The Development of Snake and Ladders Guidance Media to Prevent Bullying Behavior
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media bimbingan permainan ular tangga untuk mencegah perilaku bullying di kelas V tingkat SD. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan ADDIE dengan 4 tahapan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan media permainan ular tangga untuk mencegah perilaku bullying di SD dinyatakan valid dengan kategori baik dan layak diterapkan berdasarkan uji validitas dan uji kepraktisan. Penilaian ahli materi dengan persentase skor 90%, ahli media dengan persentase skor 89%, praktisi BK dengan persentase skor 87%, Uji coba kelompok kecil oleh siswa dengan hasil persentase skor 89%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa produk media permainan ular tangga untuk mencegah perilaku bullying sudah memenuhi kriteria layak dan valid untuk digunakan sebagai media bimbingan dalam layanan bimbingan dan konseling di tingkat Sekolah Dasar.
TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBackFull Text:
PDFReferences
Bowes, L., Aryani, F., Ohan, F., Haryanti, R.H., Winarna, S., Arsianto, Y., Budiyawati, H., Widowati, E., Saraswati, R., Kristianto, Y., Suryani, Y.E., Ulum, D. F., & Minnick, E. (2019). “The Development and Pilot Testing of an Adolescent Bullying Intervention in Indonesia–the ROOTS Indonesia Program.” Global Health Action 12(1). doi: 10.1080/16549716.2019.1656905.
Bulu, Y., Maemunah, N., & Sulasmini. (2019). “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Bullying Pada Remaja Awal.” Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan 4(1).
Tantono, F. S. A., & Diah. (2019). “Acta Psychologia Pengaruh Bullying Terhadap Harga Diri Siswa Sekolah Dasar.” Acta Psychologia 1(2):142–48.
Haryatri, H. (2019). “Urgensi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar.” Urnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami 5(1):92–102.
Ilham, L., & Farid, A. 2019. “Teori Klasik Dan Kontemporer: Dari Rational Emotive Behavioral Therapy (REBT) Hingga Cognitive Restructuring (CR).” MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah 4(2):151–66.
Santrock, J. W. (2013). Psikologi Pendidikan (Edisi Kedua). Kedua. Jakarta: Kencana-Prenada Media Group.
KPAI. (2020). “Sejumlah Kasus Bullying Sudah Warnai Catatan Masalah Anak Di Awal 2020, Begini Kata Komisioner KPAI.” Retrieved (https://www.kpai.go.id/publikasi/sejumlah-kasus-bullying-sudah-warnai-catatan-masalah-anak-di-awal-2020-begini-kata-komisioner-kpai).
KPAI. (2023). “Pengawasan Kpai Pada Kasus Bunuh Diri Anak Di Kab. Tana Toraja.” Retrieved (https://www.kpai.go.id/publikasi/pengawasan-kpai-pada-kasus-bunuh-diri-anak-di-kab-tana-toraja).
Kresno. 2023. “Pemerintah Harus Petakan Faktor Penyebab Bullying Anak.” Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia. Retrieved (https://www.dpr.go.id/berita/detail/id/46802/t/Pemerintah+Harus+Petakan+Faktor+Penyebab+Bullying+Anak).
Kurniawati, W., & Ahmad, M. (2020). Analisis Pembuatan Media Pembelajaran Dalam Mata Kuliah Pendidikan Multimedia Oleh Mahasiswa Prodi Teknologi Pendidikan IKIP Mataram. Jurnal Undikma 4(2):10–11.
Mahriza, R., Rahmah, M., & Santi, N. E. (2020). Stop Bullying: Analisis Kesadaran Dan Tindakan Preventif Guru Pada Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1):891–99. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.739.
Muhopilah, P., & Fatwa, T. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Bullying. Jurnal Psikologi Terapan Dan Pendidikan 1(2):99. doi: 10.26555/jptp.v1i2.15132.
Nurussama, A. (2019). Peran Guru Kelas Dalam Menangani Perilaku Bullying Pada. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 5(8):510–20.
Octavia, D., Puspita, M., & Yan, L. S. 2020. Fenomena Perilaku Bullying Pada Anak Di Tingkat Sekolah Dasar. Riset Informasi Kesehatan 9(1):43–50.
Oktaviani, D., & Ramadan, Z. H. (2023). Analisis Dampak Bullying Terhadap Psikologi Siswa Sekolah Dasar. 9(3):1245–51. doi: 10.31949/educatio.v9i3.5400.
Olweus, Dan. 2001. “The Bullying Circle.”
Panggabean, H., Situmeang, D., & Simangunsong, R. (2023). Waspada Tindakan Bullying Dan Dampak Terhadap Dunia Pendidikan. Jpm-Unita (Jurnal Pengabdian Masyarakat) 1(1):9–16.
Permata, N., Purbasari, I., & Fajrie, N. (2021). Analisa Penyebab Bullying Dalam Kasus Pertumbuhan Mental Dan Emosional Anak. Jurnal Prasasti Ilmu 1(2). doi: 10.24176/jpi.v1i2.6255.
Permendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 Tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Indonesia.
Permendikbud. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2015 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidika. Indonesia.
Rahma, I. R. (2019). Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran Bagi Anak Sekolah Dasar). PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam 14(2):87–99.
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2:Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Rononuwu, Y., I. P. Hadi, & C. A. Wijayanti. 2020. “Analisis Isi Pesan Bullying dalam Film ‘Shazam.’” Jurnal E-Komunikasi 8(1):1–12.
Sabani, Fatmaridha. 2019. “Perkembangan Anak-Anak Selama Masa Sekolah Dasar.” 8(2):89–100.
Siswati, Y., & M. Saputra. 2023. “Peran Satuan Tugas Anti Bullying Sekolah Dalam Mengatasi Fenomena Perundungan Di Sekolah Menengah Atas.” … Penelitian Pendidikan Pancasila … 3(7):1–10.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Wardani, D. K., Mariyati, M., & Tamrin. (2020). Eksplorasi Pengalaman Remaja Yang Menjadi Korban Bullying Di Sekolah. Jurnal Ners Widya Husada 6(1):15–22.
Wayan, N. A., & Purwati, N. K. R. (2020). Edukasi Matematika Dan Sains Strategi Pembelajaran Matematika Berdasarkan Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Mathematics Learning Strategies Based on Characteristics of Elementary School Students.” Jurnal Emasains IX(1):1–8.
Widyasari, Tantri &. Lilik Mukayati. (2021). “Pemanfaatan Media Bimbingan Dan Konseling Berbasis Teknologi Di Sekolah.” Jurnal Bimbingan Konseling Islam 3(2):119–30.
Yuliani, N. (2019). Fenomena Kasus Bullying di Sekolah. Research Gate.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/egcdj.v7i2.28518
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Educational Guidance and Counseling Development Journal
INDEXED BY:
Mailing Address:
Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155, Pekanbaru - Riau 28293, Email: egcdj.bk@uin-suska.ac.id
EGCDJ is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.