ANALISIS TINGKAT KESULITAN BELAJAR PJOK PADA SISWA KELAS VIII MTs THAMRIN YAHYA
Abstract
Rumusan Masalah dalam Penelitian ini Seberapa besar tingkat kesulitan siswa kelas VIII dalam mempelajari mata pelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII MTs Thamrin Yahya dalam mempelajari pelajaran PJOK. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 120 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin menjadi 92 Sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif Kuantitatif dengan menggunakan kuesioner atau angket tentang kesulitan belajar PJOK yang sudah di uji validitas dan reliabililitasnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa tingkat kesulitan siswa kelas VIII dalam mengikuti pelajaran PJOK diperoleh 5 orang (5%) berada dikategori sangat tinggi sekali, 6 orang (7%) berada dikategori sangat tinggi, 8 orang (9%) berada dikategori tinggi, 21 orang (23%) berada dikategori sedang, 28 orang (30%) berada dikategori rendah, 17 orang (18%) berada dikategori sangat rendah, 7 orang (8%) berada dikategori sangat rendah sekali. Berdasarkan dari hasil data analisis tingkat kesulitan belajar PJOK pada siswa kelas VIII MTs Thamrin Yahya dapat diambil kesimpulan, bahwasanya tingkat kesulitan siswa kelas VIII MTs Thamrin Yahya berada pada kategori “Rendah” dengan persentase 30%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alnursa, D. S., Lukman, S., & Abdullah, I. (2022). Pengaruh Sistem Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi STKIP Kie Raha Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(1), 234-241.
Aluwis, A., & Putra, R. (2022). Relevansi Empati Dengan Kepuasan Mahasiswa Dalam Mendapatkan Pelayanan Akademis. Journal of Education and Teaching.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran.
Anggun, P. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas V SDN 5 Merak Batin Natar Lampung Selatan (Doctoral dissertation, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan).
Anwar, K. (2019). Profil Kondisi Fisik Atlet Porprov Futsal Kabupaten Bangkalan Tahun 2019. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga).
Aziez, A. F. (2019). Kesesuaian Berbagai Varietas Padi Sawah pada Budidayaorganik. Jurnal Ilmiah Agrineca, 19(2), 36-46.
Destriana, D., Destriani, D., & Yusfi, H. (2018). Pengembangan Teknik Pembelajaran Pasing Bawah Permainan Bola Voli SMP Kelas VII. Sebatik.
Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Irawan, W. C., Rusmiati, P., & Chan, A. A. S. (2021). Survei Sarana Dan Prasarana Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III.
Nurrohimah, I., & Fatimah, I. S. (2022). Persepsi dan Preferensi Masyarakat terhadap Tingkat Kenyamanan Taman Merdeka Metro sebagai Ruang Interaksi Sosial di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Lanskap Indonesia, 14(1), 8-15.
Pelawi, G. Y. (2020). Makalah Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Kesehatan Olahraga.
Pribadi, V. C., & Apriyanto, M. T. (2022). Analisis hambatan belajar siswa MTs Attahiriyah pada materi statistika dari sudut pandang cara mengajar selama pembelajaran online. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika.
Rahmah, N., Safruddin, S., & Saputra, H. H. (2022). Analisis Kesulitan Guru Pada Pembelajaran PJOK Via Daring di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v4i2.25052
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.