PENGARUH RETURN ON INVESTMENT (ROI), ECONOMIC VALUE ADDED (EVA) DAN CURRENT RASIO (CR) TERHADAPRETURNSAHAM

Ikmal Hamdani, Nurlasera Nurlasera

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel Return On Investment, Economic Value Added dan Current Ratio terhadap return saham. Data yang digunakan adalah data sekunderyaitu. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan perkebunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2014. metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive samplingdenganmengambil 8 perusahaan yang menjadi sampel. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi data panel dengan bantuan program Eviews 6.0. Hasil pengujian secara parsial menunjukkan bahwa Return On InvestmentReturn On Investment dan Economic Value Added berpengaruh positif signifikan terhadap return saham. Sedangkan Current Ratio tidak berpengaruh secara signifikan terhadap return saham. Hasil uji simultan menunjukkan bahwa secara bersama-sama Return On InvestmentReturn On Investment, Economic Value Added dan Current Ratio berpengaruh secara signifikan terhadap return saham. Nilai Adjusted R square adalah 56,15%, hal ini berarti 56,15% variabel dependen dapat dijelaskan oleh variabel independen, sedangkan sisanya 43,85% dijelasakan oleh sebab-sebab lain diluar model.

Keywords


Return On Investment (ROI), Economic Value Added (EVA), Current Rasio (CR), Return Saham

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim. 2005. Analisis Investasi. Edisi Dua Salemba Empat: Jakarta.

Agnes, Sawir. 2005. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Ajija, Shochrul Rohmatul, dkk. 2011. Cara Cerdas Menguasai Eviews, Salemba Empat. Jakarta.

Alwi Z Iskandar. 2008. Pasar Modal Teori dan Aplikasi, Penerbit Yayasan Pancur Siwah. Jakarta.

Fahmi, Irham dan Hadi, Yovi Lavianti. 2011. Teori Portofolio dan Analisis investasi. Alfabeta: Bandung.

Fahmi, Irham. 2013. Rahasia Saham dan Obligasi. Alfabeta: Bandung.

Gujarati, Damodar. 2006. Dasar-dasar Ekonometrika, edisi ketiga Erlangga: Jakarta.

Hermi dan Kurniawan, Ary. 2011. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur. Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntansi dan Keuangan Publik, volume 6, no.2:83-95.

Kasmir. 2012. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Edisi Revisi. PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta.

Lilis Puspitawati dan Deddy Supardi. 2008. Pengaruh Return On Investment dan Ecconomic Value Added pada Return Saham Perusahaan Manufaktur. Jurnal Trikonomika, volume 7, no.2:106-113.

Nachrowi, D. dan Hardius Usman. 2006. Pendekatan Populer dan Praktis EKONOMETRIK Untuk Analisis Ekonomi dan Keuangan. FEUI: Jakarta.

Purwanta, Wiji dan Fakhruddin, Hendy. 2006. Mengenal Pasar Modal. Salemba Empat. Jakarta.

Shiddiq, Nieki. 2008. Pengaruh Economic Value Added, Rasio Profitability dan Earning Per Share terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur di BEI. Skripsi Universitas Diponegoro: Semarang.

Sofyan Yamin, Lien A. Rachmach, Heri Kurniawan, 2011 Regresi dan Korelasi dalam genggaman anda Aplikasi dengan software SPSS, Eviews, MINITAB, dan STATGRAPHICS. Salemba Empat: Jakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.

Suliyanto. 2011. Ekonomitrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. ANDI: Jogyakarta.

Sunardi, Harjono. 2010. PengaruhPenilaian Kinerja dengan ROI dan EVA Terhadap Return Saham pada Perusahaan yang Tergabung dalam Indeks LQ 45 di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi, vol.2, No.1:70-92.

Sutrisno, 2008. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi. Ekonisia: Yogjakara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v12i2.4446

Refbacks

  • There are currently no refbacks.