FENOMENA EKSPLOITASI PEREMPUAN OLEH MEDIA

Aslati Aslati, Silawati Silawati

Abstract


Setelah Nabi Muhammad SAW lahir dan membawa Risalah Islam Nabi berjuang untuk mengentaskan jurang kehinaan perempuan kepada kedudukan yang mulia dan terhormat. Kehadiran agama Islam menjadi semacam oase yang menyudahi dahaga kaum wanita yang mengharap adanya penetapan hak dan perlakuan yang setara antara laki-laki dan perempuan. Islam datang untuk memberi penghargaan serta penghormatan yang sangat tinggi kepada kaum perempuan. Di sisi lain saat ini perkembangan media massa yang tidak terbendung cenderung melakukan eksploitasi terhadap kaum perempuan. Berbagai media baik cetak maupun elektronik serta media-media online untuk menarik minat khalayak menjadikan perempuan sebagai subjek dan objek paling depan pada media tersebut. Pemberitaan oleh media menjadikan perempuan sebagai daya tarik media itu sendiri. Eksploitasi perempuan  oleh media seolah-oleh dijadikan sebagai softpornograpy. Besarnya porsi pemberitaan mengenai seluk beluk perempuan di media seolah-olah membuat laku media tersebut. Kesimpulan bahwa di dalam Islam Perempuan dijaga dengan baik, diperlakukan dengan baik, ditinggikan derajatnya. Sebaliknya kedudukan perempuan dalam media selalu dieksploitasi demi tujuan-tujuan keuntungan baik individu maupun kelompok.


Keywords


Eksploitasi; Perempuan; Media

Full Text:

PDF

References


Al-Asqalani, Ahmad bin Ali bin Hajar. (1993) Fath al-Bari. Beirut, Lebanon: dar Al-Fikr.

Al-Qardhawi, Y. (2007). Perempuan Dalam Pandangan Islam,Mengungkap Persoalan kaum Perempuan di Zaman Modern dari Sudut pandang Syariah, Terj. Dari Kitab asli Markaz al-Mar’ah fi al-Hayah al-Islamiyah, Pentrj. Dadang Sobar Ali. Bandung: Pustaka Setia.

Al-Syawkani, Muhammad nin Alk, Nayl al-Authar Syarh Mintaqa al-Akhbar min Ahadits al Akhyar, Dar al-Fikr.

Husein, M. (2001). Fiqh Perempuan: Refleksi Kyai atas agama dan Gender. Yogyakarta: LKIS

Ibrahim, I.S. (1998). Wanita dan Media: Konstruksi Ideologi Gender dalam Ruang Publik Orbe baru. Bandung: Rosdakarya

Ibrahim, I.S. (Ed) (1997). Ecstasy Gaya Hidup: Kebudayaan Pop Dalam Masyarakat Komoditas Indonesia. Bandung: Mizan.

Islam, N. (2008). Perempuan Dalam Media Massa di Indonesia: Analisis isi media massa tentang sosok perempuan dalam paradigma kritis. Jurnal Studi Gender & Anak, 3 (1): 89-100

Kodir, F. A. (2004). Bangga Jadi Perempuan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Muhibbin, Z. (2011) Wanita dalam Islam. Jurnal Sosial Humaniora, 4 (2): 109-120

Mulyasih, R. (2016). Pentingnya Literasi Media Bagi Kaum Perempuan. Jurnal Lontar 4 (3).

Prabasmoro, A. P. (2013). Putih, Feminisme dan Seksualitas Perempuan dalam iklan Kita. Jakarta: Yayasan Jurnal Perempuan.

Watie, E.D.S. (2010). Representasi Wanita Dalam Media Massa Masa Kini. Jurnal The Messenger, 2 (2): 1-10.

Wibowo, W. (2003). Sihir Iklan: Format Komunikasi Mondial Dalam Kehidupan Urban-Kosmopolit. Jakarta: Gramedia




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jdr.v29i2.6389

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalrisalah@uin-suska.ac.id