PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI
Abstract
Keberhasilan pendidikan dapat diperoleh dengan proses pendidikan yang berjalan selaras dan terus menerus. Namun, karena kondisi dunia yang sedang dilanda bencana berupa pandemi virus covid-19 maka segala lini kegiatan termasuk pendidikan harus terhambat dan harus dialihkan dengan memanfaatkan media TIK untuk melakukan proses pembelajaran. Media TIK tersebut adalah e-learning. Penggunaan e-learning ini sendiri memiliki berbagai kekurangan serta berbagai hambatan namun juga memiliki kelebihan. untuk menghadapi permasalahan terkait kekurangan dari penggunaan e-learning dalam artikel ini sudah disebutkan berbagai contoh solusi. Berbagai media dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk melakukan pembelajaran secara daring atau e-learning contoh diantaranya adalah zoom, google meet dan lain sebagainya. Penggunaan media TIK ini sangat dibutuhkan dan harus dilakukan pada masa masa ini yaitu dengan melakukan proses pembelajaran jarak jauh.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aka, K. A. (2017) ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar Di Sekolah Dasar’, ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1, pp. 28–37. Available at: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1041.
Anshor, S. (2018) ‘“Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya” Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran’, Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 9924, pp. 88–100.
Arsyad, A. (1997). Media Pengajaran . Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Chandrawati, S. R. (2010), 'Pemamfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran' Jurnal Cakrawala Kependidikan. pp. 172–181. Available at : https://media.neliti.com/media/publications/218616-pemamfaatan-e-learning-dalam-pembelajara.pdf
Budiana, dkk. (2015). ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru Smpn 2 Kawali Desa Citeureup Kabupaten Ciamis’, Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, p. 59-62.
Dewi, S. Z, dkk. (2018). ‘Penggunaan TIK sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar’, Indonesian Journal of Primary Education, p 48-53.
Hasrah, H. (2019) ‘Pemanfaatan Teknologi Komunikasi Dan Informasi Dalam Pembelajaran PKN’, Phinisi Integration Review, 2(2), p. 238. doi: 10.26858/pir.v2i2.10002.
Hamalik, O. (1989). Media Pendidikan. Bandung: Citra Aditya.
Huda, I.A. (2020). ‘Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Terhadap Kualitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar’, JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING, p. 143-149.
Tekege, M. (2017). ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Sma Yppgi Nabire’, JURNAL FATEKSA: Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, p. 40-52.
Kusmana, A. (2011). ‘E-Learning Dalam Pembelajaran’, Jurnal Lentera Pendidikan, p. 35-51.
Muslih. (2016). ‘Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis ICT pada Lembaga Pendidikan Non-Formal TPQ’. DIMAS , p. 229-230.
Patmanthara, S. (2012). ‘Analisis Pelaksanaan Uji Online Pada Kompetensi Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Dan Kesiapan Infrastruktur Di SMA Kota Malang’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, p. 28-37.
Putry, H. M. E, dkk. (2020). ‘Video Based Learning Sebagai Tren Media Pembelajaran Di Era 4.0’, Jurnal Pendidikan Ilmiah, p 1-24.
Restiyani, R. dkk (2014). ‘Profil Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sebagai Media Dan Sumber Pembelajaran Oleh Guru Biologi’, Jurnal EDUSAINS, p. 50-66.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.