PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CHEMO-EDUTAINMENT (CET)

Febri Hulandari, Elvy Rahmi

Abstract


Abstract

This research is motivated by the facts found in the field that the teaching materials used at SMAN 2 Rambatan have not been able to attract students' interest in learning, so that students have difficulty understanding the material and solving problems related to the material. The purpose of this research is to produce a Chemo-Edutainment (CET)-based Student Worksheet on colloidal system material that is valid and practical. The type of research that I use is development research using a 4-D development model consisting of 4 stages, namely define, design, develop, and disseminate. The CET-based LKPD product was validated by two chemistry education lecturers and one chemistry teacher using a validation sheet. Practicality trials were carried out by 14 students of class XI MIPA SMAN 2 Rambatan using a response questionnaire. The results obtained are LKPD based on CET which has characteristics consisting of components including LKPD title, student identity, instructions for use, competencies to be achieved, chemistry info, simple experiments and practice questions in the form of educational games that attract interest. students to do the exercises, the last component is the existence of a golsarium and bibliography. The validity obtained by this CET-based LKPD obtained a percentage of 94.35% with very valid criteria. The practical results of this CET-based LKPD obtained a percentage of 93.80% with very practical criteria. With this, it can be concluded that the CET-based worksheets designed are valid and practical to be used as teaching materials in the learning process.

 

Keywords: LKPD, Chemo-Edutaintment, Validity, Practicality

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang ditemukan di lapangan bahwa bahan ajar yang digunakan di SMAN 2 Rambatan belum mampu menarik minat belajar peserta didik, sehingga peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi dan memecahkan masalah yang berkaitan dengan materi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis Chemo-Edutainment (CET) pada materi sistem koloid yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Produk LKPD berbasis CET divalidasi oleh dua orang dosen pendidikan kimia dan satu orang guru kimia dengan menggunakan lembar validasi.Uji praktikalitas dilakukan oleh 14 peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Rambatan dengan menggunakan angket respon. Hasil yang diperoleh adalah LKPD berbasis CET yang memiliki ciri-ciri yang terdiri dari komponen meliputi judul LKPD, identitas peserta didik, petunjuk penggunaan, kompetensi yang akan dicapai, info kimia, praktikum sederhana dan soal latihan berupa permainan edukasi yang menarik minat peserta didik untuk mengerjakan latihan, komponen terakhir adalah adanya glosarium dan daftar pustaka. Validitas dari LKPD berbasis CET ini diperoleh persentase sebesar 94,35% dengan kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas LKPD berbasis CET ini diperoleh persentase sebesar 93,80% dengan kriteria sangat praktis. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis CET yang dirancang sudah valid dan praktis untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata. Jurnal Teknologi Pendidikan. Program Studi Teknologi Pendidikan.

Chairiah, C., Silalahi, A., & Hutabarat, W. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Materi Larutan Asam dan Basa Berbasis Chemo Edutainment Untuk Siswa SMK TI Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 120-129.

Wijiningsih, N., Wahjoedi, W., & Sumarmi, S. (2017). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis budaya lokal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1030-1036.

Valentina, A., Riswandi, R., & Rohani, C. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Di Kelas V Sd Negeri 2 Labuhan Ratu. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5).

Purnomo, H. (2017). Pengembangan Bahan Ajar dan Penilaian Otentik Mata Kuliah Pendidikan IPA Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 4(2), 167-179.

Roziyah, D. A., & Kamaludin, A. (2019). Pengembangan Modul Kimia Berbasis Chemoedutainment (CET) Pada Materi Reaksi Redoks. Journal of Tropical Chemistry Research and Education, 1(1), 21-28.

Pratiwi, M. N. (2015). Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis pendekatan saintifik pada materi pencatatan transaksi perusahaan manufaktur. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 3(1).

Noor, R. (2017). Penyusunan lembar kerja peserta didik (lkpd) biologi sma melalui inventarisasi tumbuhan yang berpotensi atau sebagai pewarna alami di kota metro. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 94-104.

Budiyanto, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Konsep Berbantuan Lks Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Getaran Dan Gelombang. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 10(1), 102-108.

Suryana, O. A., Supardi, K. I., & Kasmui, K. (2018). Desain Media Permainan Edukasi Berorientasi Chemo-Edutainment pada Pembelajaran Kimia SMA. Chemistry in Education, 7(2), 46-53.

Ariani, S., Siahaan, J., & Junaidi, E. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Dengan Metode Chemo-edutainment Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X SMA Negeri 1 Kuripan Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pijar Mipa, 8(1).

Fitriany, E. (2016). Pengembangan Permainan PAC Chemistry Sebagai Media Pembelajaran Materi Pokok Tata Nama Senyawa Kimia (Development Of PAC Chemistry Game As An Instructional Media In Chemical Nomenclature). Unesa Journal of Chemical Education, 5(1).

Prasetya, A. T., & Priatmoko, S. (2008). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Pendekatan Chemo-Edutainment Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2).

Wolfensberger, A., Anagnostopoulos, A., Clack, L., Meier, M. T., Kuster, S. P., & Sax, H. (2019). Effectiveness of an edutainment video teaching standard precautions–a randomized controlled evaluation study. Antimicrobial Resistance & Infection Control, 8(1), 1-10.

Ariani, D. (2017). Analisis Validitas Buku Ajar untuk Sistem Perkuliahan E-Learning pada Mata Kuliah Kimia Dasar Di Fkip Ummy Solok. Jurnal eksakta pendidikan (jep), 1(2), 104-111.

Savitri, E., Panjaitan, R. G. P., & Titin, T. (2016). Pengembangan Media E-Comic Bilingual Sub Materi Saluran dan Kelenjar Pencernaan. Unnes Science Education Journal, 5(3)..

Sariani, N., & Muryani, C. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Geografi Berbasis Peduli Ligkungan Untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Di Kelas Xi Ips Sma Bina Utama Pontianak. GeoEco, 3(1).

Paramita, R., Panjaitan, R. G. P., & Ariyati, E. (2018). Pengembangan Booklet Hasil Inventarisasi Tumbuhan Obat Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati. Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa, 2(2), 83-88..

Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva press.

Hersandi, M., Mahardika, I. K., & Nuriman, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam Bentuk Brosur untuk Pembelajaran IPA di SMP ditinjau dari Aspek Kegrafikaannya. Jurnal Pembelajaran Dan Pendidikan Sains, 2(1), 57-64..

Asfiah, N., Mosik, M., & Purwantoyo, E. (2013). Pengembangan modul IPA terpadu kontekstual pada tema bunyi. Unnes Science Education Journal, 2(1).

Riduwan, M. B. A. (2007). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jcei.v1i1.16244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal of Chemistry Education and Integration

 E-ISSN: 2829-1921  P-ISSN: 2829-2774                

Published By:

Department of Chemistry Education, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, Sultan Syarif Kasim State Islamic University, Riau 

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau

email: jceipka@uin-suska.ac.id

Indexed By:

          

 

 Creative Commons License

Journal of Chemistry Education and Integration is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.