Kota Palu. Pengaruh Proceeding Biology Education Conference, 15 (1).

Wahyuningtyas, R & Sulasmono. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1).

Warni, T.S. (2016). Strategi Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft

Skill. Yogyakarta: Deepublish.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v6i1.28531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.