AGENSI PEREMPUAN DALAM MANAJEMEN PENDIDIKAN MADRASAH: BELAJAR DARI PONDOK PESANTREN NURUL JADID PROBOLINGGO

Moh. Rifa’i, Wardatul Mila Diyah

Abstract


Keadilan dan kesetaraan gender hingga saat ini masih terus diperjuangkan untuk menempatkan perempuan pada posisi yang setara dengan laki-laki. Hasilnya telah banyak ditunjukkan dengan banyaknya perempuan menduduki posisi penting sebagai pengambil kebijakan bersama-sama dengan laki-laki. Demikian juga dalam bidang pendidikan. Tulisan ini menjelaskan tentang bagaimana kontribusi perempuan dengan laki-laki dalam memanajemen pendidikan madrasah. Pelaksanaan penelitian ini bertempat di pondok pesantren Nurul Jadid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif merupakan metode yang memiliki prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari orang atau bahkan dari perilaku orang yang dapat diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi perempuan dalam pelaksanaan program serta pengawasannya pondok pesantren Nurul Jadid memfungsikan kaum perempuan berperan sebagai perpanjangan tangan dari pengasuh dalam mengelola pesantren, pada posisi wakil ketua, sekretaris dan bendahara. Peran laki-laki masih sebagai “raja” sedangkan perempuan sebagai manajer yang bertanggung jawab dalam mengatur santri

Keywords


Perempuan; Manejer; Manajemen

Full Text:

PDF

References


Abdullah Rikza, Fauziyah Masyhari, “Pengembangan Lembaga Pendidikan di Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang.” Dirosat Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 2 (No. 1), 2016

Ardiyani, Dian, “Konsep Pendidikan Perempuan Siti Walidah.” Jurnal Tajdida 15 (1), 2017

Arifin, Muhyiddin Zainul, “Peran Kepemimpinan Nyai di Pondok Pesantren.” Jurnal Sains Dan Teknologi Vol. 7 (No. 2), 2014

Bodgan, Robert dan Taylor, Stevent J., Kualitatif Dasar-Dasar Penelitian. Edited by A. Khozin Afandi, Surabaya: Usaha Nasional, 1993

Fu’ad Arif Noor, “Manajemen Pembinaan Kinerja Guru Raudlatul Athfal ( RA ) dalam Bentuk Balanced Scorecards ( BSC ).” Manajemen Dan Pendidikan Islam 4 (1), 2018

Husna, Ambarwati dan Aida, “Manajemen Pesantren Responsif Gender :” Jurnal Palastren 7 (2), 2014

Maryati Jabar, Djusmaini Djamas, Latisma Dj., “Analisis Kebijakan Pendidikan Berwawasan Gender Di Universitas Negeri Padang.” Jurnal Humanus XI (2), 2012

Mujiburrahman, “Islam, Perempuan Dan Pendidikan.” Jurnal Marwah Vol. XIII (No. 1), 2014

Nurlina, “Model Kepemimpinan Dalam Karakteristik Gender.” Jurnal An-Nisa’ VIII (No. 1), 2015

Rahim, Abdullah, “Peran Kepemimpinan Perempuan Dalam Perspektif Gender.” Jurnal Al-Maiyyah 9 (2), 2016

Reny Yulianti, Dedi Dwi Putra, Pulus Diki Takanjanji, “Women Leadership: Telaah Kapasitas PerempuanSebagai Pemimpin.” Madani Jurnal Politik Dan Sosial Kemasyarakatan 10 (2), 2018

Syafrida, “Evaluasi Materi Pendidikan Islam Perspektif Gender.” Jurnal Marwah Vol. XIV (No. 1), 2015

Syarif, Zainuddin, “Manajemen Kepemimpinan Kiai dan Kontribusinya Terhadap Mutu Pendidikan Pesantren.” Jurnal Pendidikan dan Manajemen 6 (No. 2), 2017

Zuhriyah, Lailatuz, “Perempuan, Pendidikan dan Arsitek Peradaban Bangsa.” Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak Vol. 2 (No. 2), 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/marwah.v18i1.6862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender

Diindeks oleh:
        

Dipublikasikan oleh:

Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender (ISSN Print: 1412-6095 l ISSN Online 2407-1587)

Alamat Redaksi:

Pusat Studi Gender dan Anak LPPM UIN Suska Riau
Gedung Islamic Center Lantai 1
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: jurnal.marwah@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International


View My Stats