Author Guidelines

Jurnal ini menerima artikel di bidang ekonomi, perbankan, keuangan baik konvensional maupun syariah. Artikel dapat berupa hasil penelitian, studi literature baik kualitatif maupun kuantitatif. Semua artikel ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar.

1. Pedoman Penulisan Umum

Semua artikel/manuskrip harus di upload ke Editorial Al-Iqtishad pada Submission Online di alamat portal E-Journal: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/iqtishad/user/register, dimana penulis mendaftar sebagai Penulis/authors secara online. Jika penulis memiliki masalah dalam pengiriman online, silakan hubungi admin jurnal di email berikut: al-iqtishad@uin-suska.ac.id atau email (larbi.elhadi@uin-suska.ac.id / WA 0852 6528 6086)

2. Template Artikel/Manuskrip

Artikel/manuskrip harus sesuai dengan pedoman penulisan di bawah ini atau berdasarkan template artikel.

3. Mengkaji Artikel/Manuskrip

Setiap artikel yang diajukan akan di review oleh dua orang reviewer. Keputusan untuk publikasi, revisi, atau penolakan didasarkan atas laporan / rekomendasi reviewer. Jika reviewer menyatakan artikel tidak sesuai untuk dipublikasikan dalam jurnal ini, akan diberikan keputusan ditolak. Keputusan akan dikirim kepada penulis dalam waktu tiga bulan setelah tanggal penyerahan.

4. Revisi Artikel/Manuskrip

Artikel/ manuskrip yang ada catatan revisi dari reviewer akan dikirim kembali ke penulis dan segera penulis lakukan perbaikan/revisi serta dikirimkan lagi ke editor melalui Online Submission Interface (http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/al-iqtishad/index). Naskah yang telah direvisi yang dikembalikan lebih dari tiga bulan akan dianggap sebagai pengajuan baru.

5. Kantor Editorial Jurnal Al-Iqtishad

Kantor Editorial Jurnal Al-Iqtishad. Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau, Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan,
Pekanbaru - 28293, Email: al-iqtishad@uin-suska.ac.id atau email larbi.elhadi@uin-suska.ac.id / WA 0852 6528 6086

6. Pedoman Upload Arikel Online

Penulis yang sudah mempunyai akun bisa langsung login pada OJS. Jika penulis belum memiliki akun, harus mendaftar sebagai Penulis/author melalui alamat berikut: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/iqtishad/user/register

Penulis harus mengisi form sedetail mungkin terutama yang bertanda bintang (*) pada form harus diisi. Setelah semua form textbox terisi, Penulis mengklik tombol "Register" untuk melanjutkan pendaftaran. Selanjjutnya Penulis masuk ke bagian pengiriman/upload artikel secara online dengan mengklik "New Submission". Di bagian Start a New Submission, klik 'Click Here'. Selanjutnya ada langkah pertama dari lima langkah proses upload, yaitu :

Langkah 1: Memulai Submission: Pilih artikel yang akan diupload, bisa berupa hasil penelitian atau literature review.

Langkah 2: Mengunggah Kiriman: Untuk mengunggah artikel/manuskrip ke jurnal ini, klik Browse pada item file Upload submission dan pilih file artikel/manuskrip, lalu klik tombol Upload.

Langkah 3: Memasukkan Metadata: Pada langkah ini, detail metadata penulis harus dimasukkan. Setelah itu, judul naskah dan abstrak harus diupload dengan cara menyalin teks dan paste di textbox termasuk kata kunci.

Langkah 4: Mengupload File Tambahan: File tambahan harus diunggah termasuk Covering / Submission Letter, dan Signed Copyright Transfer Agreement Form. Dengan cara klik tombol Browse, pilih file, lalu klik tombol Upload.
Langkah 5: Mengkonfirmasi Pengiriman: Penulis harus memeriksa dokumen artikel/manuskrip yang diupload. Setelah dicek dokumen-dokumen itu benar, klik tombol Finish Submission. Kemudian penulis atau kontak utama penulis (correspondent author) akan menerima pemberitahuan melalui email serta dapat melihat kemajuan proses editorial artikelnya pada OJS.

7. Biaya Penulis (Page Charge)

Jurnal Al-Iqtishad adalah jurnal nasional akses terbuka. Sejak pengiriman naskah tahun 2013 Penulis tidak membayar (Gratis) untuk biaya submit artikel dan publikasi artikel.

Pembaca dapat membaca dan mendownload artikel teks lengkap secara gratis.

8. Hak Pengguna

Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis agar semua orang dapat membaca dan mendownload. 

9. Panduan Persiapan Naskah

9.1. Artikel/naskah merupakan hasil penelitian atau studi literatur dalam ilmu ekonomi, keuangan atau perbankan baik konvensional maupun syariah.

9.2. Setelah publikasi naskah tersebut, penulis harus memberikan sebuah surat yang menyatakan bahwa manuskripnya tidak pernah atau sedang dipertimbangkan diterbitkan dalam publikasi jurnal lainnya.

9.3. Struktur manuskrip

Judul. Judul harus informatif, lugas dan mencerminkan isi artikel. Panjang judul maksimal 16 kata. Setiap huruf pada judul adalah huruf kapital. 
Nama penulis dan institusi. Nama penulis harus disertai oleh institusi/afiliasi penulis dan alamat email, tanpa gelar akademis dan / atau jabatan.

Abstrak. Abstrak terdiri dari 150-200 kata, berisi pernyataan yang jelas tentang tujuan penelitian, metode, hasil, dan implikasi penelitian, tanpa referensi yang dikutip. Kata kunci maksimal 5 kata/frase.

Pendahuluan. Pendahuluan ini menjelaskan latar belakang masalah, tujuan dan manfaat penelitian, kesenjangan (gap) penelitian, kebaruan (novelty), dan urgensi penelitian. 
Tinjauan Literatur. Bagian ini menjelaskan tentang teori yang dikutip, penelitian terdahulu, pengembangan hipotesis (jika ada), dan hipotesis (jika ada).
Metode. Bagian ini menjelaskan jenis penelitian, populasi dan sampel (untuk kuantitatif), subjek penelitian (untuk kualitatif), teknik pengumpulan data, variable operasional penelitian dan teknik analisis data.

Hasil dan Pembahasan. Bagian ini menguraikan hasil penelitian dan analisis pembahasan. Data disajikan dalam bentuk Tabel atau Gambar bila memungkinkan. Pembahasan diuraikan dengan jelas dan ringkas. Pembahasan menunjukkan relevansi antara hasil dan hipotesis, serta membandingkan hasilnya dengan penelitian sebelumnya.

Kesimpulan. Bagian ini menjawab tujuan penelitian dan memberikan implikasi dan keterbatasan penelitian serta saran.


Daftar Pustaka. Bagian ini mencantumkan semua rujukan yang digunakan dalam artikel baik berupa buku, artikel jurnal, tesis, disertasi, prosiding dan dokumen lain yang terkait. Untuk rujukan yang berasal dari buku atau textbook, maksimal terbitan 10 tahun terakhir. Penulisan kutipan dan daftar pustaka menggunakan APA Style. Daftar Pustaka ditulis secara alpabetis.

Contoh:

Al Arif, M. N. R. (2010). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah (Dasar Pemasaran Perbankan Syariah). Bandung: Alfabeta

Untuk makalah yang merupakan bagian dari buku, formatnya harus mengikuti contoh berikut:

Bahl, R. (2000). Bagaimana Mendesain Desentralisasi Fiskal. di Sahid, Y. (eds.), Dinamika Lokal di Era Globalisasi, 25-26, London: Oxford University Press.

Untuk jurnal, formatnya harus mengikuti contoh berikut:

Al Arif, M. N. R., N.D. Nachrowi., M.E. Nasution., T.M.Z. Mahmud. (2017). The Islamic Banking Spin-off: Pelajaran dari Pengalaman Perbankan Syariah Indonesia. Jurnal Raja Abdul Aziz: Ekonomi Islam. 30 (2): 117-133

9.20 Kutipan dan Daftar Pustaka dibuat menggunakan reference manager (Mendeley, Zotero, End Note, dll.)

9.4 Format tabel hanya berisi judul dan isi. Cukup menyediakan garis atas dan bawah, beserta garis yang memisahkan judul dan isinya. Nama tabel dan gambar harus mengikuti sistem penomoran (Arab penomoran). Nama tabel dan gambar ada di bagian atas tabel dan gambar. Tabel dan gambar harus menyediakan sumber informasi, jika ada, di bagian bawah keduanya.

9.5 Naskah disiapkan dalam format A-4, double-sided, dan 1.5 space. Paragraf baru harus dimulai 5 karakter dari margin kiri, dengan menggunakan tipe font Times New Roman ukuran 12 pt.

9.6 Sub judul ditulis dengan huruf kapital hanya di awal setiap kata, ditebalkan, dan tanpa numerik.

9.7 Penulis disarankan untuk menggunakan aplikasi manajemen referensi untuk rujukan dan manajemen rujukan (seperti: Zotero, Mendeley, EndNote, dll.).

9.8 Panjang artikel 5.000-8.000 kata.