Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menggunakan Model Belajar Kooperatif Teams Games Tournament (TGT) di Kelas XI IIS2 MAN-1 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017-2018
Abstract
Pendidikan merupakan kegiatan untuk membantu perkembangan peserta didik mencapai tujuan-tujuan pendidikan. Kegiatan pendidikan berintikan interaksi antara peserta didik dengan pendidik dan sumber-sumber pendidikan lain, dan berlangsung dalam suatu lingkungan pendidikan. Peningkatan kualitas pendidikan harus terus dilaksanakan salah satunya dengan penggunaan berbagai model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar adalah model Teams Games Tournament (TGT). Pelajaran ekonomi sebagai salah satu mata pelajaran wajib bagi siswa jurusan iis juga memerlukan inovasi model pembelajaran agar meningkatkan capaian hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa kelas XI IIS2 MAN-1 pada pelajaran ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran Teams games tournament. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahapan, yaitu :1) perencanaan. 2) pelaksanaan. 3) pengamatan. 4) refleksi. Penelitian dilakukan pada bulan januari-februari 2018. Siklus pertama dilakukan dalam 3 kali pertemuan dan siklus ke 2 dilakukan dalam 3 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar sebesar 26, 8% dari siklus 1 ke siklus 2. Kategori pengetahuan juga meningkat sebesar 57,3 % pada kriteria amat baik dan baik dari siklus 1 ke siklus 2.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asbullah, 2008, Peningkatan soft skill guru yang cerdas dan inovatif. Simposium Biologi FKIP. Pekanbaru.
Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara
BNSP. 2006. Petunjuk Teknis Pengembangan Silabus dan Contoh/Model Silabus SMA/MA. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta
Depdiknas. 2004. Rambu-rambu Penetapan Standar Ketuntasan Belajar Minimum dan Analisis Hasil Pencapaian Standar Ketuntasan Belajar. Jakarta
Dimyati dan Mujiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipt
Hamalik Oemar. 2014. Kurikulum dan Pembelajaran. Penerbit Bumi Aksara. Jakarta.
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sumiati & Asra. 2007. Metode Pembelajaran. CV. Wacana Prima. Bandung
Robert E. Slavin. (2010) COOPERATIVE LEARNING: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Satriawan. 2018. http: www. Republika.co. id. [Diakses 10 maret 2018].
Silberman Mell. 1996. Active learning. Yappendis. Yogyakarta
Surya. 1992. Psikologi Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung.
Sukwiaty,. (2009). Pengertian Ilmu Ekonomi. Jakarta: Rineka Cipta
Tirto. 2017. Potret Anak Indonesia, Lemah nalar Karena Kurang Membaca. http: // tirto. id/potret-anak-indonesia. [Diakses 10 Maret 2018].
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/idj.v3i1.9637
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Instructional Development Journal disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.