PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN CREATIVE THINKING DALAM PEMECAHAN MASALAH SISWA SMAN 15 PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok dengan teknik brainstorming terhadap peningkatan creative thinking dalam pemecahan masalah siswa SMAN 15 Pekanbaru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs dengan bentuk design One Group Pretest-Postest Design. Dalam pemilihan subjek yang akan diberikan perlakukan penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Didapatkan 7 sampel dari total keseluruhan kelas XI SMAN 15 Pekanbaru yang terindikasi creative thingking rendah. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran pretest dan postest yang selanjutnya dianalisis menggunakan uji spearman rank dan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan uji wilcoxon terdapat perbedaan tingkat creative thinking dalam pemecahan masalah siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik brainstorming, hal ini dilihat dari nilai Asymp. Sig. (2-tailed) = 0,018 < 0,05 yang bermakna bahwa hipotesis diterima . Kemudian berdasarkan uji spearman rank dengan mengkuadratkan koeefesien korelasi didapatkan pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik brainstorming terhadap peningkatan creative thinking dalam pemecahan masalah siswa adalah sebesar 63%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al - Khatib, B. A. (2012). The Effect of Using Brainstorming Strategy in Developing Creative Problem Solving Skills among Female Students in Princess Alia University College. American International Journal of Contemporary Research , 2(10).
Amtiningsih, S., Dwiastuti, S., & Sari, D. P. (2016). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif melalui penerapan guided inquiry dipadu brainstorming pada materi pencemaran air. Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 13(1), 868–872.
Arif, M., Alimuddin Mahmud, & Ahmad Yasser Mansyur. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Brainstorming Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa.Munandar, U. (2016). Pengembangan Kraetivitas Anak Berbakat. Penerbit Rineka Cipta.
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan. PT Remaja Rosdakarya.
Florida, R., Mellander, C., & Stolarick, K. (2015). Creativity and Prosperity: The Global Creativity Index.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Pasal 1. Diakses pada tanggal 28 Juni 2023. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/Permendikbud%20Nomor%20111%20Tahun%202014.pdf
Rindiantika, Y. (2021). Pentingnya pengembangan kreativitas dalam keberhasilan pembelajaran: kajian teoretik. INTELEGENSIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 53–63.
Riyadi, I., Dahliani, L., Hidayani, L., Rudini, R., & Naim, M. A. (2022). Penerapan Konseling Kelompok Berbantuan Mind mapping untuk Meningkatkan Kreatifitas dan Hasil Belajar. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(2), 409–414.
Roestiyah. (2008). Startegi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.
Sartiah, L. (2017). Bimbingan dan Konseling Kelompok (Seting Masyarakat). Fokusmedia
Susianti, L., & Anwar, M. (2020). Strategi Brainstorming Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(4), 11–19Sugiyono. (2018). Statistik Nonparametris untuk Penelitian. Alfabeta.
Yusuf, S., & Sugandhi, N. M. (2018). Perkembangan Peserta Didik. PT Rajagrafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v5i1.27472
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.