KONSEP DASAR MANAJEMEN PENDIRIAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)

Nurkamelia Mukhtar

Abstract


ABSTRAK

Lembaga pendidikan anak usia dini merupakan salah satu insititusi pendidikan yang berfungsi sebagai agent of change. Diorientasikan pada pendidikan manusia yang berkualitas, kompeten dan beradab. Konsep manajemen pendirian lembaga ini untuk mempermudah dalam pendirian lembaga PAUD. Sehingga pendidikan anak usia ini dini ini menjangkau hingga ke berbagai lapisan masyarakat di segala penjuru. Tujuan penulisan ini adalah (1) Mendeskripsikan  konsep manajemen pendirian lembaga pendidikan anak usia dini, (2) Mendeskripsikan bentuk satuan pendidikan anak usia dini (3) Mendeskripsikan tahap-tahap pendirian lembaga pendidikan anak usia dini. 

 


Keywords


Kata kunci: Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini, Konsep Dasar, Manajemen

Full Text:

PDF

References


Agus Muslim, “Eksistensi Akta Notaris Dalam Penguatan Legalitas Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini”, dalam Jurnal Lex Renaissance, Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia, Vol 1 Nomor 2, Juli 2016.

Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Nomor, Standar, Prosedur dan Kriteria, Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2015.

http://4shared.com/Keputusan-Direktur-Jenderal-Pendidikan-Islam-Nomor-1385-Tahun-2014. Tanggal 10 Oktober 2017 Pukul 12:10.

Hidayat, Ara., Machali, Imam. Pengelolaan Pendidikan, Konsep, Prinsip, dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah, Yogyakarta, Kaukaba, 2012.

Halimah, Leli.Pengembangan Kurieckulum Pendidikan Anak Usia Dini, Bandung: PT. Refika Aditama, 2016.

Musbikin,Imam.Buku Pintar PAUD Tuntunan Lengkap dan Praktis para Guru PAUD dalam Perspektif Islami, Yogyakarta: Laksana, 2010.

Najib, Muhammad.Wiyani, NovanArdy. Sholichin, Manajemen Strategik Pendidikan Karakter Bagi Anak Usia Dini, Yogyakarta: Gava Media, 2016.

Suyadi, Manajemen PAUD TPA-KB/TK/RA,Mendirikan Mengelola dan Mengembangkan PAUD, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2011.

Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dinni TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, Cet. I., 2011.

Ulfah,Fari.Manajemen PAUD Pengembangan Jejaring Kemitraan Belajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas & Peraturan Pemerintah RI Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan serta Wajib Belajar, Bandung: Citra Umbara, 2014.

Wiyani,Novan Ardy.Manajemen PAUD Bermutu, Konsep dan Praktik MMT di KB, TK/RA, Yogyakarta, Gava Media, 2015.

Wawancara dengan Kuni Khairunnisa,(Pemilik Yayasan Al-Imtinan Putri, Tembilahan Kabupaten INHIL-RIAU), hari kamis 12 Oktober 2017, pukul 17.25 WIB

Wawancaradengan ibu Sri Kurniati (Kepala Sekolah RA Al-Munawwarah, Tembilahan Kabupaten INHIL-RIAU), hari minggu 8 Oktober 2017, pukul 17:42 WIB

Suyanto, S. (2019). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i2.16292

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.