EFEKTIVITAS PENGAWASAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KEDISIPLINAN GURU DI MTsN 1 PELALAWAN
Abstract
Pengawasan kepala sekolah merupakan fungsi manajemen kepemimpinan, dan pengawasan kepala sekolah merupakan salah satu faktor penentu dalam mencapai tujuan pendidikan. Dalam penelitian ini, peneliti berharap dapat melihat proses supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan disiplin mengajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana kedisiplinan guru, untuk mengetahui bagaimana proses melaksanakan supervisi kepala sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan mengajar, serta menemukan kendala dan solusi utama untuk meningkatkan kedisiplinan mengajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, tiga orang guru dan dua siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menurut hubermen dilakukan dengan cara reduksi data, display data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, sebagian besar guru menerapkan disiplin sesuai dengan peraturan sekolah yang berlaku; kedua, dalam pelaksanaan supervisi, kepala sekolah beserta dosen dan staf telah membentuk lingkungan yang hangat, dekat dan terbuka, sehingga pelaksanaan supervisi berjalan efektif dan efektif. disiplin, yaitu kekhawatiran kepala sekolah terhadap guru tidak dapat menerima rencana perbaikan dan perbaikan yang akan diajukan kepala sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali Imron,. (2018). Pembinaan Guru di Indonesia. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya
Depdikbud. 1994. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Mulyasa. (2019). Menjadi Kepala Sekolah Profesional dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, cet kelima
Nasution. 2020. Metode Risearch. Jakarta: Insani Press
Nurul Ismi. (2017). Fungsi Pengawasan Kepala Sekolah Terhadap Guru Di SMP Negeri 1 Segeri Kecamata Segeri Kabupaten Pangkep, Makassar: UH
Wahjosumidjo. (2017). Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Wahjosumidjo. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah; Tinjauan Teoritis dan Permasalahannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v3i1.14868
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.