Positive Word of Mouth (WoM) Sebagai Komunikasi Pemasaran Universitas Abdurrab Saat Covid-19

Suci Shinta Lestari, Muhammad Arif

Abstract


Banyak perusahaan, institusi, organisasi bahkan personal mengandalkan positive WoM sebagai alat komunikasi pemasaran penting, tidak terkecuali PTS seperti Universitas Abdurrab Pekanbaru. Baginya mendorong peningkatan jumlah mahasiswa baru melalui rekomendasi mahasiswa kepada calon mahasiswa baru atau Word of mouth (WoM) merupakan alat pemasaran positif yang dapat mendatangkan manfaat bagi institusi. Penelitan ini adalah penelitian kepustakaan (literacy research), yaitu serangkaian penelitian yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang objek penelitiannya digali melalui beragam informasi kepustakaan (buku, jurnal ilmiah, dan dokumen) bertujuan untuk memaparkan beberapa metode yang dipakai Universitas Abdurrab untuk menciptakan atau merangsang terjadinya word of mouth sebagai alat komunikasi pemasaran saat pandemic Covid-19. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Terdapat beberapa metode yang dipakai Universitas Abdurrab untuk menciptakan atau merangsang terjadinya word  of mouth sebagai alat komunikasi pemasaran saat pandemic Covid-19 yakni Buzz marketing, Cause marketing, Viral marketing dan Influencer marketing.

 


Keywords


Word of Mouth; positif; Covid-19

References


Hidayati, M. & Supratiningrum. 2008. “Analisis kualitas Jasa Pendidikan yang Membentuk

Citra Layanan pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Semarang”. Media Ekonomi dan

Manajemen. Vol. 5.No. 1 Januari, h. 1 17.

Putri, Yuni Rahma. 2018. “Strategi Pemasaran Dengan Menggunakan Word Of Mouth

Marketing Pada Produk Simpanan (Si Bagus) Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Di

Koperasi Simpan Pinjam Giri Muria Group Kudus”. Skripsi Universitas Islam Negeri

Walisongo : Semarang.

Riorini, Sri Vandayuli dkk. 2018. “Bagaimana Meningkatkan Positive Word Of Mouth

Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta”. Materi Seminar Nasional Pakar ke 1

Setyawan.2015. “Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta”. Jurnal akutansi bisnis dan

manajemen Volume 22 No. 1 April 2015 9-18.

Sopandi, Encep.2011. “Manajerial”. Strategi Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru Untuk Pts

(Tinjauan Atas Kegiatan Promosi PTS Di Jawa Barat Tahun 2010). Jurnal Manajemen dan

Sistem Informasi Vol 10, No 1

Suryani,titik dkk. 2020. “Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Laptop

Lenovo Di Kalangan Mahasiswa Surabaya Di Kota Surabaya”,

https://core.ac.uk/download/pdf/229339031.pdf, diakses pada 24 Agustus 2020 jam 20.30

WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/kjcs.v2i1.10538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

2nd Floor, Building of  Dakwah and Communication Faculty of UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Jl. HR Soebrantas Km 15, Simpangbaru, Tampan, Pekanbaru

Email   : jurnalkomunikasiana@uin-suska.ac.id