Analisis Kesulitan Peserta Didik dalam Menirukan Gerak Dasar Tari

Winda Komala Sari

Abstract


Pada pembelajaran gerak dasar tari tidak luput dari masalah  belajar. Masalah belajar adalah kondisi dimana terdapat kendala dalam pembelajaran tersebut, yakni adanya kesulitan yang dialami ataupun hambatan dalam proses pembelajran.

Mengajarkan gerak dasar tari disekolah dasar mempunyai banyak kendala baik yang berasal dari pendidik ataupun dari peserta didiknya. Kesulitan peserta didik menirukan gerak dasar tari menjadi kesulitan paling utama dalam mengajarkan seni tari di sekolah dasar.  Banyak sekali factor yang mempengaruhi peserta didik untuk menirukan grak dasar tari, mulai dari factor internal dan eksternal

Keywords


kesulitan belajar, gerak dasar, solusi, tari

Full Text:

PDF

References


Aradhillah, N. (2018). Pemnelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar.. DIALEKTIKA: Jurnal Penelitian dan Pemilikiran Pendidikan Dasar, 8 (2), 147-161.

Erma, Yulinda. (2010). Kesulitan Belajar. Magista 22 (73), 33.

Hidayat, Robby. (2005). Emnerobos Pembelajaran tari Pendidikan. Malang : Banjar Seni Gantar gumelar.

Iriani, Z. (2020). Peningkatan Mutu Pembelajran Seni Tari di Sekolah Dasar. Komposisi : Junal Pendiidkan Bahasa, Sastra, dan Seni, 9 (2), 143-148.

Jumaris, Martini . (2014). Kesulitan Belajar. Ghalia Indonesia : Bogor

Kartiak, R., Ika, C. (2017). Pembelajaran Koreografi Anak Melalui Gerak Dasar Tari Malangan bagi Guru Sekolah dasar di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat LPPM Universitas PGRI Madiun, 102-105.

Kaumama, D. (2022). Pengenalan Gerak Dasar Tari Sunda di Sekolah Dasar. PADADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 9 (3) 495-506

Kumara, J. (2022). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Gerak Dasar tari kejei Bagi Anak Usia Sekolah Dasar. AR-RIYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 6 (1), 115-124

Leni Lestari. (2020). Usaha Guru mengatasi Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran Seni Budaya Tari di SMAN 1 Kampar Timur Kecamatan Kampa. Universitas Islam Riau: pekanbaru

Lestriana, Fifi. (2020). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Seni Tari di Kelas x SMAN 1 Mandau Jabupaten Bengkalis. Riau : Universitar Islam Riau

Murtino, Sri. (2016). Seni Budaya. Yudhistira: Jakarta

Nurinta, Irma. (2018). Faktor- factor Kesulitan Srimpi Irim-irim pada Mata Kuliah Tari Kelasik Yogyakarta. Pendidikan Seni Tari-S1 7 (1)

Sestiwati, R. (2008). Seni Tari untuk SMK jilid 2. Dapartemen Pendiidkan Nasional: Jakarta

Suwaji. (2012). Jural Sni Tari. Joged Jurnal Seni Tari, 3 (1), 36-48

Yuningsih,R. (2015). Peningkatan Kescerdasan Kinestetik melalui Pembelajaran gerak Dasar Tari Minang. Jurnal Pendidikan Usia Dini , 9(2), 233-250




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v4i1.23029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.