Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Islam Terpadu Izzuddin di Kota Palembang

Sakinah Sakinah, Syarifuddin Syarifuddin, Syafruddin Yusuf

Abstract


Pendidikan Islam Terpadu adalah pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam ke dalam pembelajaran sekolah atau memadukan antara pendidikan agama dengan pendidikan umum. Sekolah Islam Terpadu telah menyebar keberadaannya, banyak masyarakat yang menyelenggarakan pendidikan sekolah Islam Terpadu yang memiliki kualitas yang baik salah satunya sekolah Islam Terpadu Izzuddin Palembang. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui penyelenggaraan pendidikan sekolah Islam Terpadu Izzuddin di Kota Palembang. kemudian, penulisan ini menggunakan metode Historis. Adapaun tahapan dalam metode historis yaitu heuristik, kritik sumber, intepretasi, dan historiografi. hasil pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara mendalam. Hasil penulisan artikel ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan sekolah ini dimulai pada tahun 2002 yang dirancang dengan kurikulum diknas dan kurikulum panduan dari Jaringan Sekolah Islam Terpadu. penggunaan kurikulum JSIT  menandakan bahwa ciri khas dari sekolah Islam Terpadu. Selain pembelajaran formal, sekolah Izzuddin menerapakan pembelajaran Al-Qur’an dengan menghapal. Sehingga terus membentuk peserta didik menjadi Ahlul Qur’an.


References


Alavi, H. R. (2012). Nearness to God: a perspective on Islamic education. Religious Education,103(1),5–21. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/00344080701807361

Alawiyah, F. (2014). Islamic School Education in Indonesia. Aspirasi, 5(1), 51–58.

Amril M. (2019). ISLAM NORMATIF DAN HISTORIS (FAKTUAL): Ziarah Epistemologi Integratif-Interkonektif dalam Pendidikan NORMATIVE AND HISTORICAL ISLAM (FACTUAL): A Pilgrimage the Integrative-Interconnected Epistemology in Education. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 79–98.

Aryani, N. (2015). Konsep Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Pendidikan Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 213–227. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/potensia/article/view/3187

Fauzi, M., & Fata, A. K. (2021). MODERNISASI PESANTREN TAHFIZ: Studi atas Pesantren Daarul Qur’an Tangerang MODERNIZATION OF TAHFIZ ISLAMIC BOARDING SCHOOL: Study on …. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 7(2), 208–227. https://www.researchgate.net/profile/Ahmad-Fata/publication/357677443_MODERNISASI_PESANTREN_TAHFIZ_Studi_atas_Pesantren_Daarul_Qur’an_Tangerang/links/61d9a285d450060816992e03/MODERNISASI-PESANTREN-TAHFIZ-Studi-atas-Pesantren-Daarul-Quran-Tangerang.pdf

Fikri, L. K. (2015). PERKEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI ) di Sekolah Tahun 1945-1966. Tarbawy, 2(1).

Frimayanti, A. I. (2015). Latar Belakang Sosial Berdirinya Lembaga Pendidikan Islam Terpadu di Indonesia. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6, 27–45.

Hanun, F. (2013). Model Penyelenggaraan Pendidikan Sekolah Islam Terpadu (Studi Kasus di SDIT Al-Biruni Makassar). Dialog, 38(2), 87–98. https://doi.org/10.47655/dialog.v36i1.83

Ismail, F. (2018). Pelaksanaan Kurikulum JSIT (Jaringan Sekolah Islam Terpadu) di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Furqon Palembang. 08(01), 14–33.

Jannah, F. (2013). Pendidikan islam dalam sistem pendidikan nasional. Dinamika Ilmu, 13(2), 161–173.

Kurnaengsih. (2015). Konsep sekolah islam terpadu. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 1(1), 78–84.

Mualimin. (2017). Lembaga Pendidikan Islam Terpadu. 8(I), 99–116.

Rahman, K. (2018). PERKEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Tarbiyatuna, 2(1), 1–14.

Rojii, M., Aulina, C. N., & Fauji, I. (2019). DESAIN KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU ( Studi Kasus di SMPIT Insan Kamil Sidoarjo ). Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 03(02), 49–60. https://doi.org/http://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i2.667

Romlah, S. (2020). Sistem Penyelenggaraan Pendidikan Islam Non Formal di Indonesia. 15(1), 1–14.

Sabic-El-Rayess, A. (2019). Epistemological shifts in knowledge and education in Islam: A new perspective on the emergence of radicalization amongst Muslims. International Journal of Educational Development, 73(December 2019), 102148. https://doi.org/10.1016/j.ijedudev.2019.102148

Sair, Alian., & Irwanto, Dedi. 2014. Metodologi dan Historiografi Sejarah. Yogyakarta: Ejr_Publisher

Samrin. (2015). Pendidikan Agama Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Al-Ta’dib, 8(1), 101–116.

Suyatno. (2013). SEKOLAH ISLAM TERPADU ; Filsafat , Ideologi , dan Tren Baru Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, II(2), 355–378.

Syarifuddin. (2014). Perancangan dan Implementasi E-Learning Menggunakan Aplikasi Camtasia dan Flash Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Mata Kuliah Sejarah Pendidikan. Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, 3(4), 20–27.

Yusra, N. (2016). Implementasi Pendidikan Akhlak di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) al-Badr Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 2(1), 45–70. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2015.vol12(2).1508




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v8i1.13921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam



Potensia: Jurnal Kependidikan Islam

E-ISSN: 2442-5605

Published By:

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia

Mailing Address:

Jl. H.R Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru, Riau, Indonesia

email: potensia.ftk@uin-suska.ac.id

Indexed By:

                     

 

 Creative Commons License

POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.