PEMBERDAYAAN EKONOMI KREATIF MELALUI DAUR ULANG SAMPAH PLASTIK (STUDI KASUS BANK SAMPAH BERLIAN KELURAHAN TANGKERANG LABUAI)

Roza Linda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pola kerjasama dalam bank sampah, dan bagaimana proses pemberdayaan ekonomi kreatif masyarakat melalui daur ulang sampah plastik di Bank Sampah Berlian Kelurahan Tangkerang Labuai. Selain itu tujuan dari penelitian ini juga untuk melihat apa saja dampak sosial dan dampak ekonomi terhadap masyarakat atas keberadaan Bank Sampah Berlian. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa proses pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan daur ulang sampah plastik di Bank Sampah Berlian berjalan cukup baik. Kegiatan daur ulang sampah plastik di Bank Sampah Berlian telah memberikan manfaat yang sangat banyak bagi masyarakat dan anggotanya antara lain manfaat yang dirasakan oleh masyarakat selain manfaat sosial juga manfaat ekonomi. Kegiatan ini juga memberikan ilmu dan pengetahuan bagi masyarakat tentang bagaimana mengolah sampah dengan baik.

Keywords


Pemberdayaan, Ekonomi Kreatif, Daur Ulang Sampah Plastik

Full Text:

PDF

References


Adi, Isbandi Rukminto, 2002, Pemikiran-Pemikiran Dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial, Jakarta, Lembaga Penerbit FE-UI

______, 2008, Intervensi Komunitas & Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat, Jakarta, Rajawali

Amantya Koesrimardiyati, (2011), Keberlanjutan Pengelolaam Sampah Berbasis Masyarakat (Studi Kasus Peran Perempuan dalam Kegiatan Pengelolaan Sampah di RW 013 Cipinang Melayu Jakarta Timur, Thesis, Tidak Dipublikasikan, Jurusan Ilmu Lingkungan Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia, Jakarta.

Aziz, Moh Ali dkk, 2005, Dakwah Pemberdayaan Masyarakat: Paradigma Aksi Metodologi, Yogyajarta, Pustaka Pesantren

Badriyah, Nurul, 2014, Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan Daur Ulang Sampah Plastik (Studi Kasus Pada Komunitas Bank Sampah Poklili Perumahan Griya Lembah Depok Kecamatan Sukmajaya Kota Depok), Skripsi, Tidak Dipublikasikan, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, UIN Hidayatullah, Jakarta.

Basriyanta, 2007. Manajemen Sampah, Yogyakarta, Kanisius

Budiawan, Armiga dan Sri Maryati, 2013, Kondisi Keberlanjutan Program Bank Sampah di Kota Tangerang, dalam Jurnal Perencanaan Wilayah dan Kota B SAPPK V4N3.

Departemen .Perdagangan, 2008, Pengembangan Ekonomi Kreatif 2025,

Elbadriati Baiq dan Zulfawati, 2015, Pemberdayaan Ekonomi Ibu – Ibu Rumah Tangga Di Desa Jembatan Kembar Timur Melalui Daur Ulang Sampah Non Organik, Jurnal QAWWAN Vol 8 No. 2.

Habibah, Siti, “Pemberdayaan Ekonomi Perempuan Melalui Wirausaha Daur Ulang Sampah Kering di Kelurahan Pasar Minggu”, Skripsi pada UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta, 2009, tidak dipublikasikan.

Hadi, Achmad Serudji, 2001, “Daur Ulang Barang Bekas sebagai Penopang Sumber Kehidupan”, Laporan Penelitian pada Universitas Indonesia Program Pascasarjana Bidang Ilmu Hukum, Jakarta

Hurairah, Abu 2011, Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat Model dan Strategi Pembangunan yang Berbasis Kerakyatan, Bandung: Humaniora

Meleong, L.J., 2010, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, PT Remaja Rosdakarya

Mohamad, Fatmawati dkk, 2012, Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Di Dukuh Mrican Sleman Yogyakarta, Jurnal Health & Sport, Volume 5.

Muntazah Shofiyatul dam Theresia Indrawati, 2015, Pengelolaan Bank Sampah Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Bank Sampah Bintang Mangrove Kelurahan Gunung Anyar Tambak Kecamatan Gunung Anyar Surabaya, E-Journal UNESA Vol 4 No 1.

Permadi, A. Guruh, 2011, Menyulap Sampah Jadi Rupiah, Surabaya, Mumtaz Media

Silalahi, Ulber, 2009, Metode Penelitian Sosial, Bandung, Refika Aditama

Slamet JS, 2009, Kesehatan Lingkungan, Yogyakarta, Gajah Mada University Press

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND, Bandung, Alfabeta

Suharto, Edi 2010, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat, Bandung ,Refika Aditama

Suharya dan Purwanto, 2011, Statistik Untuk Ekonomi dan Keuangan Moderen, Salemba Empat

Sulistiyani, Ambar Teguh, 2004, Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media

Suryabrata, Sumadi, 2012, Metodologi Penelitian, Jakarta, PT. RajaGrafindo Persada

Tri, Darwanto Dani Danuar, 2015, Pengembangan UsahaMikroKecildan Menengah (UMKM)Berbasis Ekonomi KreatifDi KotaSemarang, dalam Jurnal Ekonomi Kota, Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik dan Perencanaan, Institut Teknologi Sepuluh Maret

Zulkifli, Arif, 2014, Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan, Jakarta, Salemba Teknika.

WEBSITE

http://kbbi.web.id/sampah diakses pada 23 Maret 2015

http://id.wikipedia.org/wiki/Bank_sampah diakses tanggal 1 April 2015

JurnalKajian LemhannasRI. 2012.PengembanganEkonomiKreatifguna MenciptakanLapangan Kerja dan MengentaskanKemiskinandalamRangka Ketahanan Nasional. http://www.lemhannas.go.id/portal/images/stories/humas/jurnal/Edisi_14_-_Desember_2012_-_1_-_ekonomi.pdf (diaksespada 1April2015)

http://voicevanjava.blog.com/2009/07/28/apa-itu-industri-kreatif/ diakses pada 3 April 2015

http://www.kemenperin.go.id/artikel/5749/Industri-Kreatif-Bakal diakses pada 3 April 2015

Faisal Afiff, Pilar-pilar Ekonomi Kreatif, dalamhttp://www.fe.unpad.ac.id/id/arsip-fakultas-ekonomi-unpad/opini/2198-pilar-pilar-ekonomi-kreatifdiakses tanggal 15 April 2015




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v12i1.4442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.