PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING TERHADAP PENINGKATAN SELF ESTEEM KORBAN BODY SHAMING

Tri Sausan Pradita, Tri Umari, Raja Arlizon

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring terhadap peningkatan self esteem korban body shaming di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Rancangan yang digunakan adalah one group pre-test and post-test design  pada populasi korban body shaming yang berjumlah 56 siswa dengan subjek 7 siswa korban body shaming yang memiliki self esteem rendah yang disaring menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket self esteem korban body shaming yang telah di uji validitas butir diatas 0,339 dan uji reliabelitas Alpha Cronbach sebesar 0,897. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik uji statistik deskriptif, uji wilcoxon dan uji rank spearman. Hasil analisis data menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik cognitive restructuring berpengaruh terhadap peningkatan self esteem korban body shaming sebesar 60%.


Keywords


Cognitive Restructuring, Body Shaming, Self Esteem

Full Text:

PDF

References


Angelina, P., Christanti, F. D., & Mulya, H. C. (2021). ”Gambaran Self Esteem Remaja Perempuan yang Merasa Imperfect Akibat Body Shaming”. Experientia: Jurnal Psikologi Indonesia 9, no. 2: 94- 103.

Azis,A.P.A.,&Khusumadewi, A. (2020). “Pengembangan Aplikasi Let’s End Body Shaming Untuk Meningkatkan Self Confidence”. Jurnal BK UNESA 11, no. 3: 356-363.

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Faith, D. B. I. M. (2016). ”Keefektivan Konseling Kelompok Teknik Spirituality Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Self Esteem Siswa.”. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 117.

Fatmawati, F., Afrizawati, A., Miftahuddin, M., Suhaimi, S., Zatrahadi, M. F., Darmawati, D., & Nurjanah, A. S. (2021). ”Hubungan Body Shaming Terhadap Keadaan Self Confidence Remaja”. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 4, no.1: 13-17.

Fauzia, T.F. and Rahmiaji, L.R. (2019). “Memahami Pengalaman Body Shaming pada remaja perempuan”. Interaksi Online 7, no.3: 238-248.

Gilbert Paul & Jeremy Miles. (2002). Body and Shame. Canada :Brunner-Routledge.

Habsy, B. A. (2017). “Model konseling kelompok cognitive behavior untuk meningkatkan self esteem siswa SMK”. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 21-35.

Islamiah, N., Daengsari, D. P., & Hartiani, F. (2015). Cognitive behavior therapy untuk meningkatkan self-esteem pada anak usia sekolah”. Jurnal ilmu keluarga & konsumen, 8(3), 142-152.

Nasution, N. B., & Simanjuntak, E. (2020). ”Pengaruh Body Shaming terhadap Self-Esteem siswa SMP”. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 5, no.7: 962-968.

Prayitno. (2018). Konseling Profesional yang Berhasil. Depok : Rajawali Pers.

Rahayu, E. P., & Tandyonomanu, D. (2019). “Dampak Penerimaan Pesan Body Shaming Terhadap Self Confidence Remaja Perempuan di Media Sosial Instagram”. Commercium 2, no.1: 78-82.

Rahman, Agus Abdul. (2018). Psikologi Sosial. Depok : Rajawali Pers.

Rahmawati, N., & Zuhdi, M. S. (2022). ”Pengaruh Body Shaming Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa Di Universitas Ali Sayyid Rahmatullah Tulungagung”.Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling 5, no.1: 27-33.

Rizaty, Monavia Ayu. (2021). “Tubuh Terlalu Berisi Alasan Utama Perempuan di Indonesia TerkenaBodyShaming”,https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/14/tubuhterlalu-berisi-alasan-utama-perempuan-indonesia-terkena-body-shaming, diakses pada 9 Juni 2022 pukul 10.45.

Saam, Zulfan dan Sri Wahyuni. (2017). Psikologi Keperawatan. Depok : Rajawali Pers.

Sari, T. I., & Rosyidah, R. (2020). “Pengaruh Body Shaming terhadap Kecenderungan Anorexia Nervosa pada Remaja Perempuan di Surabaya”. Personifikasi: Jurnal Ilmu Psikologi 11, no.2: 202-217.

Sartika, R., & Hadiwinarto, H. (2020). ”Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Kepercayaan Diri Siswa yang Mengalami Body Shaming SMA Negeri 4 Kota Bengkulu”. Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling 3, no.3: 236-243.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R & D dan penelitian tindakan). Bandung: Alfabeta.

Sudijono, Anas. (2008). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sukamti, N., & Wardana, M. K. (2020). “The Relationship between Body Shaming Treatment and Body Image in Adolescents in Depok”. Jurnal Ilmiah Keperawatan Orthopedi 4, no.2: 70-76.

Susanto, Ahmad. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Konsep, Teori dan Aplikasinya. Jakarta : Prenadamedia Group.

Syafaruddin, Ahmad Syarqawi, Dina Nadira Amelia Siahaan. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Telaah Konsep, Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v3i2.20409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.