PENTINGNYA KEMAMPUAN BERTANYA GURU TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA

Faridah Faridah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bertanya guru terhadap motivasi siswa dalam belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Responden penelitian ini adalah siswa kelas XII. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa memiliki motivasi belajar matematika dengan kategori yang baik dengan keterampilan bertanya guru yang juga baik dengan persentase 65%. guru dan siswa saling berkolaborasi. Guru memiliki tugas untuk membimbing dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan dengan cara yang baik pula agar siswa memiliki motivasi yang lebih baik khususnya mengikuti pembelajaran matematika di kelas. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat meneliti tentang motivasi belajar siswa belajar matematika namunn dengan kemampuan guru mengajar lainnya.

 

Kata Kunci: bertanya guru, motivasi siswa dalam belajar matemaika

 

THE IMPORTANCE OF TEACHER'S ASKING ABILITY TO STUDENT'S MOTIVATION IN LEARNING MATHEMATICS  

 

ABSTRACT

This study aims to determine the teacher's ability to ask questions on student motivation in learning mathematics. This study used descriptive qualitative method. Data collection techniques using a questionnaire. The respondents of this study were students of class XII. The results of this study indicate that students have a good category of motivation to learn mathematics with the teacher's questioning skills are also good with a percentage of 65%. teachers and students collaborate with each other. Teachers have a duty to guide and provide fun learning in a good way so that students have better motivation, especially in participating in learning mathematics in class. Future research is expected to examine the motivation of students to learn mathematics but with the ability of other teachers to teach.

 

Keywords: ask the teacher, students' motivation in learning mathematics


Keywords


bertanya guru; motivasi siswa dalam belajar matemaika

Full Text:

PDF

References


Arifmiboy. (2019). Microteaching Model Tadaluring (1st ed.). Wade Group.

Dadang Sukirman. (2012). Pembelajaran Micro Teaching (2nd ed.). Kementerian Agama.

Febrialismanto. (2017). Analisis Kompetensi Profesionalisme Guru PG PAUD Kabupaten Kampar Provinsi Riau. 6(2).

Helmiati. (2013). Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar (1st ed.). Aswaja Pressindo.

Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Prenadamedia Group.

Mardianto. (2012). Psikologi Pendidikan (Landasan Bagi Pengembangan Strategi Pembelajaran) (1st ed.). Perdana Publishing.

Mundir. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (H. Hasanah (ed.)). STAIN Jember Press.

Mustika, J. (2016). Psikologi Pendidikan. Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Kumala Lampung.

Siregar, M. D. (2015). Kinerja Guru Dalam Mengelola Proses Pembelajaran dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Educatio, 10(2).

Sukirman, D. (2012). Pembelajaran Micro Teaching (2nd ed.). Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian RI.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori) (1st ed.). PT. Bumi Aksara.

Yana, D. P. S. (2021). Investigasi Minat dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Di Era Covid-19. STATMAT (Jurnal Statistika Dan Matematika), 3(1).

Yani Achdiani, D. A. R. (2017). Pengetahuan Keterampilan Dasar Mengajar dalam Menyiapkan Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Teknobuga, 5(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v3i1.15132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

    
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.