KONSEP KOMUNIKASI PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Ginda Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami konsep komunikasi pendidikan Islam dalam Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan metodologis yaitu Tafsdir Tematik (Mawdu’i), dan pendekatan analisis semiotika. Bentuk penelitian adalah Library research (riset kepustakaan), karena itu data dikumpulkan dari literatur utama buku Tafsir dan buku–buku komunikasi, serta data sekunder dari buku pendukung. Data dikumpulkan dengan menggunakan kartu kutipan, kartu ikhtisar dan kartu ulasan untuk memudahkan pengkategorian data. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data, dan veryfikasi. Hasil penelitian yang ditemukan, terminologi komunikasi dalam Al-Qur’an dalam bentuk teks (lafaz) dan Al-Bayan. Sementara itu bentuk komunikasi pendidikan Islam adalah komunikasi interpersonal face to face satu arah, dua arah dan banyak Qawlan arah. Materi-masteri komunikasi pendidikan semuanya didasarkan pada tauhid, pesan dirancang sesuai dengan perkembangan psikologis peserta didik, informasi disampaikan secara informatif dan persuasif, dan terakhir; guru tetap menjadi pusat/sentral  dalam komunikasi pendidikan Islam.


Keywords


Al-qur’an; Komunikasi pendidikan

Full Text:

PDF

References


Abizar. (2008). Interaksi Komunikasi dan Pendidikan. Padang: UNP Press.

'Alam al-Kutub. (2000).

Baiquni, A., & Mochammad, F. (2014). The Wisdom, Al-Quranul Karim, Disertasi Tafsir Tematik. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Bungin, B. (2009). Sosiologi Komunikasi, Teori, Paradigma, dan diskursus Tekhnologi Komunikasi di Manyarakat. Jakarta: Kencana.

Cangara, H. (2009). Pengantar Ilmu Komunkasi, Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Effendi, O. U. (1986). Dinamika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Gozali, N. (2004). Manusia Pendidikan dan Syain: dalam Perspektif tafsir Hermeneutic. Jakarta: Rineka Cipta.

Iriantara, Y. (2013). Komunikasi Pendidikan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Iriantara, Y. (n.d.). Komunikasi Pendidikan.

Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (n.d.). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ramayulis. (2002). Ilmu Pendidikan Islam Cetakan VII. Jakarta: Kalam Mulia.

Ramayulis. (2009). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

RI, L. B. (2014). Tafsir Al-Quran Tetamitik, Edisi Revisi Jilid 8. Jakarta: Kamil Pustaka.

Sa'id, A. A. S. (1991). Madhal Ila Tafsir Al- maudu'I, Al-Qahirat: . Al-Qahirat: Dar Al Tauzi Wa Al-Nasyir Al-Islamiyat.

Shihab, M. Q. (2007). Membumikan Al-Quran: Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.

Tafsir, A. (2011). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Yusuf, K. M. (2012). Studi Al-Quran. Jakarta: Amzah.

Yusuf, K. M. (2013). Tafsir Tarbawi, Pesan-Pesan Al-Quran tentang Pendidikan. Jakarta: Amzah.

Yusuf, P. M. (2010). Komunikasi Instruksional, Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jdr.v29i2.6358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

    

Editorial Office:

2nd Floor, Building of Da'wah and Communication Faculty, UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalrisalah@uin-suska.ac.id