RELEVANSI EMPATI DENGAN KEPUASAN MAHASISWA DALAM MENDAPATKAN PELAYANAN AKADEMIS

Aluwis Aluwis, Riwaldi Putra

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mengetahui Relevansi Empati Dengan Kepuasan Mahasiswa Dalam Mendapatkan Pelayanan Akademis. Metode penelitian ini adalah survey dengan pendekatan kuantitatif melalui analisis korelasi. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan rumus slovin dari jumlah populasi 644 dan di dapatkan sampel sebanyak 247 orang mahasiswa semester 5 dan 7 Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Riau. Kemudian menggunakan teknik proporsional Stratified Random Sampling untuk menentukan jumlah sampel setiap Program Studi. Untuk mendapatkan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Instrumen atau alat pengumpulan data berupa angket yang berisi sejumlah pernyataan-pernyataan yang harus dijawab oleh responden untuk mengetahui informasi tentang relevansi empati dengan kepuasan mahasiswa dalam mendapatkan pelayanan akademis. Kemudian data diolah dengan analisis korelasi product moment sehingga di ketahui hubungan positif antara empati dengan kepuasan mahasiswa sebesar 4.3%. oleh karena itu, relevansi empati dengan kepuasan mahasiswa dalam mendapatkan pelayanan akademis sangat signifikan, Ini berarti semakin baik empati pemberi layanan maka semakin tinggi pula tingkat kepuasan mahasiswa dalam mendapatkan pelayanan akademis.


Keywords


Kata-kata Kunci : Relevansi; Empati; Kepuasan; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Amad, R. (2021). Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavioral Therapy Dengan Teknik Bibliotherapy Untuk Meningkatkan Sikap Empati Peserta Didik MTs Negeri 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2020/2021 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Fauziah, N. (2014). Empati, persahabatan, dan kecerdasan adversitas pada mahasiswa yang sedang skripsi. Jurnal Psikologi Undip, 13(1), 78-92.

IKSAN, I. (2013). Kontribusi Kebijakan Pimpinan, Kompetensi Dosen, Dan Pelayanan Karyawan Terhadap Penjaminan Mutu Internal Dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah Bima-NTB (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Kau, M. A. (2010). Empati dan perilaku prososial pada anak. Jurnal Inovasi, 7(03).

Nugraha, D., Apriliya, S., & Veronicha, R. K. (2017). Kemampuan empati anak usia dini. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 30-39.

Rahmawati, R., Rukhyana, B., & Mugiyanti, M. (2021). Gangguan Kepribadian Psikopatik Tokoh Utama Dalam Film Kokuhaku. IDEA: Jurnal Studi Jepang, 3(2), 68-75.

Rasti, A., & Awal, N. (2022). Membangun Kepuasan Pelanggan Melalui Mutu, Pelayanan, Dan Nilai.

Siregar, N., Hasibuan, H., & Miransyah, I. A. (2021). Analisis Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pdam Tirtanadi Cabang Padang Bulan Medan. Jurnal AKMAMI (Akuntansi Manajemen Ekonomi), 2(3), 538-551.

Sulastri, T. (2016). Analisis kepuasan mahasiswa terhadap kinerja dosen. Optimal: Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 10(2), 167-184.

Taufik., 2012, Empati Pendekatan Psikologi Sosial, Rajawali Pers, Jakarta.

Widodo, W., & Basirun, B. (2019). PENGARUH ORGANIZATIONAL JUSTICE DAN WELFARE TERHADAP EMPATHY PADA PERAWAT DALAM PELAYANAN SYARIAH. Jurnal Keperawatan Karya Bhakti, 5(2), 25-38.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v3i2.18827

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.