KAJIAN PERBEDAAN MINAT MEMBUAT PERENCANAAN KEUANGAN KELUARGA MENURUTTINGKAT PENDIDIKAN DAN PEKERJAAN IBU RUMAH TANGGA DI KOTA PEKANBARU

Lusiawati Lusiawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat ibu rumah tangga dalam membuat perencanaan keuangan keluarga di Pekanbaru ditinjau dari tingkat pendidikan dan pekerjaannya. Ibu rumah tangga sebagai orang yang sangat berperan dalam menyusun perencanaan keuangan keluarga sangat tepat sebagai sasaran untuk mensosialisasikan pentingnya memiliki perencanaan keuangan keluarga yang baik. Hasil penelitian ini diketahui bahwa berdasarkan tingkat pendidikan responden, ibu rumah tangga yang berpendidikan SMU ke bawah cendrung lebih berminat untuk membuat perencanaan keuangan keluarga daripada ibu rumah tangga yang berpendidikan S1 atau sarjana. Berdasarkan pekerjaan responden, Ibu rumah tangga yang bekerja cendrung lebih berminat untuk membuat perencanaan keuangan keluarga dari pada ibu rumah  tangga yang tidak bekerja. Berdasarkan analisis Chi Square diperoleh hasil bahwa tidak terdapat  perbedaan minat untuk  membuat perencanaan  keuangan keluarga antara  ibu rumah tangga  yang berpendidikan sarjana ke atas dengan ibu rumah tangga yang berpendidikan SMU kebawah. Sementara berdasarkan pekerjaan responden terdapat perbedaan minat untuk  membuat perencanaan  keuangan keluarga antara  ibu rumah tangga  yang bekerja dengan ibu rumah tangga yang tidak bekerja.

Keywords


Perencanaan keuangan keluarga, tingkat pendidikan ibu rumah tangga

Full Text:

PDF

References


Adler H Manurung.2009. Successful Financial Planner A Complete Guide, rasindo, Jakarta.

Annamaria Lusardi, (2008). Household Saving Behavior: The Role of Financial Literacy, Information, and Financial Education Programs (Dartmouth College and NBER).

Brandon, D. P. & Smith, C. M. 2009. Prospective Teachers’ Financial Knowledge and Teaching Self-Efficacy. Journal of Family & Consumer Sciences Education, 27(1).

Byrne, A. 2007.Employee saving and investment decisions in defined contribution pension plans: survey evidence from the U.K. Financial Services Review 16, 19-40

Chen, H. & Volpe, R. P. 2002.Gender differences in personal financial literacy among college students.Financial services review11 289-307

Cude, B. J, Lawrence, F. C, Lyons, A. C, Metzger, K, LeJeune, E, Marks, L. & Machtmes, K. 2006. College Students and Financial Literacy:What They Know and What We Need to Learn. Eastern Family Economics and Resource Management Association-Conference

Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 4, PT, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Danes, S. M. & Haberman, H. R. 2007.Teen Financial Knowledge, Self-Efficacy, and Behavior: A Gendered View. Financial Counseling and Planning Volume 18, Issue 2

Diana Coben, Margareth Dawes, and Nirmala Lee. 2005. Financial Literacy Education& Skill of life , Institute of University of London.

Ghozali, I 2007, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS, Edisi Keempat, Semarang, Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Lawrence Gitman, 2002.Principle of Finance, (11th ed). Prentice Hall, New Jersey

Senduk, Safir. 2009. Seri Perencanaan Keuangan, Mengelola Keuangan Keluarga. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Sonia Marcolin & Anne Abraham. 2006. Financial Literacy Reseach : CurrentLiterature and Future Opportunities, 3rd International Conference of ContemporaryBusiness.

Yohnshon.2004. Peran Universitas di Surabaya dalam Meningkatkan Jumlah Keluarga Mapan di Surabaya. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 6, No. 1, Maret 2004: 54 – 71 Ifakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra.

William Tanuwidjaja. 2002. 8 Intisari Kecerdasan Finansial Edisi Revisi, Media Pressindo Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

Published by:

Jurnal AL-IQTISHAD (ISSN Print: 0216-2547)

Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial
Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: nurlasera@uin-suska.ac.id

Creative Commons License
Jurnal AL-IQTISHAD is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License