Publication Ethics

jurnal Al-Iqtishad adalah jurnal nasional peer-reviewed, tersedia dalam bentuk cetak dan online dan diterbitkan dua kali dalam setahun. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan artikel di jurnal ini, termasuk penulis, editor utama, Dewan Redaksi, peer-reviewer dan penerbit (Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau, Indonesia).

Panduan Etika untuk Publikasi Jurnal

Penerbitan sebuah artikel di peer-review Jurnal Al-Iqtishad adalah blok bangunan penting dalam pengembangan jaringan pengetahuan yang koheren dan dihormati. Ini merupakan cerminan langsung dari kualitas karya penulis dan institusi yang mendukungnya. Artikel peer-review mendukung dan mewujudkan metode ilmiah. Oleh karena itu, penting untuk menyetujui standar perilaku etis yang diharapkan untuk semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan: penulis, editor jurnal, reviewer sejawat, penerbit dan masyarakat. Etika publikasi ini didasarkan pada Pedoman Praktik Terbaik COPE.

Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau, kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang atau pendapatan komersial lainnya tidak berdampak atau mempengaruhi keputusan editorial.

Setiap naskah yang diajukan akan diputar oleh pemeriksa plagiarisme untuk memastikan bahwa artikel yang diajukan oleh penulis pada awalnya dikerjakan atau telah dikutip atau dikutip dengan tepat.

Keputusan Publikasi

Editor Jurnal Al-Iqtishad bertanggung jawab untuk menentukan artikel mana yang disampaikan ke jurnal harus dipublikasikan. Validasi pekerjaan yang dimaksud dan kepentingannya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mendorong keputusan semacam itu. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan editorial jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum seperti yang berlaku pada masa depan karena fitnah, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Para editor dapat berbicara dengan editor dan pengulas lain untuk membuat keputusan ini.

Permainan Adil

Seorang editor setiap saat mengevaluasi manuskrip untuk konten intelektual mereka tanpa memperhatikan ras, jenis kelamin, orientasi seksual, kepercayaan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik para penulis.

Kerahasiaan

Editor dan setiap staf editorial tidak boleh mengungkapkan informasi apapun tentang manuskrip yang dikirimkan kepada orang lain selain penulis, pengulas, pengulas potensial, penasihat editorial, dan penerbit lainnya yang sesuai.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan

Materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang diajukan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Tugas Editor (s)

Seorang Editor harus berusaha menjadi pemimpin dalam bidang praktik tertentu yang mendasari isi jurnal karena membantu pengembangan jurnal, kehadiran dan berdiri di dalam masyarakat internasional.

Seorang editor juga harus membiasakan diri dengan Komite Etika Publikasi (COPE).

Seorang editor mungkin harus membuat semua keputusan mengenai artikel mana yang akan menerima atau menolak publikasi.

Tugas Peninjau

Kontribusi atas Keputusan Editorial

Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui editorial komunikasi dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam memperbaiki kertas.

Kecepatan

Setiap wasit terpilih yang merasa tidak memenuhi syarat untuk meninjau penelitian yang dilaporkan dalam sebuah naskah atau mengetahui bahwa tinjauan singkatnya akan menjadi tidak mungkin harus memberitahu editor dan memaafkan dirinya sendiri dari proses peninjauan.

Kerahasiaan

Setiap manuskrip yang diterima untuk diperiksa harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh ditunjukkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali yang diberi wewenang oleh editor.

Standar Objektivitas

Ulasan harus dilakukan secara obyektif. Kritik pribadi penulis tidak tepat. Wasit harus mengekspresikan pandangan mereka dengan jelas dengan argumen pendukung.

Pengakuan Sumber

Peninjau harus mengidentifikasi karya yang diterbitkan relevan yang belum pernah dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa suatu pengamatan, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Seorang reviewer juga harus meminta perhatian editor atas kesamaan substansial atau tumpang tindih antara manuskrip yang sedang dipertimbangkan dan makalah publikasi lainnya yang memiliki pengetahuan pribadi.

Pengungkapan dan Benturan Kepentingan

Informasi atau ide istimewa yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Peninjau tidak boleh menganggap manuskrip di mana mereka memiliki konflik kepentingan akibat persaingan, kolaboratif, atau re lainnya