PENGARUH CUSTOMER ACCOUNTING DAN CUSTOMER ORIENTATION TERHADAP KINERJA ORGANISASI

Putri Inti Amelia Lubis, Zul Azmi, Linda Hetri Suriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh customer accounting sebagai strategic management accounting techniques dan customer orientation terhadap kinerja organisasi. Populasi dalam penelitian ini adalah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di bidang kuliner yang ada di Pekanbaru. Sampel dipilih menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh 85 usaha yang menjadi sampel. Metode analisis digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa customer accounting sebagai strategic management accounting techniques berpengaruh terhadap kinerja organisasi dan customer orientation berpengaruh terhadap kinerja organisasi. Secara Uji F, menunjukkan bahwa variabel customer accounting dan customer orientation bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja organisasi.

Keywords


Kinerja Organisasi, Customer Accounting, Strategic Management Accounting Techniques, Customer Orientation.

References


Al-Mawali, H., dan Lam, T. D. 2016. Customer Accounting and Environmental Uncertainty: Sequential Explanatory Study. International Review Of Management And Marketing. 6(3), 532-543.

Andiyanto, F., dan Sufian, S. 2017. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Bisnis. Universitas Diponegoro.

Atmana, H. 2014. Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Koordinasi Interfungsional Terhadap Kinerja Organisasi dengan Kapabilitas Inovasi sebagai Mediator. Jurnal Bisnis Strategi. 23(1), 59-81.

Azmi, Z. (2018). Time driven activity based costing dan implementasinya pada jasa perawatan kesehatan, Jurnal akuntansi dan ekonomika, Vol.8 (1), 75-84.

Cadez, S., dan Guilding, C. 2008. An Exploratory Investigation Of An Integrated Contingency Model Of Strategic Management Accounting. Accounting, Organization And Society. 33(7-8), 836-863.

Daud, A. 2016. Pengaruh Inovasi Layanan dan Keunggulan Posisional pada Kinerja Pemasaran. Jurnal Siasat Bisnis. 20(1), 66-78.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Holm, M., Kumar, V., Plenborg, T. 2016. An Investigation Of Customer Accounting Systems As A Source Of Sustainable Competitive Advantage. International Accounting Journal. 18-30.

Kaplan, R. S., dan Norton, D. P. 2000. Balanced Scorecard Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga.

Kaplan, R. S., dan Norton, D. P. 1992. The Balanced Scorecard Measures That Drive Performance. Harvard Business Review. 70(1), 71-79.

Kohli, A. K., dan Jaworski, B. J. 1993. Market Orientation: The Construct, Research Propositions, and Manajerial Implications. The Journal Of Marketing. 54(2), 1-18.

Megawati, R. 2017. Analisis Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Usaha Melalui Kemampuan Manajemen Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada UKM Sektor Kuliner di Medan Perjuangan). Jurnal Ilmiah Kohesi. 1-13.

McManus, L., dan Guilding, C. 2008. Exploring The Potential Of Customer Accounting: A Synthesis Of The Accounting And Marketing Literatur. Journal of Marketing Management. 24(7-8), 771-795.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.

Narver, J. C., dan Slater, S. F. 1990. The Effect Of A Market Orientation On Business Profitability. Journal Of Marketing. 54(4), 20.

Nazaruddin, I. 2015. Pengukuran Kinerja Non Financial Suatu Cara Meningkatkan “Value” Perusahaan. Akuntansi Dan Investasi. 1(1), 32-40.

Pawestri, N. 2018. “Kualitas Produk Jadi Kendala Pelaku UMKM Untuk Berkembang”. Tersedia: http://jogja.tribunnews.com/2018/12/20/kualitas-produk-jadi-kendala-pelaku-umkm-untuk-berkembang. Diakses pada 04 Februari 2019.

Ricky, L. R. 2015. Keuntungan Kompetitif Organisasi Dalam Perspektif Resources Based View (RBV). Jurnal ASE. 11, 1-2.

Ranto, P, W, D. 2016. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja UMKM Bidang Kuliner di Yogyakarta. Jurnal Bisnis Manajemen Akuntansi Vol. 3 No. 2 Tahun 2016 Hal 1-11.

Rosiana, A. 2017. Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Usaha Pada Usaha Mikro Kecil (UKM) Tempe Di Kota Bogor. Institusi Pertanian Bogor.

Rudianto. 2013. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Siregar, B. G. 2016. Penerapan Model Integrasi dalam Resources Based View Sebagai Strategi Bersaing Perusahaan dalam Pandangan Islam. Jurnal Akuntansi dan Bisnis. 2(1), 1-17.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sumiati. 2015. Pengaruh Strategi Orientasi Wirausaha dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja Perusahaan UMKM Di Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen. 31-34.

Surenggono dan Djamilah, S. 2016. Penerapan Akuntansi Manajemen Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terhadap Kinerja UKM. Universitas Jember.

Susanto, A. 2018. Pengaruh Ulasan Online di TripAdvisor terhadap Minat Menginap Generasi Milenial di Surabaya. Universitas Kristen Petra.

Valentine, L. dan Devie. 2015. Pengaruh Customer Accounting Sebagai Strategic Management Accounting Techniques dan Customer Orientation Terhadap Kinerja Organisasi. Business Accounting Review. 3(1), 338-349.

Wardhana, Aditya. 2017. Strategi Digital Marketing & Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM. Universitas Telkom. 1-11

www.ukmriau.com. Data UKM Kuliner di Riau. Diakses pada 07 Februari 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v15i2.8310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.