KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPS SMP DI ABAD 21

Ainun Wava

Abstract


Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menghadirkan sebuah konsep kurikulum yang diharapkan mampu menghasilkan SDM yang berkualitas yaitu Kurikulum Merdeka. Pembelajaran IPS adalah salah satu mata pelajaran di Sekolah Menengah Pertama, IPS merupakan mata pelajaran dengan mengintegrasi cabang cabang ilmu sosial dan humaniora seperti sosiologi, ekonomi, geografi, budaya, hukum, politik dan sejarah. Adanya perubahan kurikulum merdeka ini diharapkan dimensi keterampilan berpikir siswa lebih digali dengan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan cara mempelajari dan memahami berbgaai teori dari berbagai literaur yang berkaitan dengan penelitian dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun hasil yang diperoleh adalah Kosep kurikulum merdeka ini juga sesuai dengan model pembelajaran abad 21 yang berpusat pada peserta didik (student center) dan mengintegrasikan teknologi pada pembelajaran. Pembelajaran IPS di SMP dengan menggunakan kurikulum merdeka yang berorientasi pada pembelajaran abad 21 dapat meningkatkan karakteristik peserta didik yang diperlukan dalam perkembangan abad 21.


Keywords


Pembelajaran Abad 21, Kurikulum Merdeka, IPS

Full Text:

PDF

References


Dinni, H. N. (2018, February). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 170-176). Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Tersedia di https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024. Tersedia di https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/2589

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 101-109. Tersedia di https://www.jpdk.org/index.php/jpdk/article/view/83

Nurohmah, A. N., Kartini, D., & Rustini, T. (2023). Relevansi Kebijakan Kurikulum Merdeka Dengan Pendidikan Abad 21 Pada Pembelajaran IPS di SD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(3), 24-35. Tersedia di https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/3706

Nurwiatin, N. (2022). Pengaruh pengembangan kurikulum merdeka belajar dan kesiapan kepala sekolah terhadap penyesuaian pembelajaran di sekolah. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 472-487. Tersedia di https://journalstkippgrisitubondo.ac.id/index.php/EDUSAINTEK/article/view/537

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104. Tesedia di https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2082/pdf

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319. Tersedia di https://www.neliti.com/publications/452109/implementasi-kurikulum-merdeka-belajar-di-sekolah-penggerak

Rosnaeni, R. (2021). Karakteristik dan asesmen pembelajaran abad 21. Jurnal Basicedu, 5(5), 4334-4339. Tersedia di https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1548/pdf

Rozak, A. (2021). Kebijakan Pendidikan Di Indonesia. Alim| Journal of Islamic Education, 3(2), 197-208.

Sulistyosari, Y., Karwur, H. M., & Sultan, H. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Belajar. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 66-75. Tersedia di https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/harmony/article/view/62114

Syahputra, E. (2018, December). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Humaniora dan Pendidikan (QSinastekmapan) (Vol. 1). Tersedia di https://www.researchgate.net/profile/Edi-Syahputra/publication/331638425_PEMBELAJARAN_ABAD_21_DAN_PENERAPANNYA_DI_INDONESIA/links/5c847e51458515831f96f565/PEMBELAJARAN-ABAD-21-DAN-PENERAPANNYA-DI-INDONESIA.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v6i1.27783

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.