STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MAN 2 KAMPAR
Abstract
Strategi kepala madrasah merupakan salah satu usaha untuk meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran, Judul penelitian adalah Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru pada MAN 2 Kampar. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, dan pengawas. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan kemampuan guru melalui pembinaan kemampuan guru dalam proses pembelajaran, 2) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan disiplin guru yaitu : a) Menegakkan kedisiplinan guru, b) Meningkatkan standar prilaku guru, c) Melaksanakan semua peraturan, 3) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan motivasi guru yaitu menciptakan situasi yang harmonis, memenuhi semua perlengkapan yang diperlukan serta memberikan penghargaan dan hukuman, 4) Strategi kepala madrasah dalam meningkatkan komitmen guru adalah: mengadakan pelatihan, mendatangkan tutor ke madrasah dan memberikan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan, menempatkan guru sesuai dengan bidangnya, dan mengadakan rapat setiap awal semester. 5) Hambatan yang dihadapi kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru adalah: a) kurang tegas dalam menerapkan kebijakan b) guru kurang motivasi dan domisili guru yang jauh. c) fasilitas madrasah yang belum memadai, d) rendahnya partisipasi warga lingkungan madrasah.
Kata Kunci: Strategi Kepala Madrasah Dan Kinerja Guru
ABSTRACT
The principal's strategy is one of the efforts to improve teacher performance in the learning process. The title of the research is the principal's strategy in improving teacher performance. The purpose of the study was to determine the principal's strategy in improving teacher performance at MAN 2 Kampar. The research method uses a descriptive method with a qualitative approach. Data collection techniques by means of observation, interviews, and documentation studies. The research subjects were principals, vice principals, teachers, and supervisors. The results showed: 1) Principal strategies in improving teacher abilities through fostering teacher abilities in the learning process, 2) Principal strategies in improving teacher discipline, namely: a) Enforcing teacher discipline, b) Improving teacher behavior standards, c) Implementing all regulations , 3) The principal's strategy in increasing teacher motivation is to create a harmonious situation, fulfill all the necessary equipment and provide rewards and punishments, 4) The principal's strategy in increasing teacher commitment is: conducting training, bringing tutors to school and providing opportunities to continue education, placing teachers in accordance with their fields, and holding meetings at the beginning of each semester. 5) Obstacles faced by principals in improving teacher performance are: a) lack of firmness in implementing policies b) lack of motivation of teachers and teachers' domicile far away. c) inadequate school facilities, d) low participation of school community members.
Keywords: Principal Strategy: Teacher Performance
Full Text:
PDFReferences
Akdon, (2007), Strategic Management, for Educational Management (Manajemen Strategik untuk Manajemen
Azhar, S. (2016). Kepemimpinan Kepala Sekolah Efektif (Perspektif Pendidikan Islam). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 127–140.
Danim, Sudarwan, (2009), Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepala madrasahan, Jakarta: Rineka Cipta
Danim, Sudarwan (2006) Visi Baru Manajemen Madrasah, Jakarta : Bumi Aksara
Hasibuan, Melayu (2000), manajemen sumber daya manusia, Jakarta: PT Bumu Aksara
Kamus Besar Bahasa Indonesia, (2001), Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Republik Indonesia, Jakarta.
Mulyasa, E, (2012), Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Madrasah, Jakarta: Bumi Aksara
Mulyasa, E,2005). Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakrya
Peraturan Menteri No. 13 Th 2007 Pendidikan Nasional, (2007), Tentang Standar Kepala Madrasah/Madrasah, Jakarta
Purwanti, S. (2016). Peranan kepala madrasah terhadap kinerja guru. AL- IDARAH: Jurnal Kependidikan Islam, 6 (1).
Supriadi, (1999), Mengangkat Citra dann Martabat Guru, Jakarta: Adi Cita Karya Nusa
Undang-Undang Republik Indonesia , No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Undang-Undang Republik Indonesia, No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Usman, H. (2014). Peranan dan fungsi Kepala Sekolah/Madrasah. Jurnal PTK DIKMEN VOL.3 NO. 1.
Usman, Nasir, (2012) Manajemen Peningkatan Mutu Kinerja Guru, konsep, teori dan model, Bandung: Citapustaka media perintis
Wahjosumidjo, (2007), Kepemimpinan Kepala Madrasah, Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta : Raja Grafindo Persada
Wahyudi, (2009), Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Organisasi Pembelajar, Bandung: Alfabeta
Wibowo, A., & Subhan, AZ. (2020). Strategi Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Islamic Educational Management, Vol. 3, No. 2.
Yacob, Muslem, (2012), Strategi Kepala Madrasah dalam meningkatkan disiplin kerja karyawan perpustakaan pada SMA Negeri Banda Aceh, Tesis Program Administrasi Pendidikan, Pascasarjana UNSYIAH, Banda Aceh
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v3i2.19886
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.