EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN ASAM BASA TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY TERHADAP LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK

Ufaira Hafiza, Yerimadesi Yerimadesi, Andromeda Andromeda, Fitri Arsih, Jhon Hendri, Ariani Zuwita

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menguji efektivitas media pembelajaran asam basa terintegrasi Augmented Reality (AR) terhadap literasi digital siswa Fase F SMA. Penelitian menggunakan metode pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest yang dilaksanakan pada satu kelas XI di SMA Negeri 5 Padang. pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling, dengan jumlah sampel 25 siswa.. Instrumen yang digunakan berupa angket literasi digital, tes pilihan ganda dan lembar observasi guru. Data angket literasi digital diolah dengan menggunakan skala likert, data instrument tes pilihan ganda diolah dengan uji n-gain, normalitas dan hipotesis . Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata skor literasi digital siswa mencapai 81,4% dengan nilai n-gain sebesar 0,703 yang berada pada kategori sedang, serta hasil uji Wilcoxon menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest (sig. < 0,001). Temuan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis AR efektif dalam meningkatkan literasi digital siswa, terutama pada aspek akses digital, visualisasi informasi, dan literasi saintifik. Meskipun demikian, efektivitas media masih dipengaruhi oleh kesiapan perangkat teknologi dan pengawasan guru dalam penggunaannya. Penelitian ini merekomendasikan integrasi AR secara lebih luas dalam pembelajaran sains sebagai inovasi pedagogis untuk memperkuat kompetensi digital siswa dalam menghadapi tantangan era digital.


Full Text:

PDF

References


Adawiah, R., Kiptiah, M., & Kamariah, N. (2023). Penerapan Penilaian Sikap Siswa pada Pembelajaran Online. Integralistik, 34(1), 7-12.

Amin, N. F., Garancang, S., and Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Jurnal Pilar, 14(1), 15-31.

Andriani, M., Muhali, M., & Dewi, C. A. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Kontekstual Untuk Membangun Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Asam Basa. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 7(1), 25. Https://Doi.Org/10.33394/Hjkk.V7i1.1653

Burhanudin A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Augmented reality Pada Mata Pelajaran Dasar Elektronika di SMK Hamong Putera 2 Pakem.

Damanik, N., & Fajari, L. E. W. (2025). Multimedia Interaktif Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Problem Solving Skills dan Literasi Digital Siswa. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 9(1), 395-416.

Darmawan, R. A., Salira, A. B., Kurniawati, Y., Logayah, D. S., & Arrasyid, R. (2023). Enhancing Digital Literacy in Social Studies through Augmented Reality Media. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 33(1), 69-76.

Firdanu, R., Achmadi, S., & Wibowo, A. (2020). Pemanfaatan Augmented Reality sebagai Media Pembelajaran Mengenai Peralatan Konstruksi dalam Dunia Pendidikan Berbasis Android. JATI Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 4(2), 276-282.

Fitra, J., & Maksum, H. (2021). Efektivitas media pembelajaran interaktif dengan aplikasi powntoon pada mata pelajaran bimbingan TIK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 1-13.

Harmawati, Y., Abdulkarim, A., Bestari, P., and Sari, B. I. (2024). Data of digital literacy level measurement of Indonesian students: Based on the components of ability to use media, advanced use of digital media, managing digital learning platforms, and ethics and safety in the use of digital media. Data in Brief, 54, 110397.

Hermawan, A., & Hadi, S. (2024). Realitas pengaruh penggunaan teknologi augmented reality dalam pembelajaran terhadap pemahaman konsep siswa. Jurnal Simki Pedagogia, 7(1), 328-340.

Hikmawati Fenti. (2020). Metodologi Penelitian. Rajawali Pers

Hobbs, R. (2020). Digital and Media Literacy: Connecting Culture and Classroom. Thousand Oaks: Corwin Press.

Holivil, E., Pane, B., Narang, N. H. Z., Arpin, R. M., Kholikin, R. A., Radja, A. K., & Mushlih, M. A. H. (2025). Pelatihan Literasi Digital Dan Aplikasi Augmented Reality Untuk Pembelajaran Kreatif. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 9(2), 2082-2092.

Majir, A. (2019). Blended Learning dalam Pengembangan Pembelajaran Suatu Tuntutan Guna Memperoleh Keterampilan Abad ke-21. Sebatik, 23(2), 359-366.

Masruroh, H., Hadi, W. P., Ahied, M., Tamam, B., and Sutarja, M. C. (2023). Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis augmented reality terhadap pemahaman konsep siswa. Natural Science Education Research (NSER), 6(3), 56-63.

Mohd Razali, N., and Bee Wah, Y. (2011). Power comparisons of Shapiro-Wilk, Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors and Anderson-Darling tests. Journal of Statistical Modeling and Analytics, 2(1), 13–14.

Pambudi, M. A. (2022). Strategi guru dalam meningkatkan literasi digital pada Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(03), 636-646.

Pradana, R. W. (2020). Penggunaan augmented reality pada sekolah menengah atas di Indonesia. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 97-115.

Purnama, P., Syahid, M., Ardianto, D., & Arifin, M. Z. (2024, August). Efektifitas pembelajaran IPA berbasis augmented reality di sekolah dasar. In Seminar Nasional & Prosiding Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 1, pp. 163-178).

Putri, S. R., & Ahmadi, F. (2023). Pengaruh media video pembelajaran terhadap literasi digital, minat baca dan hasil belajar siswa sekolah dasar. Journal of Education Action Research, 7(3), 446-455.

Qorimah, E. N., & Sutama, S. (2022). Studi literatur: Media augmented reality (AR) terhadap hasil belajar kognitif. Jurnal Basicedu, 6(2), 2055-2060.

Rachim, M. R., Salim, A., and Qomario, Q. (2024). Pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran terhadap keaktifan belajar siswa dalam pendidikan modern. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 594-605.

Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan (3rd ed.). ALFABETA.

Suparwati, N. M. A. (2022). Analisis Reduksi Miskonsepsi Kimia dengan Pendekatan Multi Level Representasi: Systematic Literature Review. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 341–348.

https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.591.

Tim litbang wahana komputer. (2015). Andi. Yogyakarta

Wulansari, O. D. E., Zaini, T. M., & Bahri, B. (2019). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Media Pembelajaran. Jurnal Informatika, 13(2), 169-179.https://doi.org/10.30873/ji.v13i2.346

Yuniarti, A., Titin, T., Safarini, F., Rahmadia, I., and Putri, S. (2023). Media konvensional dan media digital dalam pembelajaran. JUTECH: Journal Education and Technology, 4(2), 84-95.

Yuwanto Listyo. (2019). Pengantar Metode Penelitian Eksperimen Edisi 2. Graha Ilmu

Zahro’, S. F., and Ismono, I. (2021). Analisis Kemampuan Multirepresentasi Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Practice, 4(1), 30. https://doi.org/10.29303/cep.v4i1.2338.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jcei.v4i2.37858

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Chemistry Education and Integration

 E-ISSN: 2829-1921  P-ISSN: 2829-2774                

Published By:

Department of Chemistry Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau 

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau

email: jceipka@uin-suska.ac.id

Indexed By:

            

 

 Creative Commons License

Journal of Chemistry Education and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.