HUBUNGAN POLA BERFIKIR SISWA KELAS 8 TERHADAP PRESTASI BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 3 KOTA SOLOK

wina roza fahira

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pola Berfikir Siswa Terhadap Prestasi belajar Siswa Kelas 8 di SMPN 3 Kota Solok. Metode yang digunakan yaitu Uji Lilifors Normalitas dan Uji Korelasi Product Moment. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling menggunakan Rumus Slovin. Dengan 32 orang yang di ambil sebagai sampel. Untuk variabel pola berfikir menggunakan angket yang di sebarkan pada siswa yang terpilih sebagai responden penelitian. Sedangkan variabel prestasi belajar didapat dari rekap nilai lapor siswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa adanya hubungan positif yang sangat kuat antara pola berfikir siswa dengan prestasi belajar siswa kelas 8 SMPN 3 Kota Solok.

Kata kunci : Pola Berfikir, Prestasi Belajar, IPS

ABSTRACT
This study aims to determine the relationship between student thinking patterns and student achievement in grade 8 at elementary school 3 Kota Solok. The method used is the Lilifors test normality and product moment correlation test. Sampling was done by random sampling technique using the Slovin formula. Of students 32 people were taken as samples. For the variable of thinking patterns using a questionnaire distributed to students who were selected as research respondents. While the learning achievement variable is obtained from the recap of the report scores of these students. The results of the analysis show that there is a very strong relationship between students' thinking patterns and student achievement in grade 8 SMPN 3 Kota Solok.

Keywords : Thinking Pattern, Learning Achievement, IPS


Keywords


Keywords : Thinking Pattern, Learning Achievement, IPS

Full Text:

PDF

References


Arifin, M., Dardiri, A., & Handayani, Nur, A. (2016). Studi Konseptual Pengukuran Kinerja Akademik Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Di Perguruan Tinggi. Seminar Nasional Pendidikan, 122–136.

Arifin, M., Dardiri, A., Handayani, A. N., Kejuruan, P., & Malang, P. N. (2016). MAHASISWA. 053, 1943–1951.

Asih, T. (2018). Perkembangan Tingkat Kognitif Peserta Didik di Kota Metro. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 2(1), 9–17.

Assmarqandi, P., & Hayati, L. (2021). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir logis matematis siswa pada materi program linier. 1, 163–175.

Fatahullah, M. M. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Ips Flora Siagian, R. E. (2015). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 122–131. https://doi.org/10.30998/formatif.v2i2.93

Gorontalo, U. N., Saintifik, M., Kritis, B., & Gorontalo, U. N. (2020). The Development Of Social Studies Learning Devices With Scientific Method To Improve Critical Thinking Of Elementary Pendahuluan Jurnal Ilmiah “ Pendidikan Dasar ” Vol . VII No . 1 Januari 2020. VII(1), 12–29.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Belajar Ipa Di Sekolah Dasar ( Studi Kasus terhadap Siswa Kelas ... Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86. http://www.jurnal.upi.edu/file/8-Ghullam_Hamdu.pdf

Mulyani, D. (2013). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. Konselor, 2(1), 27–31. https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00

Nur, A. S., & Massang, B. (2016). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua, Konsep Diri, Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smp Negeri Di Kota Merauke. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 89. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2067

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486

Semarang, U. N., & Artikel, I. T. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. 3(September).

Tego Saputro, S. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Singgih Tego Saputro & Pardiman Halaman, X(1), 78–97.

The Factors That Influence Societys ’ Mind Set On The. (N.d.).

Utami, N. E. S., & Yonanda, D. A. (2020). Hubungan Gender Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA, 2(Smyth 2015), 144–149. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/314

Wolfman, L. S. B. A. (2013). Pola Belajar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v3i2.18331

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.