Publication Ethics and Malpractice Statment

Etika Publikasi

Marwah: Jurnal Perempuan, Agama, dan Jender adalah jurnal peer-review dan diterbitkan oleh Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UIN Suska Riau yang diterbitkan dua kali setahun. Berikut adalah standar perilaku etis yang digunakan dalam jurnal ini dalam publikasi artikel yang sejalan dengan Kode Etik untuk Editor Jurnal COPE. Kode Etik ini diharapkan bisa dipatuhi oleh semua pihak yang terlibat dalam penerbitan penulis, pengelola jurnal (editor), mitra bebestari (reviewer) dan penerbit.

Keputusan Publikasi

Editor menentukan proses publikasi dan mengintegrasikan fungsi penulis, mitra dan manajer jurnal untuk menerbitkan jurnal yang bagus dan terpercaya. Editor bertanggung jawab untuk memutuskan bahwa artikel yang dikirimkan ke jurnal akan dipublikasikan atau tidak. Editor mengacu pada kebijakan dewan redaksi jurnal yang dibatasi undang-undang, seperti penghinaan, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Editor dapat berdiskusi dengan editor dan reviewer lain dalam membuat keputusan ini. Editor mengerjakan prinsip dan standar etika sebagai berikut:

1. Proses yang Adil

Editor mengevaluasi isi naskah berdasarkan keahlian mereka terlepas dari ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan atau filsafat politik penulis.

2. Kerahasiaan

Editor dan setiap staf editorial tidak diizinkan untuk mengungkapkan informasi tentang manuskrip tersebut kepada orang lain selain penulis, mitra atau reviewer terbaik, penasihat editorial, dan penerbit lainnya. Setiap manuskrip yang diterima oleh reviewer atau bistre partner diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali yang ditulis oleh editor

3. Menghindari Konflik Kepentingan

Materi yang tidak dipublikasikan dalam naskah yang diajukan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Informasi rahasia atau gagasan yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau sebaiknya tidak mempertimbangkan skrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan karena elemen kompetitif, kolaboratif, atau lainnya dengan penulis, perusahaan atau institusi apa pun yang terkait dengan teks tersebut.

Pekerjaan Reviewer

Reviewer mengkaji secara kritis materi ilmiah karya ini di bidang keahlian. Peninjau bertanggung jawab untuk memberikan masukan kepada keputusan tim Editorial tentang kelayakan naskah untuk dipublikasikan. Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis untuk memperbaiki kualitas artikel yang mereka kompilasi.

Ketepatan

Setiap pasangan yang terpilih tapi merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau naskah yang diberikan oleh editor atau dari kompetensinya harus segera menolak dan tidak meninjau prosesnya. Jika Anda mengetahui seorang ahli yang lebih tepat, Anda bisa merekomendasikan editor untuk bertanya kepadanya sebagai mitra untuk menjadi bebestari.

Standar Objektivitas
 

Proses review harus dilakukan secara obyektif. Kritik pribadi penulis tidak tepat. Peninjau harus memberikan pandangan mereka dengan jelas dan disertai argumen pendukung. Pernyataan sumber Reviewer harus mengidentifikasi karya lain yang relevan yang belum pernah dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan yang merupakan hasil observasi, derivasi, atau argumen yang telah digunakan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Mitra atau reviewer terbaik juga harus mempertimbangkan kesamaan substansial atau tumpang tindih antara teks yang sedang dipertimbangkan dan makalah yang diterbitkan lainnya.

Pengakuan yang tepat atas karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang mempengaruhi penentuan sifat penelitian mereka.

 
Tugas Penulis
 
Standar Pelaporan
 

Penulis laporan penelitian asli harus menyajikan laporan penelitian dan penelitian yang akurat. Data yang diambil harus ditulis secara akurat dalam laporan penelitian. Naskah harus diperinci dan memiliki rujukan yang cukup untuk memungkinkan orang lain merujuk dengan baik. Melaporkan pemalsuan atau perilaku yang sengaja tidak akurat tidak etis dan tidak dapat diterima.

Orisinalitas dan plagiarism
 

Penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya asli seluruhnya, dan jika penulis telah menggunakan karya dan / atau kata-kata orang lain, maka mereka harus mengutipnya dengan benar sesuai peraturan.
Seorang penulis tidak boleh menerbitkan naskah yang menggambarkan dasar penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal besar atau publikasi. Mengirim naskah yang sama ke beberapa jurnal bersamaan adalah perilaku penerbitan yang tidak etis dan tidak etis.

Menulis Karangan
 

Kepengarangan harus dibatasi pada mereka yang telah berkontribusi secara signifikan terhadap konsep, desain, implementasi, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Siapa pun yang telah memberikan kontribusi signifikan harus terdaftar sebagai penulis. Orang-orang yang telah berpartisipasi dalam aspek substantif tertentu dari proyek penelitian harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor.
Penulis harus memastikan bahwa semua penulis anggota memasukkan manuskrip tersebut, dan semua penulis harus telah meninjau dan menyetujui versi terakhir manuskrip tersebut dan telah setuju untuk dipublikasikan.

Kesalahan mendasar dalam karya yang diterbitkan
 

Ketika seorang penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam teks yang diterbitkan, penulis mengajukan segera memberitahukan editor jurnal atau penerbit dan bekerja dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki manuskrip tersebut.